FU-mania….

Satria FU150 Pakai Pen Piston RX-King

Posted by otim on March 6, 2009

OTOMOTIFNET – Anda pemilik Suzuki Satria FU150? Mesinnya mengeluarkan suara berisik; duk..duk..duk.., terus tarikannya pun melempem? Wah, mesti servis besar tuh. Apalagi jika umur pemakaian besutan sudah 3 tahun lebih, buru-buru deh diperiksa sebelum terlambat.

Sebenarnya suara itu dari mana sih? “Penyebabnya ada dua. Pertama kalau laju motor ogah ngibrit, bisa diakibatkan kampas kopling aus, tapi kalau kampasnya masih bagus dan suara kasar itu masih ada, tinggal kita periksa di pen pistonnya,” ungkap Kiki, mekanik sekaligus pemilik bengkel Rizki Motor (RM).

pin-piston

Menurut mekanik humoris ini, penyebab yang disebut nomor dua itu sering sekali terjadi. Maklum pen piston itu sebagai jembatan antara piston dan setang seher yang bekerja naik turun saat mesin hidup. Kalo peranti itu bermasalah, akan menimbulkan bunyi berisik, lama-lama bisa bikin bengkok setang sehernya dan yang paling fatal bisa patah akibat dipaksa bekerja. Hii serem..!

Contoh kasus dialami Artur Akihari warga Cipulir, Kebayoran Lama, Jaksel pada besutannya. Berhubung hidupnya masih bergantung pada orang tua, tentu dana yang dimiliki sangat terbatas, “Apa ada solusi lain Bang? Dana ogut cekak, nih!” harapnya cemas.

“Tenang Bung. Bisa kita pakai pen piston punya Yamaha RX-King, selain harganya murah; Rp 20 ribu dari harga asli FU Rp 35 ribu, bahan dan kualitasnya juga sama,” terang Kiki yang berbadan besar. Jadi penasaran, nih?

Setelah diukur sigmat, tercatat kalau pen piston FU punya panjang 49 mm dengan ketebalan 2,5 mm. Sedang punya RX-King lebih pendek 0,2 mm dari FU yaitu 47 mm dan memiliki tebal 2 mm, hanya diameter lingkarnya saja yang sama-sama 16 mm (gbr.1). Tapi ukuran panjangnya kan beda?


ganti-pin-pake-rxking

“Asalkan diameter lingkar pennya sama, gak ada masalah kok dan kalau kita lihat dari perbedaan ukuran ketebalannya 0,5 mm antara kedua pen tadi, sudah pasti mengurangi beban kerja mesin, akselerasi pun mengalami perubahan sedikit (gbr.2),” beber pria yang doyan pakai topi ini.

Apa semudah itu masangnya? “Betul, sama kayak waktu ngelepas, yang paling penting adalah patokan klep in dan klep outnya jangan sampai salah, sebab kalau salah, masing-masing klep bisa tabrakan,” wantinya sembari bilang untuk pengerjaan tentu bisa minta bantuan mekanik bengkel (gbr.3).

Source: otomotif.net

Penulis/Foto: Pidav

About these ads

22 Responses to “Satria FU150 Pakai Pen Piston RX-King”

  1. galeh said

    gimanA sih bro bikin dobel cakram roda depan dan belakang untuk satria fu150. sama oli mesin apa yg paling cocok untuk fu150. .

  2. alwy_kurniawan said

    bro..
    knpa yah…
    lampu mtr depan n blakang fu w tiba” mati??

    knpa tuh bosss??

    oya tolong jga solusinya yah..

    bagi pengguna fu add fb w yahh.
    alwy_selamanya@yahoo.com

  3. alwy_kurniawan said

    bro kira”..
    service bsar fu harga nya brpa??

  4. alwy_kurniawan said

    oya sory lupa..

    klw mau msukin mtr fu w gmn sih??

    plis w pengen bgt mskin mtr w,
    kya xlian smua..

    ksh tau k fb w yahh…alwy_selamanya@yahoo.com

  5. monox said

    wa mw bore up fu wa pake piston tiger standar ama klep pake thunder 125, itu gmna om bgus gak..

  6. gepenk said

    lhek…..
    kalo make pen rx kan lbih pendek, apa buat harian aman?
    apa pistonnya stabil?

  7. Taufik akbar said

    knp bro suara mesin satria FU 150 aq bunyi tak..tak..tak.. saat narik gas klu keceptannya stabil suaranya normal..?
    tolong solusinya..?

  8. edho Zfc said

    bozz.. , apa aman low pake seher karbu milik spin 125 dan pen RX King ???????

  9. Edho Zfc said

    bos npa fukw uda pke krbbu rx king n cdi brt n busi tdr sttinganx blom top , apax bgs dstting bos ?

  10. ojie said

    bos w mw nnya nie.

    klo kruk as yg sma kya fu paan iah.
    klo hrga kruk’as fu mhal bnr thu.
    kra2 bgus n mring hrga na.

    gmn cri solusi na..
    tlong bos.

  11. timin said

    bos,,, knapa sih motor fu saya kalau berjalan posisi jalan basah selalu mogok? Tolong dong kasih solusinya thanks

  12. syahiddin said

    om, motor saya RX King 96 kemarin ganti piston over size 50, piston ganti baru 1 set harga ­135 Rb, trus ada suara nglitik di ruang bakar apa masalahnya dan bgm solusinya?

  13. satria aku kluaran 2008.
    ada kendala dr rpm mas brow.
    kadang besar,,,
    kadang juga kecil sendiri,, ,,

    tolong di bantu ya….. ..

  14. leon said

    itu bngkel nya ada d mna bro ?

  15. djisun said

    klo FU pas make ujan tu kepala busi;y udh ga bagus
    mesti d’ganti lagi bro.

  16. Ahmad Shi Bungsu said

    g mana sih bos. . . Satria gw udh ngeluarin asap + tarikan’nya melemah. . . . Tu yg rusak bagian mana. .bos, .

  17. Anonymous said

    infonya donk fu ane dh pake piston scorpio oversis
    0 mau ane kecilin lg ukuran 65 ke atas bisa ga ya. n harus make seher apa. soalnya ane pake stang seher rx kng.ber pen 16. kira” piston apa yg pen 16 ya om

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 48 other followers

%d bloggers like this: