FU-mania….

MEMILIH OLI YANG BAIK

Posted by otim on March 15, 2008

aneka-oli1.jpgIni artikel ditulis oleh Agus Rasidi tentang bagaimana kita memilih oli yang sesuai dengan keadaan motor. meskipun artikel ini sudah lama ditulis tetapi masih sangat bermanfaat bagi para bikers semua.

agus rasidi
Wed, 30 Nov 2005 16:41:38 -0800

Pelumas adalah bahan penting bagi kendaraan bermotor. Memilih dan menggunakan pelumas yang baik dan benar untuk kendaraan bermotor anda, merupakan langkah tepat untuk merawat mesin dan peralatan kendaraan agar tidak cepat rusak dan mencegah pemborosan. Umum beranggapan bahwa fungsi utama oli hanyalah sebagai pelumas mesin. Padahal oli memiliki fungsi lain yang tak kalah penting, yakni antara lain sebagai; Pendingin, Pelindung dari Karat, Pembersih dan Penutup Celah pada Dinding Mesin. Semua Fungsi tersebut adalah sangat erat berkaitan; sebagai Pelumas, Oli akan membuat gesekan antar komponen di dalam mesin bergerak lebih halus, sehingga memudahkan mesin untuk mencapai suhu kerja yang ideal. Selain itu Oli juga bertindak sebagai fluida yang memindahkan panas ruang bakar yang mencapai 1000-1600 derajat Celcius ke bagian lain mesin yang lebih dingin. Dengan tingkat kekentalan yang disesuaikan dengan kapasitas volume maupun kebutuhan mesin. Maka semakin kental oli, tingkat kebocoran akan semakin kecil, namun disisi lain mengakibatkan bertambahnya beban kerja bagi pompa oli.

Oleh sebab itu, peruntukkan bagi mesin kendaraan Baru (dan/atau relatif Baru berumur dibawah 3 tahun) direkomendasikan untuk menggunakan oli dengan tingkat kekentalan minimum SAE10W. Sebab seluruh komponen mesin baru (dengan teknologi terakhir) memiliki lubang atau celah dinding yang sangat kecil, sehingga akan sulit dimasuki oleh oli yang memiliki kekentalan tinggi. Selain itu kandungan aditif dalam oli, akan membuat lapisan film pada dinding silinder guna melindungi mesin pada saat start. Sekaligus mencegah timbulnya karat, sekalipun kendaraan tidak dipergunakan dalam waktu yang lama. Disamping itu pula kandungan aditif deterjen dalam pelumas berfungsi sebagai pelarut kotoran hasil sisa pembakaran agar terbuang saat pergantian oli.

SPESIFIKASI OLI

Semakin banyaknya pilihan oli saat ini, tidak semestinya membuat bingung.Ada beberapa hal yang mungkin bisa dijadikan Acuan; antara lain, kenali karakter kendaraan anda (spesifikasi mesin serta lingkungan dimana mayoritas anda berkendara (suhu, kelembaban udara, debu, dsbnya.). Tingkat kekentalan oli yang juga disebut “VISKOSITY-GRADE” adalah ukuran kekentalan dan kemampuan pelumas untuk mengalir pada temperatur tertentu menjadi prioritas terpenting dalam memilih Oli. Kode pengenal Oli adalah berupa huruf SAE yang merupakan singkatan dari Society of Automotive Engineers. Selanjutnya angka yang mengikuti dibelakangnya, menunjukkan tingkat kekentalan oli tersebut. SAE 40 atau SAE 15W-50, semakin besar angka yang mengikuti Kode oli menandakan semakin kentalnya oli tersebut. Sedangkan huruf W yang terdapat dibelakang angka awal, merupakan singkatan dari Winter. SAE 15W-50, berarti oli tersebut memiliki tingkat kekentalan SAE 10 untuk kondisi suhu dingin dan SAE 50 pada kondisi suhu panas. Dengan kondisi seperti ini, oli akan memberikan perlindungan optimal saat mesin start pada kondisi ekstrim sekalipun. Sementara itu dalam kondisi panas normal, idealnya oli akan bekerja pada kisaran angka kekentalan 40-50 menurut standar SAE.

Mutu dari oli sendiri ditunjukkan oleh kode API (American Petroleum Institute) dengan diikuti oleh tingkatan huruf dibelakangnya. API: SL, kode S (Spark) menandakan pelumas mesin untuk bensin. Kode huruf kedua mununjukkan nilai mutu oli, semakin mendekati huruf Z mutu oli semakin baik dalam melapisi komponen dengan lapisan film dan semakin sesuai dengan kebutuhan mesin modern. § SF/SG/SH – untuk jenis mesin kendaraan produksi (1980-1996) § SJ – untuk jenis mesin kendaraan produksi (1996 – 2001) § SL – untuk jenis mesin kendaraan produksi (2001 – 2004). Perhatikan peruntukan pelumas, apakah digunaan untuk pelumas mesin bensin, atau diesel (2 tak atau 4 tak), peralatan industri, dan sebagainya. Untuk memilih kualitas pelumas yang cocok, kita dapat mengacu pada API Service (American Petroleum Institute), JASO (Japan Automotive Standard Association), ACEA (Association Des Constructeurs Europeens d’ Automobiles), DIN (Deutsche Industrie Norm), dan lain-lain yaitu acuan untuk kerja (performance) pelumas berdasarkan standar yang dikeluarkan oleh lembaga independen industri pelumas international.

Semua oli baik mineral maupun synthetic sama-sama ada standar APInya. Oli mineral biasanya dibuat dari hasil penyulingan sedangkan oli synthetic dari hasil campuran kimia. Bahan oli synthectic biasanya PAO (PolyAlphaOlefin). Jadi oli Mineral API SL kualitasnya tidak sama dengan oli Synthetic API SL. Oli synthetic biasanya disarankan untuk mesin2 berteknologi terbaru (turbo, supercharger, dohc, dsbnya) juga yang membutuhkan pelumasan yang lebih baik (racing) dimana celah antar part/logam lebih kecil/sempit/presisi dimana hanya oli synthetic yang bisa melapisi dan mengalir sempurna. Oli synthetic tidak disarankan untuk mesin yang berteknologi lama dimana celah antar part biasanya sangat besar/renggang sehingga bila menggunakan oli synthetic biasanya menjadi lebih boros karena oli ikut masuk keruang pembakaran dan ikut terbakar sehingga oli cepat habis dan knalpot agak ngebul.


Berikut beberapa keunggulan oli synthetic dibandingkan oli mineral :

§ Lebih stabil pada temperatur tinggi

§ Mengontrol/Mencegah terjadinya endapan karbon pada mesin

§ Sirkulasi lebih lancar pada waktu start pagi hari/cuaca dingin

§ Melumasi dan melapisi metal lebih baik dan mencegah terjadi gesekan antar

logam yang berakibat kerusakan mesin

§ Tahan terhadapan perubahan/oksidasi sehingga lebih tahan lama sehingga

lebih ekonomis dan efisien

§ Mengurangi terjadinya gesekan, meningkatkan tenaga dan mesin lebih dingin

§ Mengandung detergen yang lebih baik untuk membersihkan mesin dari kerak

Jadi untuk mesin yang diproduksi tahun 2001 keatas disarankan sudah menggunakan oli yang bertipe synthetic baik semi synthetic (campuran dengan mineral oil) atau fully-synthetic.

Note: Kalau untuk pemakaian sehari-hari cukup yang semi synthetic.
Oli untuk motor sampai saat ini belum dapat informasinya yang sudah API SL. Oli motor synthetic hampir semuanya baru SJ, kalo mineral mungkin baru SG/SH.

Mineral Oil :

§ Sprinta 2000 : SAE 20W-50, API SG

§ Evalube 4T : SAE 20W-50, API SF

§ Mesran Super : SAE 20W-50, API SG

§ Enduro 4T : SAE 20W-50, API SG

§ Penzoil Motorcycle 4T : SAE 20W-50, API SF

Oli yang bagus (biasanya synthetic) mampu memberikan lapisan film tipis yang pada komponen metal yang bergerak yang mana berguna untuk mengurangi gesekan komponen metal sehingga suara mesin jadi lebih halus dan tarikan lebih mantap. Pada intinya milih oli hampir sama dengan milih bini (cocok2an) tapi ada garis besarnya yang bisa di-ikuti :

§ Disarankan jangan menggunakan oli untuk mobil ke motor anda sebab ada bahan di-oli mobil yang harus dikurangi bahkan dihilangkan tetapi di motor harus agak banyak untuk meredam gesekan karena putaran mesin motor lebih tinggi dan lebih berat kerjanya.

§ Motor tahun 2001 keatas disarankan menggunakan Oli API SG keatas misal API SH/SJ atau SL. SAE bisa 20w50 atau 10w40. Usahakan yang Semi Sintetik karena lebih licin sehingga bisa masuk kecelah2 metal mesin yang sempit dan tahan oksidasi sehingga kualitas oli tidak gampang rusak dan mesin jadi lebih bersih dan tentunya tarikan jadi lebih mantap. Disarankan juga untuk menggunakan Pelumas yang memiliki dan mencantumkan Nomor Pelumas Terdaftar Untuk melindungi kepentingan masyarakat atas mutu pelumas yang beredar di dalam negeri pelumas sesuai dengan Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 1693.K/34/MEM/2001 tanggal 22 Juni 2002. Pelumas yang memiliki NPT adalah pelumas yang telah memenuhi persyaratan administratif dan teknis serta lulus uji laboraturium terakreditasi yang ditunjuk oleh Direktorat Jenderal MIGAS. NPT dapat diidentifikasikan dengan 12 digit huruf dan angka Contoh : DEPTAMBEN RI NPT : AB25E4110199 atau DESDM RI NPT : AC66E1054104.

MITOS

Minimnya pengetahuan tentang perkembangan teknologi pelumas, menyebabkan timbulnya banyak mitos di masyarakat. Sebagai contoh, saat mengganti oli mesin … oli bekas berwarna hitam … sering dianggap oli berkualitas buruk. Padahal justru sebaliknya, perubahan warna oli menandakan bahwa oli telah bekerja dengan baik sebagai pelarut kotoran. Selanjutnya kotoran akan terbawa keluar pada saat pergantian oli dilakukan, karenanya dinding mesin akan terbebas dari kerak.

Dilain pihak, apabila perubahan warna tersebut terjadi dalam kurun waktu yang sangat dekat (terhitung sejak saat pergantian pertama), itu menandakan kemungkinan adanya kerusakan komponen didalam mesin sehingga oli cepat teroksidasi.

Kita jangan bingung2, pake aja oli yang bagus (mungkin harus 2-4 kali coba baru dapet, kayak pacaran aja kalau cocok jadi bini). Kalau dilihat dibuku petunjuk motor hampir tidak disebutkan merk oli dan yang disebutkan hanya API SG 20w50 atau yang lebih baik. Jadi kalau anda pakai oli yang lebih baik kenapa takut garansi batal?

Coba tanya ke staff AHASS hal ini, apa jawaban mereka? Untuk mencoba oli baru bisa ikuti prosedur berikut :

§ Sebelum ganti oli, coba bersihkan saluran bahan bakar dan kerak yang mungkin ada di mesin. Tidak usah bingung, bisa pakai carburator cleaner yang dituang ke tangki misal merk STP. Lakukan tiga hari sebelum ganti oli dan motor dipakai seperti biasa dan kalau bisa kecepatan agak tinggi, ini untuk membersihkan saluran bahan bakar dan endapan karbon.

§ Ganti oli dengan oli baru yang sesuai (jangan lupa ada JASO MA) termasuk filter olinya. Lakukan penggantian oli pada kondisi mesin panas agar oli lama keluar semua.

§ Coba deh pakai selama seminggu ada perubahan yang enak gak? kalau nggak berarti olinya tidak cocok. Perubahannya : – Suara mesin jadi lebih halus, tarikan lebih ringan, tenaga lebih mantap.

Oli merk apapun kalau sudah mendapat sertifikasi API (SG/SH/SJ/SL) dan JASO MA berarti oli itu sudah memenuhi standar baku yang cukup bagus dan memenuhi semua unsur yang diperlukan oleh mesin. Masalahnya banyak oli di Indonesia tidak ada ada sertifikasi tersebut. Coba lihat kemasan oli anda, kalau tidak ada sertifikasi tersebut apakah anda rela mesin anda menderita sengsara dan akhirnya turun mesin bahkan ganti mesin?

Berikut contoh Jenis-jenis Oli yang umum dipakai dan peredarannya mudah didapat di bengkel-bengkel resmi penyalur oli:

Oli Repsol:

§ Repsol Moto Racing 4T 10W50 Semi Synthetic Oil

Sertifikasi: API SJ; JASO MA

§ Repsol Moto 4T 15W50 Mineral Oil

§ Repsol Moto Sintético 4T 10W40 Semi Synthetic Oil

Sertifikasi: API SG; JASO MA; Honda Specs.

Oli Shell 4T:

§ Shell Advance S4 SAE 10W-40, 15W-40, 20W-40, 20W-50, SAE 40 Mineral oil

Sertifikasi:

API SF; belum JASO MA menurut Shell Singapore

(<http://www.shell.com/home/Framework…4_10171158.html>)

API SL; JASO MA menurut Shell USA

(<http://www.shell.com/home/Framework…4t_ga_2101.html>)

§ Shell Advance SX4 SAE 10W-40, 15W-40, 15W-50 20W-50 Mineral oil

§ Shell Advance VSX4 SAE 10W-40, 15W-50, 20W-40 Semi Synthetic oil

Sertifikasi: API SL – JASO MA

§ Shell Advance Ultra 4 SAE 10W-40, 15W-50 Synthetic oil

Sertifikasi:

API SG menurut Shell Singapore

API SL – JASO MA menurut Shell USA

Rasanya untuk produk oli import musti cek kemasannya sebab walaupun kemasannya sama tapi sertifikasi beda. Jadi yang disana beli 35.000 kok disini murah cuman 25.000 ternyata beda sertifikasi. Waspadalah…!

Oli Top1 :

§ SMO-MC SAE 20W-50 Semi Synthetic

Sertifikasi: API..??

§ EVOLUTION SAE 15W-50 Synthetic

Sertifikasi: API SL


Oli Esso ada 4 tipe :

§ Esso 4T 20W-40, 20W-50 (recommended for engine <50cc) Mineral Oil

Sertifikasi: API SF – JASO MA

§ Esso 4T Power 10W-40, 15W-40, 15W-50, 20W-50 Mineral Oil

Setifikasi: API SG – JASO MA

§ Esso 4T Pace 10W-40 Semi Synthetic Oil

Setifikasi: API SJ – JASO MA

§ Esso 4T Gold 10W-40, 15W-50 and 20W-50 Synthetic Oil

Setifikasi: API SJ, SH (15W-50) – JASO MA

Caltex:

§ Caltex Revtex Fully Synthetic 4T SAE 10W40,

§ Caltex Revtex Semi-Synthetic 4T SAE 20W50,

§ Caltex Revtex Super 4T SAE 10W40, 20W40, 20W50,

Sertifikasi: API SG, JASO MA

§ Caltex Revtex Plus 4T SAE 25W-40,

§ Caltex Revtex 4T SAE 40,

Sertifikasi: API SF, JASO MA

Mobil 1:

§ Mobil Super 4T SAE 15W-50,

Seritifikasi: API SG, JASO MA

§ Mobil Extra 4T SAE 10W-40

§ Mobil Racing 4T SAE 15W-50

Sertifikasi: API SJ, JASO MA

OLI AGIP :

§ AGIP Super 4T MINERAL 15W-50

§ AGIP TEC 4T SEMI-SINT. 15W-50

§ AGIP Racing 4T SINT. 20W-50

§ Sertifikasi: API SJ


OLI MOTUL :

§ MOTUL 3000 4T MINERAL 20W-50

§ MOTUL 5100 Ester SEMI-SINT. 15W-50

§ MOTUL 300V competition SINT. 15W-50

Sertifikasi: API SG – JASO MA

Ternyata oli mineral gak cocok untuk motor baru, so yang pakai repsol moto 15W50 siap2 ganti aja Jangan Keliru Memilih Oli Mesin MINYAK pelumas atau oli tidak akan terpisahkan dengan mesin kendaraan bermotor. Tanpa oli, mesin rontok. Bila oli berkurang, komponen akan cepat aus akibat gesekan antara kedua permukaan komponen. Karena itu, kelangsungan hidup mesin amat dipengaruhi oleh oli. Makin besar kerja mesin, makin penting peran oli. Hal serupa juga terjadi pada sepeda motor, terutama di kota-kota besar, dimana lalu-lintas cenderung macet, ruwet, dan suhu kian panas. Mengingat penting dan peranannya, oli menjadi ladang bisnis menggiurkan paling tidak tiap 2.000 km sampai 5.000 km– oli harus diganti. Berbagai merek dan jenis oli pun bermunculan di pasaran. Mulai dari oli biasa (konvensional) yang disebut pelumas mineral, sampai oli sintetis dan semi sintetis.

Perbedaan ketiga jenis oli ini, bisa dilihat dari komponen dan unsur di dalamnya. Pelumas konvensional, umumnya terdiri atas 90% minyak dasar (crude oil), hasil penyulingan minyak bumi, ditambah 10% campuran bahan kimia aditif guna meningkatkan kinerjanya. Bahan kimia yang dipakai sebagai campuran biasanya detergen (pembersih), antioksidasi dan Index Viscosity Imorover (campuran peningkat kekentalan). Penggabungan unsur-unsur itu membentuk oli yang mampu melumasi mesin. Pelumas sintetis, sebagian besar atau seluruhnya terdiri atas bahan-bahan aditif. Jumlahnya menentukan jenis oli sintetisnya. Oli sintetis penuh (full synthetic oil) mengandung 100% bahan aditif, yaitu minyak dasar bahan kimia yang bukan dihasilkan dari penyulingan minyak bumi. Sedangkan oli semi sintetis pelumas yang dibuat dengan menggunakan minyak dasar bahan kimia dicampur minyak mineral.

Mengingat proses pengolahannya tidak lagi mengandalkan minyak dasar, bahan kimia yang banyak diaplikasi sebagai pengganti antara lain ester asam berbasa dua, ester organo fosfat, ester-silikat, glicol-polialkilena,silikon, klorida sert fluor hidrokarbon. Mengingat bahannya masih alami, oli mineral amat cocok untuk motor motor lawas, seperti Honda C-70, Honda C-90Z, Supercup, Astrea 800, Yamaha V-75, Suzuki Crystal, Binter Mercy, dan sebagainya. Kelebihannya, oli tak mudah menguap saat mesin ada pada temperatur ideal, sehingga jeroan yang sudah aus tidak bertambah parah.

Untuk mesin motor baru seperti Honda Supra, Karisma, Astrea Impressa, Yamaha F1-Z, RX-King, RX-Z, Kawak Ninja, Yamaha Vega, Yupiter, Kawak Kaze, Suzuki Shogun, dan sebagainya, bisa memakai oli semi-sintetis. Perpaduan unsur mineral dan kimia, mampu menjaga kondisi mesin tetap prima, tanpa meninggalkan kemampuan untuk melindungi komponen dalam mesin. Sedangkan oli full synthetic sangat cocok dipakai pada motor balap yang mesinnya terus menerus digeber pada putaran (rpm) tinggi. Oli ini mampu melumasi seluruh bagian mesin sampai di sela-sela kecil sekalipun. Tingkat kekentalannya pun stabil meski dalam kondisi ekstrem, dan mampu menjaga mesin meski pada suhu tinggi. Klasifikasi oli sintetis tidak berbeda dengan oli biasa. Pelumas sintetis mempunyai jenis klasifikasi tingkat kekentalan tunggal (single grade), misalnya SAE 20, SAE 40 dan SAE 50. Ada juga jenis klasifikasi tingkat kekentalan jamak (multigrade) antara lain SAE 15W-50 atau SAE 20W-50. Bahkan, pada aplikasi motor balap atau mesin berteknologi mutakhir, tingkat kekentalannya sering dibuat sangat ekstrem, misalnya SAE 5W-50, SAE 10W-60. Mengingat oli sintetis memiliki banyak keunggulan dan proses pembuatannya lebih rumit dibanding oli biasa, harganya pun relatif mahal. Nah, untuk memilih oli yang pas, sesuaikan dengan kebutuhan mesin

motor Anda. (amn)***

About these ads

62 Responses to “MEMILIH OLI YANG BAIK”

  1. ari said

    Pinjam gambarnya ya, sekalian link kemari
    thanks

  2. otim said

    @ari
    silahkan saja yang penting bisa bermanfaat.
    salam

  3. putu satiya dharma said

    gue pingin balapan ama teman gue ,10 laps di wali kota .hanya mencoba mesin racikan dan spuyer baru honda cbr,yang di pasang di suzuki satria fu.semoga berhasil.

  4. otim said

    @putu satiya dharma
    wah pasti keren tuh.. yup smoga berhasil ya :-)
    salam

  5. agung said

    bro klo oli motul buat yamaha jupiter z new yang bgs apa ya?
    trus harga motul berapa?

  6. otim said

    @agung
    yang bagus ada Motul 5100 ester 15W-50 gradenya SG harga Rp 53 ribu per-liter. Terus ada pilihan juga Motul 3100 gold gradenya lebih tinggi yaitu SL harganya cuma Rp 35.000 per-0,8 liter atau sekitar Rp 43.750,- per-liter. padahal grade SL itu yang paling tinggi kalo ga salah,. tapi banyak yg rekomendasi 5100 karena motor baru seperti jupiter z yg bro pake mesinnya lebih rapat,. monggo di pikur2 dulu ya.

    salam

  7. A said

    D

  8. dpower said

    perlu dicobah pakai oli duron oli mahal yg drain intervalnya sampai 80 000km dan hemat BBM s/d 30%

  9. rio delphee said

    bro aneh jg nih oli motul…
    kemarin beli yg 5100 10W-40 pas itu d tawarin ama pedagangnya katanya coba yg 5100 Gold katanya lebih bgs dr yg 5100 biasa oli baru katanya….
    tp kenapa yg lebih bagus malah harganya lebih murah setengahnya yah ???
    takut oli itu palsu akhirnya ga gw ambil

  10. otim said

    @rio delphee
    wah awas tuh oli palsu… banyak bertebaran. klo gw dh pake oli motul 5100 ester yang 15w/50. harganya lmayan lah, skitar 70.000. tapi pas langsung pake itu mesin brasa ringan bnget lo..

  11. dmz said

    oli yg ga cepet panas apa ya om???

  12. dmz said

    thanx bray…
    aku cobain ya!!!
    eh eh eh,klo pake yg 10/40?
    trus karakter oli BM1 3100 10/40w cocok ma fu ga?

