PATAH KLEP AKIBAT CDI RACING

source : motor-plus No. 485/IX. pics:leonhartblog

Jangan asal caplok CDI racing untuk pembesut satria FU-150 standar. Apalagi jika masih mengkonsumsi premium. Resikonya bukan hanya mesin nglitik tapi juga bisa bikin patah klep. Bukan nakutin tapi ini terbukti klep putus dan bikin berantakan ruang bakar.

Kejadian mengenaskan itu dialami dua konsumen Hasan Motor di Jl. Kelapa Dua Raya No. 7 Jakarta Barat. Awalnya memang tidak percaya dan dikira mengada-ada. Namun jika dianalisis asal-usul dan spek satria FU-150, gejala patah klep bisa terjadi.

Pertama secara spesifikasi teknik bisa dilihat. Kompresi rasio satria Fu-150 yang memang sudah lumayan tinggi. Yaitu 10,2:1 bandingkan dengan motor lokal lain yang hanya bermain di angka 9,2:1. Lumayan tinggi kan kompresi satria F itu?

Kedua, Satria F-150 cikal-bakalnya dari Suzuki Raider 150 thailand yang tentunya punya kompresi sama. Bensin di negeri Thai memang tidak masalah. Bensin di sana memang sudah memiliki oktan tinggi. Di sana bensin swasta sudah bersaing dan menyodorkan kualitas bagus.

Satria F-150 masuk Indonesia tidak diikuti penurunan kompresi. Jika diisi bensin lokal macam premium dipastikan ngelitik. “Timing pengapian minta diundurkan ,” jelas Hasan yang asalnya mekanik resmi Suzuki. Gejala ngelitik dan ngeretek makin menjadi setelah pakai CDI racing. Sebab rata-rata CDI racing timing pengapiannya malah lebih maju dari standar. Apalagi pemakai CDI racing dianggap berduit dan sudah pasti menggunakan pertamax dan pertamax plus.

Namun cilakan jika pemakai CDI racing masih tetap nenggak premium. Akibatnya pengapian advanced atau maju tapi bensin belum bisa untuk dibakar. Akibatnya timbul gejala Pre-ignition atau pembakaran awal sebelum waktunya ketika piston sedang naik. Berakibat ngelitik dan klep yang kalah.

Dari kejadian itu Hasan pesan CDI khusus dengan spek sesuai premium. Caranya melihat timing pengapian Kondisi standar, pada rpm rendah letikan busi 15 derajat sebelum TMA (titik mati atas) dan rpm atas 38 derajat sebelum TMA. Biasanya CDI racing pada rpm atas dinaikan jadi 40 derajat sebelum TMA. ini yang bikin kelewat maju dan perlu diimbangi bensin oktan tinggi macam pertamax plus. kalau pakai premium makin ngelitik dan kruk as bergetar.

Mengatasi itu, Hasan pesan kepada perancang CDI agar tetap menggunakan kurva pengapian standar. “Namun limiter dibuang. Biar nafas mesin jadi panjang dan tenaga keluar semua,” jelas mekanik betawi kalem.


180 thoughts on “PATAH KLEP AKIBAT CDI RACING”

  1. @FreeZ-Ska
    ya kalau tinggal nya di daerah yang ga ada pertamax, apalagi pertamax plus kan kasian juga,. tul ga?? makanya monopoli pertamina harus dihentikan biar pihak swasta seperti shell or petronas bisa bermain dan mengembangkan sayap ke daerah.

    salam

    1. bang numpang nanya ni???????????????satria f it klau mkai karbu keihin 28,n cdi brt yg dual band…bsa ber akbt patal gax??????sbab gue msih ragu ni??????????

      blas k almat email gue ya bng??????????