  13. puken said

    sob klo oli buat satria fu yg bgs pk oli apa ??
    thx..

  14. rio delphee said

    saya pk Motul 5100 Ester 10/40
    kemarin beli uda 80rebu

    banyak juga sih temen2 yg pk Shell Advance VSX

  15. rendy said

    w pake oli sheel tpi yg hrg nya beda ma di pombensin sheel, oli w lebih murah…

  16. jonie k said

    w pke oli motul 10/40 bwt mtr jupiter z cocok gak?????

  17. otim said

    @Jonie K
    cocok bro,. yg penting untuk motor th 2000 ke atas lebih baik pake yg 10/40 apapun mereknya.

  18. Jonie K said

    Jarak TEmPuhnya Berapa Km Bro??/HaRusGanti Oli???

  19. Jonie K said

    berapa km oli hrs gnti

    • otim said

      g tentu brader,. ada yg tiap 1000km, 1500km, 2000 bahkan 3000 km.
      tapi lebih baik minimal kalo itu motor tiap hari y sebulan sekali lah usahakan ganti oli..

      satu lagi brader,. tiap ganti oli ganti juga filter olinya.

  20. jack said

    bang sy mau nanya…
    oli yg bgs buat satria-f apa ya?

  21. Dhani ganteng said

    Bang merk oli apa yg bagus bwt fu?

    Kalo motul 5100 ester bagus.a yg 10/40 ataw yg 15/50?

    Bgs mana di antara kedua itu?

  22. Dhani ganteng said

    Antara motul 5100 ester 10/40 dan 15/50, yg paling bagus bwt fu apa?

    Apa jgn2 sama aja efek.a

    Tolong dijawab yg bang disini jg ga apa2

  23. Dhani ganteng said

    Maap nanya lagi

    Kalo grade.a diantara 2 jenis oli motul td yg bagus apa?

    SG, SL ataw SM?

    Kalo bro otim pake yg grade.a apa?

    Kalo di Bandung beli yg asli bkn yg aspal dimana?

  24. Luky said

    klo dibandung bisa dicari di ACE Hardware, banyak tu pilihannya..

  25. Luky said

    @bro otim, klo motul ester 5100 bisa tahan ampe brp lama bro? brp km gitu?

  26. Dhani ganteng said

    @ luki

    Beli oli di ACE hardware?

    Hardware kan buat komputer

    Itu tmpt jual oli?
    Di jalan apa?

    Sory banyak nanya n kalo gw sok tau

    • Luky said

      ACE HARDWARE tu tempat jualan perabotan rumah tangga, barang2 bwt mobil, motor, dll.. Bwt tempatnya ada di Istana Plaza dan juga ada di IBCC..

  27. Blue_FU said

    parunteun ngiringan ah,,,
    bang otim kamananya ?
    meuni sepi teu aya bang otim mah…
    hehe,,,

    nyungkeun saran atuh bagi kawan-kawan FU sekalian..
    ban mau wa ganti nih…
    depan sama belakang…
    cocok na make apah neh???
    BATLLAX kah ???
    FDR kah???
    soalna bingung…
    masalah duit noprablem…
    mangga di antosan saranna…
    hatur nuhun… :)

  28. Dhani ganteng said

    @ luki

    Wew peralatan rumah tangga jg ada

    Kalo ente pake oli apa?

    Kalo motul 5100 ester buat fu bgs.a yg 10/40 ataw 15/50?

    IBCC di jalan apa? Disana oli.a dijamin asli g? Bkn yg palsu

    Sori lur kalo banyak nanya

  29. Dhani ganteng said

    Tambahan

    Grade.a
    SG,SL Ataw SM

    Motul 5100 ester yg cocok buat fu

  30. Dhani ganteng said

    Bos otim kemana yah?

  31. Galih said

    Bro,kira2 oli yg bagus bwt satria fu yg bgs apa ya?