      By:asep caghol bintang mtor kepahiang benkulu

    1. Gak masalah kan pengapiannya udh di kecil lin trus letikan jadi gak terlalu besar jadi sesuai….

  2. @iwan
    bisa banget,. pengapian yg dimundurkan membuat premium bisa terbakar sempurna. contohnya cdi dualband ada saklarnya ini berarti ada 2 titik pengapian. pas pake premium saklarnya di ON kan (pengapian mundur skitar 2 drajat). nah pas pake premium saklar di OFF kan (pengapian naik lagi ke posisi semula). itu cuma contoh kecilnya.
    salam

      1. misi gan mau tanya,,satria f sya pake karbu king jarum stndr cdi dual band bensin awal aq pertamax,,skrng gnti premium,kq klep klu panas bunyi ya,,kompresi jg turun,,suara makin kasar,,bahaya g ya?

  3. waduh bahaya juga ya bli cdi racing, klo buat hrga baru fu dipatok 19jt di bdg
    tapi boleh usul klo maw jangn yg bru coz lebih bagus yg taun 2005 alias thailand punya tu lebih awet, mesin adem, tenaga beda ma yg indonesia.smoga bermanfaat

  4. wah baru ngerasain yah,satria fu saya juga udah jebol 3 kali gara2 ganti cdi racing padahal segitu pake pertamax plus.

    1. masa bng??????????mtr gue aj uda mkai cdi rcing,,tpi gx prnah jbol……….tpi gue mkai cdi brt dual band n karbu keihin 28……………………….???????????????????????!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

      1. makanya jgn beli satria,,,, motor cemen, gaya doang sok racing,,, larri ga ada…

  5. Masalahnya bukan di CDI resing om sebelumnya saya mo tanya dulu om2 pk CDI resing itu oper gigi pas RPM berapa ?
    kl lebih dari 13rebu hampir bisa dipastikan jebol coz terjadinya overlaping besar om
    lah saya aja pk CDI resing aman2 aja tuh…
    kl lagi tarik oper di 12rebu

  6. Bos, mumpung mampir neh, ditempatku kalimantan lumayan pelosok, sekitar 7 jam dari balikpapan. Ga mungkinlah cari pertamax, ada premium aza udah untung. Karena bengkel sini kebanyakan masih standar (kemarin mau nggedein pilot jet aza ga ada yang jual, hehehe…), nah mau minta bantuan neh.
    – Ada yang punya file manual FU ga yah? kalo ada plisss….. kirim dunk.
    – Kalo ga ada minta saran neh spek2 buat engine, paling ga bisa buat stel klep sendiri lah, udah berisik neh, gatel dikuping. Mau ke kota malazzz…
    – Eh, kalo mundurin pengapian tapi motor masih std gimana yah? apa pegapian biar tetep tp ditambahin aza gasket headnya biar kompresi turun dan motor ga gampang nglitik…, males ngitungnya euy.

    TQ bro.

  7. mau tanya nie mas..kalo skep karbu dinaikin, ada pengaruhnya pada lari dan akslarasi gak?jawabnya kirim ke E-mail ku aja ya…makasih sebelumnya…

  8. ah itu mah orang nya weh ga tau diri, tau motor standar eh d ganti CDI racing tp minun mau irit ????
    yaaa…. makan aja mesti turun 1/2 wakkakakaaa…..

  9. pke CDI racing kaga mslh,
    hanya aja perbandingan kompresinya diatur dulu.
    punya gw jg pke CDI BRT.
    GPP tuh…..

    TQ 4 aLL.

  10. mas ku mu tnya neh…
    coil yg pas bwt fu harian gw pke coil pa yc????
    trus busiX sxan cocokX pke pa???

    low msin ngelitik itu pengaruhnya tar gmna k mesin????

    mksih yc sblumX..

    1. g bisa rekomendasi klo soal mereknya,. ada yg pake koil racing ada yg std tapi pake koil booster dll,. trus busi juga sama,. yang penting seting akhirnya musti pas,… nah ini yg susah… nyeting yg pas brader, karena meski pake std smua tapi setinggannya oke y mantap..

      kalo mesin ngelitik takutnya daleman g kuat trus jebol dah itu mesin.

      1. rincian setingan yg pas gmna z bro????

        trus rncnaX fu gw mu pke karbu pe 28…kira2 d pasaran harga tu ampe brpa yc????
        trus setelan pas spuyerX brpa z PJ n MJ nya??

      2. waduh,. susah kalo diobrolin. yang penting hasil akhir tenaga atas bawah enak, g ada gjala brebet trus bensin g boros.

        kalo PE 28 ada yg buatan thailand, ada yg asli,.. kalo yg thailand 400 sampe 500 rbuan.. nah klo yg asli (punya ninja ori) bisa nyampe 800rbuan.
        setingan PJ biasanya 42/120. tapi ini g harus gitu brader…

  11. o gtu yc..
    thnks bro ats infoX..
    laen x ku tnya2 lg dch low da pa2 tntang fu gw m bro otim…keyz

    eh bro otim teh urg bndung lin???
    dmna bdg na?

  12. Bro.. CDI yg ada saklarnya mereknya apa bro? katanya yang dual band? langsung aja kasih tau bro..

    supaya kalo lagi pake premium bisa di ON otomatis kinerja premium jadi maksimal. nah pas pake pertamax bisa di OFF saklarnya..

    Apa maksud bro otim itu CDI BRT DUAL BAND???

  13. Bro.. berarti CDI BRT Dual band bagus bgt donk..

    Apa CDI BRT dual band masih beresiko menyebabkan patah klep???

    Soalnya tuh CDI mahal bgt bro.. kata temen gw nyampe 500.000.. bener gak??

    1. Ah g juga,. PIhak BRT pasti udah riset duluan sebelum produksi ni CDI.. patah klep itu diakibat karena ganti cdi racing, kompresi dinaikan, per klpe masih std, dan yang paling parah itu motor digeber gila-gilaan.. ini yg buat patah, karena udah g kuat…

      Asal qt memakai itu motor dengan safety,. y biarpun gber tapi seperlunya aja,. meskipun pake yg racing tapi gw yakin pasti aman2 aja kok brader…

      kalo harga,. y di rentang sgitu,. saya jg dulu bli 450rbua.. masih murah dibanding BRT I-Max yg pake remote… hampir 1jtaan.

      1. mas….mau tanya nih, imax sama dual band bagus mana yaa trus dualband nya yang neo atau yg biasa ya mas…

  14. Ganti CDI gk ngaruh…
    Pnya gw TIGER cman NOKEN AS di papas doank KLEP ancur…
    gk perlu tuch ganti cdi….
    Makanya NOKEN AS di papas & gorok…

    atau ganti kunci, ama yg 42 jt,,,,
    hehehe….

      1. indonesia org ya hbat lah dlm korekan motor bebek,cntoh indonesia manang asian prik…

  15. broo ne gw lagi neee….
    gw pake coil blue thunder and cdi sindegen punya shogun 1997 dan knalpot racing dengan slencer pendek apa ada pengaruh ke tarikan mesin ga? soalnya satria fu nya jadi terasa berat
    and dimana bisa pesan keihin 28 thailan yang bisa ngirim ke riau yang bisa dipercaya barang nya nyampe bro

  16. mas saya baru beli satria,,tapi saya mau ganti CDI MA KOIL AJA..tapi saya pgen pake premium,,,,menurut mas bisa gak trus ngerusak gak>>>

  17. hello fu mania, gua pengen nanya klo gua pengen ganti cdi tuuh mesti ganti apa aja? sama cdi nya merek apa type nya apa? kira-kira bujet berapa? hehe
    oh iya mau nanya lagi niih kan fu gua udah pake, per kopling ,sama maen jet, pilot jet, sama knalpot, tapi tarikan nya kurang banget tapi nafas nya masih panjang, cuma ga ada tarikan aja.
    tolong doong tips nya. thanks all

  18. bang Q masih gaptek di otomotif ne, n pengen modif motor smash Q, kira” kalo Q overzise bagusnya pake piston + karbunya apa? terus bagian mana ja yang perlu Q rombak? biar tarikanya enteng

    oya 1 lg bang, CDi racing yang bagus buwat ngimbangin modifikasian tu pake CDI merek n tipe apa..??

    thx sebelumnya

  19. HaLLo kang oTim.. Kumaha yeuh FU ane pake Pe 28 uDah di reamer n CDI BRT hyperband udah 3 bln pke premium, kira2 apa efeknya k mesin kang? Hatur nuhun sateuacana

  20. oya bang satu lagi, aki kan oragan penting ne kalo bwt suzuki (kayak jantung), kira” kalo Q ganti ma aki yang buwat motor tiger atau sejenis motor laki ngefek negatif ga?

  21. Jah ko ga dbLas si kang oTim.. Kang oTim Lg bobo ya? Btw dngan pake Pe28 n CDI BRT z Top speed gw Sampe 150 kpj gas dkit lg mau mentok Kang.. Itu gw geber di jalan Pantura indramayu dlm prjalanan plang Jakarta- kuningan

    1. coba bantu jawab iah… lebih baik pake pertamaz aja bro… soalna kompresi FU kan lebih gede dibanding motor bebek lain na… n kompresi yang besar butuh oktan yang tinggi… sekitar 92+-

      truz alo maasalah aki mah bisa pake apa aja asal tuh aki sama volt n ampere sesuai std FU…

      wew… q karbu std + cdi std bisa 150 di by pass krian brader…

  22. @Six one: Dngr2 pke CDI RACING klo pke Premium Lama kLamaan Klep bisa rusak/ptah, btuL ga sih? Btw Standar ampe 150 kpj? Dlu wktu FU gw standar cuma mentok 135 kpj doank.. Thanx ya infona Lams FUers

    1. gini bro… alo ganti cdi racing contoh nya brt… timing pengapian akan semakin cepat n klep pun berjalan lebih cepat… per klep std FU blum mumpuni dengan kecepatan itu.. alhasil klep jadi patah ato bengkok…

      bisa di ganti dengan per klep racing yang lebih keras..

      nah masalah premium juga bgitu.. premium kan oktannya di bawah 92… jadi jika qm pasang cdi racing pi tetep pake premium bisa bisa pembakaran di ruang bakar kuran sempurna dan menghasilkan kerak kerak brader… bisa diakali alo pake cdi brt dual band yang ada saklar on/off na… alo pake premium di off kan begitu juga sebaliknya…

      masalah 150 tuh q cuma ganti Pj aja… n filter tdr… eh ga tau na nyampe 150…

      1. mank pake pj & mj jadi berapa?klo gak salah standar pj=12.5 mj=110..trus setting udara jadi berapa puteran?thks

      2. brader, maaf ni mau tanya, kalo sdi brt dual band itu kalo pake premium di oof kan apa di on kan, aku baca di komen atas ada yg jawab di on kan, ada yg jawab di off kan, bingung ni, makasih mohon sarannya

  23. bang z dari jayapura nih !!!!… do sini kadang kita sering balap grad tp pake jarak 201, trus sy pake Karbu PE 28, CDI rextor ajustable, tp waktu yang z dapat cuman 7,…. skian detik, bulatkan sj 8… kira2 apa yang kuarang eh bang ???….

    1. kurangnya?
      kurang jujur bro… ato salah ngitung time tuh……..

      modal pe ama rextor paling banter juga diatas 10 detik buat 201 m nya…..

    2. betulll…kurang jujur tu….
      klo time nya sgtu mtr km d bawa k jawa aja buat blpn…maen standart aja biar cpt dpt duit

  24. @jr
    yakin tuh dapet 7 sekian detik ??
    kenceng banget donk
    wong satria f terkencang di indonesia aja cuma dapet 7,8 detik
    mio terkencang 7,5
    itupun uda korek abis2an

    1. spek FU gw:
      piston tiger 65.5
      stroke 4mm
      CDI dualband
      knalpot DBS

      yg laen gak di rubah

      dengan jarak 200 m…tembus 7 sekian detik ko

  25. Pingback: teknik service
  26. boss,, mw tanya ney,,, kmrn motor satria fu ak bru gnti setelan rantai keteng bru. ngaruh g ma mesin??? tyus kok larinya jadi berat ya????

    thanks

  27. mas saya mo tanya…
    klo mesin standart,.karbu standart,..Cm knalpot ja yg tak gnti racing
    pa bs pakek CDI BRT yg Dual Band mas???
    oya mas seklian mo tanya hrgx CDI BRT dual bandx kr2 brp mas???

  28. Assalamu’alaikum Brother. . . My FU skrg Top Speednya Bisa Tembuz 158 Kpj. . WiH Ga nahaaan. . . Makin Cinta Aza sama My FU. . .

  29. numnpang nanya ,, kalau misal’a pertamax di campur shell super bagus gag?? msalah’a fu saya pernah pakai pertamax n shell super.. ada pengaruhnya gag ,, tlg informasi’a.. thank’s…

  30. wa juga pernah tu bro…
    tapi laexnya gak gara2 cdi…
    gara terlalu kring tu stelanya alias kurang boros,,…
    gak cukup bahan bakar buat komsumsi di kecepatan tinggi…
    besoknya di stel yang bagus gak da masalh koq..
    aman2 aja…..

  31. pada satria fu, jarum skep dinaikin kira2 ngaruh ga ama tarikan&top speed-nya?karbunya fu standard kan jenis vakum..

  32. bre fu guw sadh pke sher tger CDI Rexstor, yg Lain nya nga di ubah Lagi. eh ps di turuin Malah jeboL.
    mknik nya kurag hndaL.
    fu guw skrng msih jboL.
    mu di jual

  33. aq stuju bnget tu… krana aq jga udh ngalamin yg kyk gtu,pdahal mtor q standar,tpi bsa jebol…?
    kpok deh pke CDI racing utk sehari2…

  34. mo om sekalian satria f ku nie mau pake seher tiger terus boring daleman nya di ganti ma yg masuk seher tiger terus kompresi atas di padetin ..
    gimana tuh bos bisa patal ato jeboll ngga ma yg lain nya . ?
    dan rencara mau papas noken as klep di gede in kalo ada duit dan ganti mau CDI reaktor ato I-MAX yg bukan dual band dan karbu keyhin tailan 28m..
    mohon saran ato komentar nya om ea 😀

  35. bang mau tanya sekarang satria fu yg tahun 2005 yg sekend pasarannya berapaan yah..?

    trs kalw satria fu yg sekarang dan sekend pasaraannya berapaann ya??

  36. om sya mw tanya, fu sya biar lrinya kenceng hrus gmna lge,,??
    msalahnya sya sdah pki pston scorpio 100, klep tiger, karbu keihin PE28, cdi rextor,
    tpi kog sya msh krang puas sma larinya,,

    enaknya mtor klu pnend kenceng, hrus d apain lge,,??
    mksh ea om..

  37. bro, saya punya satria fu 2010 udah pake koil xp, cdi xp 8 power(bore up), sama knalpot custom. tapi masih kurang tenaganya. ada yg ketahan gitu. saya niat ganti karbu, tapi masih bingung. enakan pake pe 28 (nsr) atau pwl 28 (ninin) ya ??
    #mohon pencerahannya. terima kasih 🙂

  38. brhother mo nanya ni . . . . klo FU pke cdi rasing,tus koil racing , sma busi racing d tbah PE 28,gmn mntep g ??
    resikonya ap???

  39. alo brother” fu loverzz ..
    ane mw nanya neh ma agan”..
    fu gw kalo d’kasih
    -CDI BRT dual band
    -knalpot racing ahm (yg kcil imut bntukna)
    -gnti rntai yg agak tipisan
    -trz skalian gnti gir yg tipis jga (s’suai coment yg d’ats)
    -tpi msi d’ksih minum ma premium….
    kira” ada nimbulin dampak buruk gak bgi fu gw ??
    pliss om,,
    btuh bnget neh msukkan dri agan” yg guanteng sangat..
    monggo mas..

  40. haay sahabat FU……

    cuma mau tanya nie
    FU gue pake klep 3 aja
    rengsap saya pake tiger
    cdi saya pake brt hiperband
    kira2 bagaimana komentar sahabt FU apa bisa d bilang oke apa kaga

  41. halloo.. fu mania,
    mau nanya nich, fu ku pke CDI BRT dual band trus karbu pake pnya RX king, mnurutku larinya dah lmyan mantap, kira2 mnurut kalian gmn da msukan apa?

  42. boss,,, ak pnya fu baru 2bulan…. tp kok bisa ya klepnya bengkok trus mesin mati gmana tuh ya boss,,,,,

  43. Gan mw tnya nih,,
    ane pnya satria fu trus dh pke krbu PE28,
    rencana mw pke CDI racing, tpi ane bingung mw pke CDI apa, menurut agan bagusan mana BRT ap REXTOR????????
    mohon d bantu

  44. Gan tolong nhe ane khn punya F 2010 paking hed make 1 tengah ny tyus pake koil blue tunder,busi racing TDR per kopling BRT lari nya ko masih kurang iia malahan bawah” nya krang nendang yg ada malah ngayun..

    Mesti ny haruz gmn tuh gan..
    Thnx iia gan

  45. PUSING aku bca cmen diatas,jwbnya stngah-stngah

    aku dah cinta mate ama FU dri yg kluaran thailand.amp skrng ru kbeli tu FU pke duit sndri
    …msh dangkal otakku wat memahamin FU gan

    >gan fu bru suaranya dah nglitik knp ya.klo di diemin krng lbih 1jm ngempos tu knp?
    >trus fu standart pke BBMnya premium ngaruh gk dmsin?
    >trus klo gnti CDI Dual Band ama Knalpot Racing TAPI konsumsi BBMnya premium pengaruhnya dmsin apa ya gan………….???
    >trus klo dah gnti CDI DualBand ama knalpot racing yg prlu dstel apanya gan………??
    >trus yg bner yg mna ni klo PKE CDI DualBand pas pke premium di “OFF pa “ON gan……….?

    btuh bgt jwabannya gan ..klo gk TEMEN” yg mao ksh jwabnnya’msukan/solusinya.. klo bsa via ponsel jg gk papa..di 081903004461

    TQ bwat smuanya

  46. mas maw tanya ne,..
    punya gue motor karisma,piston kaze standart size,CDI BRT dual band,karbu honda NSR,Knalpot nobi,apa kemungkinan yang akan terjadi ???soalnya gak gue perhitungkan dan asal pasang aja,…
    mohon informasinya,..

  47. mas kalau klep nya sudah patah & mata klepnya itu nancap di piston, gimana caranya biar mesin bisa hidup lagi ya???apa aja yg perlu di ganti mas… makasih

    1. motornya FU mas kalau klep nya sudah patah & mata klepnya itu nancap di piston, gimana caranya biar mesin bisa hidup lagi ya???apa aja yg perlu di ganti mas… makasih

  48. mas bro aku mau nanya dikit kok fu pake karbu pe 28 cdi hyper ban tp kok malah ada bunyi kletok2 saat stater tangan aku bawa ke bengkel katanya stater klatnya bunyi……apa emank benar rusaknya stater klat tersebut karena pengaruh cdi brt tersebut tolong di bantu solusinya ya?????

  49. fu ane cuma pke :
    -piston tiger
    -tdrPE28
    -BRT dualband
    -knalpot r9

    top terakhir 140kmh gigi4 setelah itu ga berani lgi buka gas,hahahaha

  50. fukers gw mau nanya ne…….. di bikin pusing sma satria fu gw yg brebet saat jalan pelan bhkan bisa smpek mesinya mogok,low buat brjalan kecang normal2 aja. gw pikir dr busi.n udh di ganti yg baru hasilnya sma utuk setingan karbu udah gw bawa kbekel masih sama aja.. apa bisa dr cdi..? solusinya gmn gan?

    1. Coba dicek dkarburatornya gan,,Mungkin ada yg kurang bener pemasangannya..
      pelampung miring jg bi gan ngakibatin brebet..

  51. Mas mau Tanya kalau Jupiter mx 2012 yg terbaru kalau pakai CDI brt dual band bisa engga mas dengan mesin Dan karbu masih ori tpi kenalpot satria fu minta saran nya gan

  52. mas klo satria fu standar gek bwt kawen trs msinya gimana gan ngelitik apa mlh tmbah kenceng

  53. bos kalo saya mau ganti cdi racing gimna caranya kan tkut kalo sembarng ganti cdi apa yang standar aja dipake?

  54. Bener gan, ga bgus tuh mtor f standar make cdi racing.. Gw aja udah 2x jebol padahal udah semi make rextor pro-drag noken papas make tdr yak, sama seher make punya scorpio op 50 aja ganti per racing sama prodonya, bhan bkar pertamak plus. Bwt liaran blum ngasil udh jebol

  55. Pada mo kmna sih kenceng” amat bawa motor santai saja breww, motor fu standar lebih awet dan nyaman speed nya pun tembus 157km/h.. salam by URBAN alias urang bandung..

  56. Mas bro mtor fu saya standar habis tpi saya baru2 in sudah ganti cdi recing yang brt, kira2 menurut agan apa apa yang perlu saya benahi lagi, krna kata org kalo cumn cdi diganti motor biasa jadi koslet, tp sya kurang percaya, saya mw mnta pendapat dari master master sekalian, mhon di bantu

  57. Mas bro mtor fu saya standar habis tpi saya baru2 in sudah ganti cdi recing yang brt, kira2 menurut agan apa apa yang perlu saya benahi lagi, krna kata org kalo cumn cdi diganti motor biasa jadi koslet, tp sya kurang percaya, saya mw mnta pendapat dari master master sekalian, mhon di bantu
    Balz ke alamt email saya yagh arie.gembel_a@yahoo.co.I’d

  58. Mas bro mtor sya fu standar habis,tpi baru2 in sya udh ganti cdi brt yang racing, tpi saya agk ragu jdi sya psang yg cdi standarnya, krna kata org kalo cumn cdi saja yang di ganti biasa mtor jdi koslet, kira2 apa2 yang perlu saya benahi lagi agar mtor saya tetap awet, mohon di bantu, balz ke email saya arie.gembel_a@yahoo.co.id

    1. sya gk percya cdi racing gan sya pakek coil yz125. majuin pengapian .cdi fu ori thailand tp uda modif copot limiter .shim pajek ukuran 200/180 jd buka tutup klep kebih cepat tp suara agak brisik dkit kalo shim nya itu . jd mau du geber mpe mentok jg ok saja mtor sya fu cbu 2004 thailand kalo bisa beli mesin fu thailand aja kebih bandel poll

  59. Bro…FU andalan gw jebol tingkat kecamatan..valve exhaust patah nancep piston..valve intake bengkok..padahal pas gk tancap gas ..cm sekitar 10 Km/jam..apa penyababnya gan ? Msih stndart,cdi hyperband,karbu pe venturi 28..trus berpengaruh gk bos klo klep cm di skir rapat tp gk di ukur jaraknya ma pematuk noken as soalnya gk punya filler gauge bos…thanks pencerahanya

  60. Bang satria fu saya knpa ya kalo pagi susah nyala kaya yang ngempos gtu apa klep nya kna apa gmana jd ke karbu kaya kurang ngisep jdi pagi susah nyala tpi kalo udah panas gampang nyala

  61. ganti pj aja bro pxa shgun yg 17,5 jarum skepx posisi di tengah enak bro gampang ngidupinx pgi”tinggal pencet langsung jreng

  62. Om om bapa yang jago di bidang permesinan ada yang bisa bantu sayah enggak ? motor mio sayah klep nya jebol bengkok, bagian head dudukan klep bawah nya remuk. itu kira kira apah masih bisa di sitting atau engga ya ? remuk keluar batang besi gitu bulet, itu gimana ya om cara atasi nya pliss. bls scepat ny. 😥 sad.

  63. hyy sobat.
    saya mau tanya, saya pake karbu king ori
    busi denso. knlpot lone rider, cdi rextor
    itu ngaruh gak nani lama lama di mesin ya shob…?

  64. kang,numpang tanya saya punya fu thn 2005 trus cdi baru ganti pake cdi satria fu standar thailand yg unlimited.tpi kok klo panas di selah jadi nendang balik ya padahal kan cdi standar.
    tolong dibantu bagi yg tahu atau pernah ngalamin jga

Leave a reply to six Cancel reply