  32. harvard said

    fu gw pake fastron 10-40, tarikan memang terasa enteng dan mesin relatif lebih dingin.
    tapi apakah ada efek samping nya?, tolong pencerahan nya…

  33. harvard said

    sebelum nya salam kenal dulu bro!, gw fu-mania yang berdomisili di bekasi

  34. Nando said

    Dijual oli DURON-E XL

    Spesifikasi dari oli DURON-E XL SAE 15W-40 • SAE 15W-40.

    • API SERVICE CI-4 PLUS / SM.
    • KINEMATIC VISCOSITY 40° – 115/591, 100° – 15,5/81.
    • VISCOSITY INDEX 142.
    • HT/HS VISCOSITY 4,4.
    • COLD CRANKING VISCOSITY 5.686 @ -20°C.
    • BORDERLINE PUMPING VISCOSITY 18.922 @ -25°C.
    • POUR POINT -45°C / -49°F.
    • FLASH POINT 231°C / 448°F.
    • TOTAL BASE NUMBER (TBN) 10,3.
    • SULPHATED ASH % WT < 1,0.

    Oli ini dapat dipakai di mobil bensin atau diesel, juga bisa dipakai di sepeda motor

    HARGA : 230rb/lt – Surabaya

    Kontak:
    08123 064 2222
    Nando

  35. bayoe_ae said

    mw tanya…oli sintetic itu oli yang bgmn??n bedanya sama oli biasa tu apa??

  36. PEPEY said

    Gue kemaren beli new jupiter z 115 cc tahun 2010..
    Rencananya oli mesin nya mau pake shell Advance VSX4 SAE 10W-40..gmn cocok ga BOS???

  37. cocok aja deh, yang penting budgetnya nggak aus .he he he

  38. Joe said

    klo pke oli castrol power cocok ga yah?

  39. Anonymous said

    Assalamualaikum..
    Om punten mw tny, klo buat pulsar 135 bagus’y pk apa? Heuheu..aku oon bgt soal mesin, mohon bimbingan’y..

  40. mat said

    oli yang cuuuocok buat honda mega pro 2005…apa ya,,,,,??

  41. Anonymous said

    Supra 125 th 2009 bgusnya ap y?

  42. andra said

    bro gw mau nanya…
    oli pa yg cocok buat mtor CBR 150 thun 2006?
    n brapa KM oli trsebut hrus diganti.
    di tunggu infony. thanks

  43. dory said

    kalo enduro buat FU?

  44. Anonymous said

    bro w mo tanya nh.klo oli shell helix yg 15w_50.tu.mineral pha sintetik.cz w dah pke bru 6 bln ma fu baru w.tlng y.mksh

  45. jhonny said

    om,untuk vixi bgus nya pke motul ester 10w40 ato yg 15w50??

  46. sandy abdillah said

    mau tanya oli mesin buat motor tornado apa?

  47. john,oli enduro bagus g’ buat hnda fu

  48. ok

  49. bos,oli enduro bgs tk untuk hnda fuu … :D

  50. Billy said

    Bro, mau tanya nih kalo oli yang cocok buwat moge SUZUKI GSF 400 / Bandit tahun 1995 cocoknya pake oli apa? merek apa dan typenya. mksh bro

  51. моторно масло, масло, филтри, минерално масло…

    [...]MEMILIH OLI YANG BAIK « FU-mania….[...]…

  52. toyotaid said

    toyotaid…

    [...]MEMILIH OLI YANG BAIK « FU-mania….[...]…

  53. lur sya mau tanya nih, sya kemaren baru ganti oli, sya make Shell helix SAE 10w-40 yg warna biru , kira” cocok ggk buat FU ?
    tolong saran nya lur
    makasih….(y)

  54. ariev said

    maaf ohm,,,,agak bingung
    msa ganti oil pas mesin panas,,,kan oli belum trun ples bhya jg,,,cz pda saat pns semua besi iang d dlem kn memuai,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 48 other followers

%d bloggers like this: