TIPS SATRIA FU-150

blak-jack1.jpgini tips yang dikumpulkan dari S2W dan SSFC juga sumber-sumber lain khusus bagi pemilik FU. mudah-mudahan tips ini dapat bermanfaat.

Satria F150 Mati Kalo Panas, Pasang Fan Aja.
Article Date:
Source: S2W – 108

Satria F150 emang enak buat ngebut, gesit di jalan macet dan tarikannya oke lah buat bebek 4 tak. Tapi biasanya pengemudi satria F150 standard dibikin kesel sama tunggangannya sendiri, pada saat mesin udah panas sang satria bisa tiba-tiba aja mati.

Kalau ditelusuri lebih lanjut, kayaknya gejala mati sang satria itu diakibatkan karena Pilot jet standardnya kekecilan. Ukuran pilot jet 12,5 dirasakan jauh sekali untuk memenuhi kebutuhan bensin sang bebek super ini. Minimal satria standard dengan knalpot standard memakai pilot jet ukuran 15. Harga yang dibutuhkan untuk menebus spuyer Samsh ukuran 15 atau shogun ukuran 17,5 asli Suzuki sekitar Rp. 45.000 ,- di Sena motor kebon jeruk 7. Tapi ada solusi lain bagi temen-temen yang biasa bermain di dunia computer

kipas.jpg

. Saya menerapkannya di Si Stratya Satria F150 saya. Dengan kocek tak lebih dari 5 ribu rupiah si Stratya udah bisa diajak maen panas-panasan mesin. Bagai mana bisa? Pasti ada yang punya pertanyaan seperti itu kan?..

Caranya begini?. Kebetulan saya menemukan banyak sekali power supply bekas di kantor yang sudah gak kepake. Dari power supply bekas itu kita ambil kipasnya saja (Gambar 1) ?..dari pada dibuang kan sayang.

Lalu kipas itu saya sambung jadi dua dengan Cable ties dan dipasang persis di depan oil cooler (Gambar 2).

Kabel merah dari kipas saya sambungkan ke saklar kecil, lalu dari saklar saya sambungkan ke kabel orange di batok lampu. Kabel hitam dari kipas saya sambungkan ke bodi motor (atau bisa ke kabel (-) di batok motor) (Gambar 3).

Gampang kan?.kalo jalanan sedang macet yang membuat potensi mesin menjadi panas, saya tinggal nyalakan kipas dengan mengubah posisi saklar menjadi On.

O iya??.untuk membuat kipas oil cooler tidak harus dari kipas power supply computer. Kipas harddisk dan kipas processror juga bisa digunakan (Gambar 4). Hanya jumlahnya mesti disesuaikan dengan kebutuhan angin untuk mendinginkan oil cooler.

Selamat mencoba.

Pravira Notodisurjo
S2W – 108

oh iya ada tambahan lagi buat yang suka show off motornya, bro semua bisa menggunakan fan (kipas) komputer yang ada lampunya, sehingga apabila malam hari bro smua jalan-jalan, motor fu-nya bakal terlihat bling-bling alias bercahaya. pokonya bakal eye catching dehh..

ini fan yang di pasang di motor fu-ku…

dsc00005.jpg

dsc00003.jpg

468 thoughts on “TIPS SATRIA FU-150”

  1. @jose
    iya itu kipas CPU komputer, lumayan murah kok. kalau sumber listriknya pasti ke aki. tapi ga akan terlalu menyedot listrik yg banyak kok, kan kipas cpu ga terlalu tinggi arus listriknya.
    cara menyambungnya gini, kan ada 2 warna kabel di fan, merah sama hitam. kabel warna merah saya sambung dengan kabel oranye di batok lampu, kalau ga salah itu kabel buat lampu. kalau kabel warna hitam saya sambung ke baut yang ada di body motor, kabel hitam itu masa. coba deh di praktekan dulu nanti kalau ga jalan juga tanya lagi. thx.

    1. Bang….aq engga tau Cara pasangnya….kan aq beli Kipas CPU yang Pakai Lampu…..tapi kalau aq pasang ke Aki Motor Ko suma Lampunya Aja Yang menyalah….tidak berputar Kipasnya..

    2. JANGAN GILA DONG… cpu kan diem d tempat.. kalo motor kan jalan… yg ada tu kipas kalah ma angin
      oon dah.. cuma nyala2 lampu kipas doangan yg ada… kalo mao pasangin ac yg 6 pk aja … wkwkwk

      1. mohon dibaca lagi gan yang jelas, kegunaan fan tersebut untuk motor apabila terjebak di kemacetan dengan kata lain motor berhenti atau mungkin jalan pelan. saya kira kipas tidak akan kalah dengan angin jika motor dijalankan secara pelan. kalo jalan kenceng dan kipas kalah, yasudah gak muter juga gapapa kan udah ada angin alaminya..

    1. Ada bagus’y mungkin loh arus untuk kipas qt ambil’y dari pengisian aki….
      Jadi mesin jalan, kipas terputar…
      Mungkin itu masukan yg bisa bermaanfaat….

  2. @edward
    yup… mesin jadi adem apalagi bt yg sering macet… kalo aki relatif juga, karena kan fan komputer ga terlalu besar arus listriknya.

    @firman Zulian p.u
    silahkan liat lagi komentar diatas (yang bt jose)

    salam

    1. ada bos.. gw punya stock oli mantaff dari luar.. namanya tiens lubricant.. di jamin bs melindungi mesin dgn sempurna..trus larinya jg tambah kenceng.. jarak pemakaian bs sampai 15.000 km(jd bs irit pengeluaran yg biasanya pake oli cm 2000 km).
      Gw sendiri dah nyobain..mulus banget mesin motor gw..awet bgt..
      klo tertarik hub gw aja.. di ym: dwi_tekniks@yahoo.com

  3. @tohir
    klo pasang fan, slama ini blm ada imbas apa2 tuh. (mungkin blm 😉 ) tapi kayknya aki nya bkl sedikit kerja ekstra memberikan sumber tenaga. tapi tenang aja fan cpu ga trlalu bsar arusnya.

    untuk oli, ga bisa rekomendasi. karena oli yg baik dirasakan oleh pemakai itu sendiri. tapi untuk bahan pertimbangan silahkan klik artikel ini memilih oli yang baik.

    salam

  4. @hendra
    slama ini aq mandiin tu motor, trus kipasnya ga ditutup ga ada keluhan apa-apa tuh.. bahkan pake steam pun disemprot juga tu kipas ga ada keluhan apa2. tapi bt jaga-jaga mendingan ditutup aja bro.
    salam

  5. satria f mania koq klo mtr gw panas truz gw betot truz kok kya bunyi kuda iee…
    ada yang taw kgk….?

  6. @riZqiEy
    Maaf ya bro, pertanyaannya kurang jelas 🙂 . gini deh fu nya udah ada yg diganti or masih standar bgt? trus maksud betot disini betot gas ya? (bingung mode “ON”). kalau slama ini masalah bunyi mesin ngelotok itu berasal dari rantai tensioner yg udah kendor atau udah waktunya diganti. coba deh cek aja dulu, smuanya pasti beres kok !!
    salam

  7. bro thankz per de info… berguna banget nih…

    tapi aku rada2 belom ngerti cara pasang kablnya… ??

    bisa ngga kl kabel yg di taruh di saklar di pindahin ke switch on off lampu ??

    balas via e-mail aja bro…

    thankz berat

  8. salam bro…
    oia..mtor aq bermasalah dngan tensioner na neh..ksar bnget bunyi nya….
    kt na klu dgnti tetap bunyi lagi…
    ganti rantai na pa tunjangan na ja…

  9. @ade
    itu pake cable ties (banyak yang bulang ripet or apa gitu) pkoknya. tinggal di pasang di depan oil cooler

    @tommy
    coba aja per tensionernya di kencenginn (atau liat artikel ini), kalo tetep bunyi berarti ada yg musti ganti tuh (per tensionernya). atau emang harus ganti rante ketengnya.

    salam

  10. salam..
    aq da keluham ma oli mtor FU aq ne..
    coz,bru 2 mnggu dr dri hri gnti oli na..oli na da brkurang..pas ganti oli lagi,di tkar gak mpe 0,7 lagi.
    klu mank iya tu mtor da mkan oli,tp kyak na gak berasap lah…tp klu di gas full,pas k tiga kali na…bru kluar asap putih na….
    pa mank tu mtor hrus di bongkar??

    kasih saran na yah pak’….
    thank’s…

  11. gni bos…
    jd mtr gw tuh klw mesin dah panas gw tarik rpm tinggi…mtr gw pas gigi 1 sma 2 itu agak bunyi kasar dari mesin….
    pasti anda taw…
    jd rantai tensioner iaa…
    blz yaa bos…

  12. @ismet
    kayaknya ada yang bermasalah dengan jeroan mesin tuh (ada yang bocor). kalau gejala seperti itu terpaksa harus bongkar mesin. soalnya oli itu kan kalau mesin jalan berputar dari bawah ke atas, bahkan nyampe ke head atas dekat noken as. nah kalo ada yang bocor bisa aja tu oli masuk ke ruang bakar.
    gini aja bro, bongkar tu mesin dan pastikan semua gasketnya ga ada yang robek dan komponennya ga ada yang bocor.

    @riZQiEy
    yup sepertinya itu dari rantai ketengnya (tensionernya dikencengin lagi brother).
    trus soal knalpot, itu tergantung selera. knalpot aftermarket biasanya dibuat dengan ukuran yang sudah disesuaikan dengan keadaan pasar tu motor, sedangkan knalpot custom bisa kita sendiri yang menentukan setingannya. jadi mendingan dirasakan sendiri apakah dengan knalpot jadi lebih enak dibandingkan knalpot custom atau malah sebaliknya. tapi bt saya lebih prefer knalpot aftermarket/ jadi karena sudah ada ketentuannya. ini saran aja 🙂

    salam 4 both

  13. @lucky tangerang
    waduh berabe dong mesti ke tangerang.. coba aja ke bengkel yg ngerti fu pasti bisa. tapi mending pasang sendiri, mudah kok. kalau masih bingung ntar aq kirim pake e-mail.

    @Marwan
    ya ga akan meleleh bro, soalnya oil cooler di fu kan ga sepanas mesinnya, slama ini ok aja tu belum ada keluhan apa-apa.

    salam both

  14. to : om fajar

    om, tolong kirimin ane email jg dunk ttg fan itu, kyknya berguna bgt tuh infonya…tp masalahnya ane g ngerti sama sekali bongkar pasang motor,,=)

    trims y om..

  15. boleh tanya ne…aku bru beli fu sekitar 3 bulan tapi kok rantai temengnya udah keras bgt bunyinya
    apa pilot jet makan waktu lama ga buat dipasang ???
    giman cara buat fan nya jadi ada lampunya

  16. @jo
    oli motornya udah coba diganti belum.. kalo masih standar pabrik emang gitu, bawaannya kurang halus dan keras.. coba aja ganti dengan oli yang agak encer bisa 20-50 atau 10-40.
    untuk pasang pilot jet silahkan klik link berikut.
    kalo fan ingin ada lampunya, tinggal beli aja fan CPU komputer yang sudah ada lampunya.. murah kok.. di toko komputer juga pasti banyak.
    salam

  17. gimana cara melekatkan fan pada oil cooler….denger2 kalau dipasang gituan bisa buat fuse nya putus….
    oli apa yang cocok buat satria

  18. kenapa setelan tali kopling satria cepat kendor….
    gimana cara nya biar kopling tetap terasa seperti baru beli motor…

  19. @jo
    caranya gampang kok, tinggal pasang fan cpu komputer didepan oil cooler fu, sebagai pengikatnya gunakan cable ties.. tapi ingat arah angin blowernya harus menghadap ke belakang/ ke arah oil cooler sehingga bisa mendinginkan tu cooler.. biar lebih jelas silahkan liat gambar di atas.
    kalo oli cocok-cocokan sih,, yang penting liat viscositas olinya.. std pabrik 20-50 tapi lebih baik dengan yang agak encer ukuran 10-40.. malah ada yang rekomendasi oli buat moge (cuma mahal harganya) silahkan tinggal cocokan saja.
    tali kopling kendor bisa disebabkan baut setelan koplingnya kendor. coba deh di kencangkan setelannya trus kasih oli/ gemuk ke dalam kabel penutup tali kopling.
    salam

  20. ..::” Salam Biker” ::..

    Mau Promosi nii Broow,
    Bagi temen-temen yang hoby Modifikasi,,

    Tepatnya yang suka ber Kreasi Ganti-ganti Warna ?

    kami menyediakan Body / Full BOX
    buat satria FU kalian..
    dengan harga Terjangkau.

    >> Temui kami di : The.aditz_89@yahoo.com

    .::terima Kasih::.

    Report this post

  21. ..::” Salam Biker” ::..

    P R O M O S I

    Mau Promosi nii Broow,
    Bagi temen-temen yang hoby Modifikasi,,

    Tepatnya yang suka ber Kreasi Ganti-ganti Warna ?

    kami menyediakan Body / Full BOX
    buat satria FU kalian..
    dengan harga Terjangkau.

    >> Temui kami di : The.aditz_89@yahoo.com

    .::terima Kasih::.

    Report this post

  22. o iya satu lagi tu kipas kan klo kena angin muter klo lagi jalan jadi bleh gak tanpa harus d nyalain,gak usah d sambungin k aki biar nggak cpt abis tu aki? tq

  23. @pembalap
    duh maaf nih,. agak kurang ngerti maksud pertanyaannya..
    maksdunya topspeed atau KM jarak atau apa nih.. maklum agak telmi he..he.. kalau topspeed sih katanya ada yang udah nyampe 150 kpj., tapi kebanyakan yg sudah nyampe paling 130-135 kpj.
    kalo kipas ga dinyalain ya ga akan muter lah,. meskipun ketebak angin yang besar,. karena kipas cpu memiliki tebal yang lumayan dibandingkan dengan kipas yg biasa diputar dengan bantuan angin. tapi kalo penasaran coba aja di jalankan tanpa menyalakan itu kipas.
    salam

  24. BRO OTIM.mo donk dkirimin cra psank fan na k email i.hehe..
    o iy mo nanya jg neh,kndisi fu i std neh,cm rncna pngn gnti per kopling,ktna biar tmbah enak trikan na.bner gx?
    mohon petunjukna.

  25. Sowry brow..mksdnya..dri fan k kbel orange…gmn cra nyambungx…jlasn cra pmsgnx.?,??,?mn yg lbh irt pggunaan fan yg bias taw pk lmp..,?klo fan lgsg ke lmp..brrt idpx wkt qt idpn lmp dvnk

  26. @Dany
    kabel orange di batok lampu di sobek kulit luarnya saja sehingga kawat dalamnya keliatan., nah tinggal disambungkan dengan kabel merah dari fan. lalu tutup sambungan tadi dengan solasi. beres dah!!
    dan yang jelas lebih irit yang biasa lah, karena yang ada lampunya memakan arus listrik lebih dari aki.
    salam

  27. @dany
    yup lam knal jg,. sbnrnyaga perlu juga buka batok lampu,. kalaupun ga di sobek itu kabel orange bisa juga di tusuk langsung itu kabel merah ke dalam soketnya. tapi agar lebih aman ya mending di buka deh batoknya.
    oli jg berpengaruh trhadap mesin,. mesin itu pasti panas kalo dipake, cuma dengan oli yang cocok bisa mengurangi gejala overheat di mesin.. untuk rekomendasi oli coba aja pake yang viscositasnya di rentan 10w-40. tapi sesuai selera dan cocok2an aja deh kalo oli.
    salam

  28. Nny lg ney…satria gw br..???kplgx agk kras..??klo gnt per kplg ..akn tmbh lunak ga???merk oliny..pa brow..yg bgus?????o y klo pasang kasa nymuk yg bgus lem pa y?bsa pk..lem doble tip…???lem sealent bliny dmn?

  29. @Dany
    satria baru kopling keras akibat oli standar pabrik,. coba aja ganti denga yang lebih encer kalaupun tidak ganti per kopling.
    kalo oli ga bisa rekomendasi bro tergantung cocok2an. ada yang saran repsol, shell VSX, motul, agip, enduro dll. trus bt kasa nyamuk jangan pake doble tip deh, mudah copot, yang mending lem sealant, coba carinya di toko besi pasti banyak tuh..
    di batok ada 2 kabel orange, yang pasti cari kabel orange yang di soket warna hitam, jangan kabel orange di soket warna hijau..
    kabel orange di body itu nyambungnya ke CDI,. kalo ga salah itu buat engine cut off deh.. (maaf nih kalo salan he..he..)
    salam

  30. @Dany
    coba deh servis karburatornya berkala, atau di jadwal minimal 1 bulan sekali,. tapi kalau mau jalan jauh ya mesti bebersih karbu tuh biar tarikannya enak.

    di fan itu kan ada lubang buat bautnya, nah manfaatkan cable ties buat nyambunginnya,. pertama tempel kedua sisi fan trus sambungkan dengan cable ties,. nanti potong sisa kabel yang masih panjang.
    salam

  31. @Dany
    yup betul. trus liat di fan nya ada tanda panah.. itu tanda putaran dan arah,. panah yang menghadap ke samping itu arah putaran kipas, sedangkan panah yang menghadap ke belakang itu arah anginnya.. nah pasang fan tersebut dengan arah angin menghadap ke belakang (menghadap ke radiator). ga ke depan. ikat itu fan dengan cable ties ke sisi radiator.
    salam

  32. @Dany
    ya begitu, tapi bisa juga pake saklar kecil yang bisa membuat kipas on bila diperlukan. tinggal sesuaikan saja posisi saklarnya yang kira-kira nyaman dan ga mengganggu.

    @agus
    waduh kayaknya body FU yang lokalan belum nemu nih, soalnya nyari dimana-mana juga ga ktemu,. coba aja mesen ke tukang buat fiber aja kalo mo custom body.. soalnya kebanyakan body nya banyak yang ori.

    @babad150f
    ada revisi dikit!! :-0
    kalo ga salah sih sensor spedo fu rpm nya ngambil dari CDI deh,. makanya kenapa CDI std FU ada limiter yg keliatan di RPM meter, trus waktu coba ganti pake CDI shogun th 96 kan beda soket,. nah ketika terpasang, semua jalan tapi RPM ga nyala. berarti ada 2 tempat buat indikator speedo. satu di CDI trus satunya lagi kalo ga salah dari gir depan (buat speedo digitalnya)..

    salam

  33. Itu dia bro…jadi kalo ganti gear dengan perbandian ringan(contoh:13/45 dari orsinya:14/43)speedo fu akan ngaco,topspeed bisa di angka 148~150km/j.barusan soalnya gw googling.”sensor kecepatan FU”

  34. @babad150f
    rasanya ga mungkin deh ngaco akibat ganti gear, soalnya yang di ukur di gear depan kan bukan besar kecilnya ukuran gir sehingga mempengaruhi kecepatan di speedo. ada sih temen yang pernah ngalamin itu, tapi diakibatkan karena banyaknya kotoran yang sudah bertumpuk di gir depan.. coba deh bersihkan trus liat apa tu speedo masih ngaco..

    salam

  35. Brow tim ….stiap gw msukn gi2 n nurunn gi2 ko kras..pa lg netraln agk ssh…knp y??.mtr gw br 6bln,, br 2 x serus..? dr srvs prtm blm prnh..brshn karbu??g p2 tu brow…slny gw rgu..nti mtr gw mlah mrbet..n ????slny..klo dah d brshn..kdg..tkg bgkl g bgus msgx lg…klo d gnt z srgn flter..z gmn..da pgrhx g klo krbu g d brsh2n?slny gw mw jln jauh..rncn mw d srvs..gmn bgusny brow…??btw lu org mn brow?

  36. Brow tim ….stiap gw msukn gi2 n nurunn gi2 ko keras..pa lg netraln agk ssh…knp y??.mtr gw br 6bln,, br 2 x serus..? dr srvs prtm blm prnh..brshn karbu??g p2 tu brow…slny gw rgu..nti mtr gw mlah mrbet..n ????slny..klo dah d brshn..kdg..tkg bgkl g bgus msgx lg…klo d gnt z srgn flter..z gmn..da pgrhx g klo krbu g d brsh2n?slny gw mw jln jauh..rncn mw d srvs..gmn bgusny brow…??btw lu org mn brow?

  37. @Dany
    sory baru bales,. FU baru emang suka gitu, tapi sudah coba ganti oli belum? soalnya kalau oli standar pabrik memang membuat perseneling agak keras,. kalau sudah ganti oli tapi mindahin gigi agak susah, itu ada yang kurang beres,. untuk netral sih wajar kalo agak susah, soalnya gigi di FU itu sudah sangat rapat (makanya perlu oli yang encer), sehingga kadang-kadang kalo mo dinetralin musti di maju mundurin itu motor sedikit.. tambahan lagi kalo servis mendingan itu karbu ikut dibersihkan juga,. makanya kalau servis coba pilih mekanik yang kira-kira ga sembarangn dalam memperlakukan motor,.
    kalau untuk saringan filter oli ga perlu tiap ganti oli ganti filter, ya kira-kira kalau udah terlalu banyak gonta-ganti merek oli gitu he..he..
    trus kalau mo kenal lebih dkt liat aja di FS q ya!! 🙂

    salam

  38. @Dany
    coba pake shell VSX,. atau agip syntetico tapi harga lumayan mahal..
    “pake oli selain standr bikin mesin rusak” wah ga bener tuh,. itu kemakan iklan pihak pabrik.. justru oli non pabrik memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan oli pabrikan.. coba aja rasakan perbedaannya bila memakai oli std pabrik dan oli non std pabrik.. (ini pendapat pribadi nih!! 🙂 )

    salam

  39. @Dany
    harga di rentan 30 rb,. trus kalo yg syntetico dulu pernah nyampe 60 rb an.. tapi lumayan awet bisa nyampe 5000 km baru ganti..
    kalo jadwal penggantian standar si sktr 2000 km. tapi kalo pake yg bagus bisa 2 kali lipatnya.

    @sensmantaf
    ya bisa, tinggal di kipasin aja dengan sabar didepan itu motor sambil jongkok,. ya lumayan melatih kesabaran ha..ha.. (bcanda bro, piss 🙂 !!)

    salam

  40. Brow..gw blm pk sklarx..,?stiap gw hdpkn kmtk idp truz?mg bros aki bgt y brow???,klo pk sklr…d trok dmn bgsx?gw dah pk oli sintetk enduro4t racing..iy tmbh enk..??mslny ssudh jln jauh….bgsx tkr oli taw ttp mnrt km aja brow?gw mw mdk ney?

  41. @Dany
    Fu gw jg ga pake saklar enak-enak aja tuh, meskipun nyedot aki tapi ga terlalu besar karena arus fan komputer itu kecil. sudah setahun ini belum tekor nih aki.
    kalau pake saklar biasanya di handel sebelah kiri dekat swtich lampu.

    trus untuk oli mending ga ganti-ganti, karena nantinya sisa oli yg berbeda tercampur,. tapi kalaupun mo ganti-ganti, harus ganti juga filter olinya.

    salam

  42. untuk yang masih reyen FUnya mending pakai shell advance sx4 itu premium mineral oil,,gw udah coba pas reyen motor gw,,hasilnya enak banget dan meredam panas lebih baik dari oli SGO,lagian juga kan shel itu ada aditif detergennya jadi bisa bersihkan gram2 mesin sisa hasil reyen motor..

  43. Brow…bli pelk fu yg asl mahal ga brow..gw jth truz pelk gw speleng/oleng gt dech?bgusx d press lg…taw bl br???swry gw br plg mdk…jth..mtr gw..hik2z..???klo…bli body asli…..d szk..ad g???klo da yg mw lelang..gw siap bli….

  44. @edi
    wah pas cuci pake steam juga di semprot tuh kipas, tapi ga mati kok..

    @Dany
    lumayan muahalll tuh…. untuk pelek depan yang asli harganya 800 rb, trus pelek belakang 870 rb.. jadi kalau beli 2 jumlahnya…!!! mahal kan. 🙂
    salam

  45. Klo pelk biasa….gmn??tmn gw da yg sran…pk velk jari2 z bs..???gw pgn bli yg jari2x ga rpt jd lbh mdis??d tgg pndptx..?thanks jbrow?

  46. BRo mau tanya nee…..aku baru beli satria f,cara inreyen yang bener gimana y?…soale dim buku panduan ga jelas….thanks bro

  47. @kabuto
    selain dari jack di atas, kalaupun mau dibawa jalan coba dengan kecepatan konstan (contoh 20 / 30 kpj). sehingga bagian2 di dalam mesin mulai bisa beradaptasi dan bekerja dengan maksimal..

    salam

  48. hey satria mania, gw mw nanya dnk….. waktu gw abis cuci motor gw sore2 sblm mgrib trz pas besokan nya gw idupin to gag bisa nyala sama sekali. ud gw cek smuanya busi, kabel2, karbu, CDI nya jg dan ternyata fulsernya mati n gw akhirnya gnti fulsernya… to kenapa ya ko tiba2 fulsernya bisa mati sendiri??? gara2 gw abis cuci itu. pdhl sblumnya gw abis betot sm viksion….
    sory gw msih awam sam motor… thanks

  49. @adi
    sory ga konek he..he..
    oil cooler bs diganti kok dg yg baru.. cuma harganya ga tau, blum nyoba sih.. tpi sbagian biker mengganti oil cooler FU dg FXR. ukurannya lebih besar ke bawah sehingga pendinginan lebih baik. tapi harus sedikit dimodif dudukannya.

    @hariez
    kalau smua udah d cek g ada kerusakan, berarti emang fulsernya yg udah soak.. ingat bro udah geber2an lwn vixion trus dicuci.. udah panas kemasukan air konslet dah..

    salam

  50. @Amsus
    bisa di bore up, or ganti noken as (chamsaft racing) tapi itu ga dikorek sih. klo di bore up diganti ukuran pistonnya dg yg lebih gede, jadi otomatis siilindernya dikorek.. (digedein)

  51. waduh… makasih banyak atas infonya…tapi aku belom konek sama jwbnnya…tapi apa efeknya ? apa bisa tambah ngacir tuh motor?

  52. @Amsus
    namanya bore up pasti lebih ngacir bro.. malah ada yg bore up pake piston scorpio yg 225, berarti di rentang 250 cc tuh FU.. tenaganya gila… tapi bensinya jg gila borosnya he..he..
    – mending standar aja bro Piss he..he..

  53. wuih…gawat…
    bro…aku mau ganti karbu pake SP 28, cuma katanya jangan pake spuyer yg asli tapi ganti dengan pj/mj 38/120.
    Tapi udah putar2 gak dapet yg spec nya kaya’ gituan..
    yang dapat masih mj doang itu pun yg 128..pj nya masih 42.
    Terus apa sih bro bedanya kalo pake pj/mj yg lebih gede ukurannya? Thanks atas infonya..

  54. @Amsus
    Penggantian pj n m ke ukuran yg tidak sama dg standar dimaksudkan untuk menemukan mana setingan spuyer yang terbaik,. sehingga kucuran antara bensin dan udara itu pas. nah ini yg membuat tenaga motor di akselerasi dan topspeed mudah tercapai.

    @Bodong
    Oh bisa,.. ntar tinggal jalan2 trus angkat tangan sebelah di perempatan lampu merah,. pasti masuk tipi n jadi selebritis di acara sergap bang napi he..he..
    cnda bro piss!!

    salam

  55. @Amsus
    kebanyakan yg udah pake karbu PE itu untuk MJ tetep pake 120 nah untuk PJ nya biasanya ganti lebih besar ukuran 42. katanya topspit bisa nyampe 145.

  56. thanks bro..tapi dah di coba pake MJ 128 dan PJ 52 abis gak ada yg lain udah keliling2 lagi…
    Tapi pas di coba masih gigi 3 aja udah serasa mo terbang2 gitu..tapi suka nyendat2 gitu apa karena cdi sama knalpot belom di ganti kali yah….

  57. @Amsus
    bisa jadi juga… karena kucuran bahan bakar sudah besar tapi tidak diimbangi dengan saluran gas buang yang bebas (freeflow) ya bisa tersendat.. kalau digambarkan (maaf ya!!) kayak orang yang mules, mampet.. gas di dalam udah banyak tapi keluarnya susah,, nah pas keluar langsung duaarrrrrr!! he..he.. gitu.

  58. bro otim klo mao ganti pilot jet yg enak brp?karbu msh standar…,trus ko klo ganti CDI yg dual band di msin jadi kedengeran terk2,kyk yg salah masukin gigi..

  59. bos lam knal>>>>

    bos kopilng satria fu ko sering kendor,,pa lagi sy sring jln jauh cpe deh kencangin terus!!! apa nya tuh ko sering kendor?? sama untuk personeling giginya agak keras udah di kencangi rantainya tp ga lama keras lagi!!! da solusinya ga???

    oya gmna dunk cra membuat saklar ke fun??? thanks yoooo!!!

  60. bos lam knal>>>>

    bos kopilng satria fu ko sering kendor,,pa lagi sy sring jln jauh cpe deh kencangin terus!!! apa nya tuh ko sering kendor?? sama untuk personeling giginya agak keras udah di kencangi rantainya tp ga lama keras lagi!!! da solusinya ga???

    oya gmna dunk cra membuat saklar ke fun??? thanks yoooo!!!

    oya tolong blsnya ke email saya!!!

  61. @nicenicekk
    -biasanya PJ bt karbu standar bisa pake 15 or 17,5 (standar smash dan shogun).. suara brisik dari mesin itu bukan karena CDI, biasanya karean per tensioner keteng yang sudah kendor tuh… coba aja dikencangkan lagi tensionernya.

    @RIZAL
    coba liat setelan di handelnya, apa udah kencang or masih kendor.. kalo masih kendor kencangkan aja setelannya (diputar ke kanan) sampe habis dan menekan penuh..
    – nah perseneling gigi agak keras, coba ganti olinya dg yg kekentalannya 10/40w. tapi emang sih perseneling FU apalagi gigi 1 susah netral. itu bukan rahasia umum lagi.
    – bikin saklar ntar via e-mail ya..

    salam

  62. oli mesin kl da duit pk motul 5100 10/40 ato oli yg sejenisnya yg full sintetis,,,,
    kl minyak rem yg penting perhatiin DOT nya bos d tutup master rem kn ada keterangannya tuh pk yg DOT 4 jg cukup trus pilih yg dikemasannya ada tulisan “neutral” artinya bs dicampur dgn minyak rem lain merek asal DOT nya sama

  63. Kapok DaH pake Stria F!! gara2 Mogok mulu7 kala panas! -_-”
    Tp mudah2han bisadibaikin !!!! hehehehe
    doakan yah! supaya bisa Baik mtrnya!! ~_^

    1. @Bayu
      coba ganti PJ nya, ke 15 or 17,5. kalo masih standar trus mesin panas ya mogok. bensin kekeringan jadi ogah hidup tuh mesin. slama ini cukup ganti PJ udah ok, bahkan dipake geber skalipun. mudah2n cpet smbuh motornya,

  64. bang.. gw mau tanya.. gmn caranya rayen mesin FU dr 0km – 500km yg bener.. biar tarikannya bisa maksimal n kenceng abiisss…. tolong jawabannya…

    1. @artanto
      inreyen yg baik mnurut gw sih y itu motor dipake jalan dg kecepatan konstan, karena pernah kejadian tmen gw bli FU baru trus smalaman itu motor dihidupin eh tak taunya itu kamps koplingnya gosong. in berarti FU itu cpet panas makanya butuh pendingin (kalo pake kipas mah g apa2 bro).
      nah buat referensi silahkan liat artikel blog tmen gw

      CAra Inreyen Motor yang Baik (SATRIA FU 150)

      salam

  65. maap bang, tp gw masih kurang paham maksud dr artikel yg di kasih di bagian “Ada 2 buah Tips yang bisa dilakukan semasa Inreyen” nah artikel yg itu yg gw blm paham…

    bang, ada perbedaan antara satria fu 150 thn 2006, satria fu 150 thn 2007, satria fu 150 thn 2008, dan satria fu 150 thn 2009… ada bedanya gag..??
    klo ada, pada bagian apa saja..??

    tolong di blz ya bang.. thx

    1. @artanto
      gini aja deh, kalo mau inreyen jangan sampe didiemkan smalaman itu FU, mending dipake jalan-jalan tapi dengan kecepatan yg konstan, minimal 30 sampe 40 kpj. jangan sampe digeber dulu. dengan cara ini smua bagian mesin yg masih baru bergesekan akan cepat beradaptasi dan mendapatkan sirkulasi yang sesuai.
      sbenarnya satria ckd mau yg dari th 2006 sampe 2008 itu g ada perbedaan yg mencolok paling cuma ganti stiker aja, beda dg satria cbu th 2005 yg frame silver itu ada bedanya. (cbu g ada elektrik starter), trus kalo yg 2009 beda banget (meskipun dikit2). mulai dari batok, fitur econo ride, mufler, segitiga atas, behel, plindung master blakang dll.

  66. klo kecepatan konstan nya di atas 40 kpj gmn tuh bang..??
    misalkan 60-80 kpj gitu..??
    tarikannya bisa jd pengaruh gag..??
    gw takut motor gw ujung2nya gak bs buat lari kenceng…

    blz bang..thx

    1. @artanto
      wah inreyen kecepatan 60-80 kpj itu mah ngebut bro he..he.. 🙂 . gini aja kalau minimal seharian sudah inreyen maka itu motor sudah mulai aman dibawa agak kencang dikit. gpp, asal hati2 di jalan ya bro.. piss!!

  67. SATRIA FU 150,EMANG ANDALAN GW….GW YANG BARU SMP KLS 2…TELAH MEMPUNYAI SATIA ITU….

    SUMPAH,EMANG SATRIA YANG NOMOR 1 DI DEPAN,,DI ANTARA LAINNYA..!!

    1. @tokolan
      ti tabloid M+ satria yg bore up 218 cc nyampe 160 lebih, speedo mentok di 160 kpj nah gas masih ada. kalo yg standaran skitar 134-135 dapet tuh. tapi itu dipengaruhi banyak aspek bos, jalan, angin, rider dan kondisi itu motor.

  68. hemmmm…mau nanya nii???

    bnr bisa ngedinginin mesin ???

    tmpt oli cooler pke kipas angin???

    karna FU saiia baru d ajak muter2 dikit ajah

    panas nya minta ampun pa lagi kalo lagi ujan mesin kena aer huffff kaya yang kebakaran . . .

    thx ia . .

    1. @gifar
      coba aja klo pnasaran. bnyk yg udah make kok. tapi mending ditambah saklarnya. jadi pas lagi macet atau lagi butuh angin y tinggal nyalain.
      @ghulam
      nah klo kmasukan air jg tetep masih jalan tuh kipas, malah motor gw di sembur pake steam tetep ok tuh kipas, tapi mending kalo lagi dimandiin y ditutup pake plastik. nah kecuali kalo lagi ujan.
      @aziz
      ini masalah buat fu riders smua, yaitu oil cooler bnyk yg penyok2 kisi2 almunium pendinginnya. ini dikarenakan bahan yg sangat lembek. sehingga terkena angin yg agak gede pasti ada yg bengkok2. untuk mengatasinya agak susah, soalnya kalo ditutup lagi dg pelindung cooler, maka proses pendinginannya jadi tidak maksimal. tapi kita usahakan saja itu oil cooler tidak kotor.

  69. bos kalo fu yang 2005 sama 2006 itu kira-kira perbedaannya gimana.. performa mesin bagus yang mana antara 2005 dengan 2006 dan 2007.. kira-kira bagus yang tahun berapa ?? minta penjelsannya ya boss thank kyu

    1. @tokolan
      yg paling kliatan bedanya FU th 2005 (CBU) rangka silver, g ada elektrik starter, striping juga. lainnya sama. nah klo th 2006 keatas rangkanya hitam ada elektrik starter,. klo soal bagus atau nda ya keduanya juga sama bagusnya.

  70. mantap juga pake fan…klo gw pake KLAKSON SIRENE POLISI, apa dapat bikin DROP AKI??? klo dipasangi RILAY apakah AKI ngga gampang drop???

    1. @didocobain
      boleh kok ditipisin lagi, tapi sayang bro.. mending beli yg after market ajah,. tapi kalo masih tetep pengen ditipisin lagi maka itu noken harus di hardening lagi biar OK.

  71. ditipisin gmn om ??
    di bubut lagi…?

    boleh aja ko tp kan sayang
    mending daripada bubut
    beli yg speknya emang uda racing
    kn uda banyak

    ada

    Kitti
    WRD
    CLD
    NMF

  72. buat FUnya yang sering kepanasan ada beberapa sebab
    1. pj standart terlalu kecil wich is campuran bensin terlalu sedikit terhadap udara sehingga suhu mesin terlampau panas, kenapa?? karena jjika campuran tidak pas maka busi / pembakaran tidak mencapai suhu yang pas (terlalu panas karena bensin kedikitan,,terlalu dingin kebanyakan bensin / mberebet)
    solusi :
    – ganti PJ dengan yang lebih gede,,jangan takut jika mesin menjadi boros,,karena dengan settingan yang pas justru konsumsi bensin akan berimbang dengan cara pemakaiannya. dari beberapa pengalaman empiris teman2 yang sudah ganti,,PJ 17,5 lebih banyak dipilih daripada yang 15,5
    – klo gak pengen ganti PJ / pakai PJ standar bisa dirojok PJnya,,ukurannya apa??,berdasarkan hasil coba2 gw coba dirojok pake satu helai kabel kopling (satu kabel itu untaian dari banyak helai kabel) sampe bisa nembus ke ujung PJnya,,inget jangan terlalu nafsu klo mo ngerojoknya karena klo kegedean malah gak bisa disetting,,setelah selesai dirojok bersihkan sisa2 rojoknya dengan cara PJnya direndem bensin terus ditiup2 sampe keliatan di dalemnya udah gak ada serbuk2nya lagi

    2. oli tidak mampu meredam panas,,ya tidak ada cara lain selain mengganti oli dengan ketahanan terhadap panas yang lebih tinggi,,ohya kita tidak bisa serta merta membuat asumsi bahwa oli tertentu lebih pas,,karena perlu disesuaikan dengan iklim di kota sampeyan dan cara lain ya tambahin kipas seperti di artikel ini hehe

    mudah2an membantu

    1. @aji
      ditunggu y,. skrang kerjaan lagi lucu-lucunya,. jadi blum sempet nih!! tapi klo punya artikel tentang FU yg mau dibagi silahkan kirim ke imel y!!

  73. bro mo nanya nih..
    FU 9w Qo klo msn dingin suara’a halus..
    nah pas dah panas jd bunyi kretek2 gt..
    bntuin 9w dong bro itu apa’a..
    oia 9w dngr2 klo gnti per tensioner’a za itu bs awetin rantai keteng ya ??
    bnr ga ??
    mohon dijawab secepat-cepat’a…
    hehehehe…
    thx ya ??

  74. bagai mana mengatasi curanmor untuk satria 150 FU, karena di kota saya tinggal satria 150 FU jadi langganan maling..?sebulan rata2 7 satria 150 FU udah di embat maling…?keamannan yang kurang di perhatikan oleh vendor…dan maling semakin pintar….

  75. Bro,g pengen tanya dong.
    knp ya motor g suka bunyi tek…tek.tek dari bagian stasionernya ap emang udah harus diganti ya??
    Thgs

  76. bro tolongin dong
    kalau ada yang punya artikel tentang skema jalur
    kabel untuk pemasangan lampu depan,klakson,lampu jauh dekat dll
    di dalam Batok FU
    tolong di angkat ya bro di sini

  77. allow smuaa…
    numpang tanya donk satria f ku sudah mulai tidak nyaman lg..
    awal mulanya satria f ku ngadat, ketika mau di hidupkan piston lengket dimasukin gigi ga bisa n di netralin jg ga mau walhasil mesti masuk bengkel..
    udah dibengkel gw suruh ganti piston+ring-nya katanya cekat..
    setelah diperbaiki ni motor dah kembali normal seperti biasa tp setelah tiga hari malah suka nembak gitu ntu motor ampe di sangka org motor gw kebakaran karena sewaktu nembak ngeluarin percikan api yg lumayan(mirip nos).
    kemaren dah di ganti busi,kepala busi, spuler magneto.
    udah di ganti semua msh kaya gitu juga…
    sekarang dah ada 4 hr lebih ntu satria nginep di bengkel BERES suzuki martapura kalimantan selatan…

    pusing uey….

    ada yg punya solusinya?..

  78. mo nanya nih gan..
    SAtria Fu gw masih standart semua.kapan hari w coba topspeed cm ampe 110km/jam,gas mentok gigi mentok.
    da saran gak buat oprekan harian ja,apa nih yg mesti di ganti ato d setting?kalo knalpot d tmpt w sring razia.

  79. @arul

    untuk urusan karbu cuma ganti spuyer aj, yg lbh gede dengan ukuran 17,5. klo untuk pengapian asalkan aki masih seger ga perlu ampe ganti busi yg platinum atau pake knalpot racing,ntar klo dah di ganti minta stel karbunya biar kenceng sama mekanik BERES-nya suzuki, pasti ajip deh..

    biar nyari top speed satria enak shock depan mesti di turunin sekitar dua jari biar ga melayang dan ukuran ban enaknya di gedein biar bisa lebih ngegigit pada saat di geber abis-abisan.
    dan klo bisa dicoba pada saat gir dan rantai masih baru belum ada pengencangan, biar tenaga ga kebuang pada saat penarikan roda.

    satria fu gw yg masih standar waktu itu bisa tembus sampai 152-153kpj tp gw ga berani lama2 dikecepatan segitu soalnya kasian mesin takut kasnya jebol wkekeke..

    dan klo mau nyoba ada sedikit saran nih,
    pada saat posisi gigi satu lalu ke dua dan tiga cari kecepatan sampai 75kpj setelah itu ke gigi 4 sekitar kecepatan di 120kpj walau pun ngeden istilahnya biar di gigi 5 enek nyari 142kpj dan di lanjutin di gigi 6 sampai top speed.

    biar ga kehilangan konsen jangan pakai helm halfface karena bisa menekan ke hidung dan menyusahkan pada saat itu jd bagusnya pakai helm fullface,
    dan kalo udah di atas 100 usahakan badan kita mulai menunduk agar responsi motor tidak tidak tertahan.

    klo gw di banjarmasin karena tempatnya emang hampir semua trek di jalan sini lurus n jarang ada polisi jadi gw ga pake helm(bukan untuk di tiru)

  80. @ Night Kids
    Kye dlm kondisi standar pabrik FU g mkn segitu larinya…harus ada perubahan di beberapa sektor..mkn gr2 sering diajak ngebut n perawatannya kurang jd sekarang mtrnya ngadat..kl dilihat awalnya mtr ngadat apalagi piston lengket n susah pindah gigi mkn penggunaan oli yg kualitasnya kurang bgs or telat ganti oli.cb pk oli dgn Viskositas 10-40 / 10-30 kl srg diajak ngebut tu mtr..sbnrnya msh blm perlu tuh ganti piston cz silinder FU lbh keras dr silinder mtr bebek biasa.kl mslah knalpot nembak biasax dari setelan karbu yg kurang bensin atau jg bisa pengapian ada yg gak beres..biar busi dah ganti tp msh nembak mkn koil or CDI hampir mati cz setrumnya dah kecil…cb ganti busi TDR ballistic ky punyaq.enak buat ngebut..waspada m busi rekondisi

  81. kLo pengalaman 6w seh knalpot nembak lebih sering gara2 setingan karbu n sistem pengapian da yg ga beres..

    @Bamz
    TDR ballistic itu trmasuk busi racing pa bkn bro..?
    truz harganya brpaan..?
    klo d bandingin NGK platinum bagusan mana..?

  82. @Touru
    Bukan busi racing tp bs dikatakan semi racing cz msh cocok bt harian.kl yg bt full racing jg ada dr TDR, tp mubazir kl bt harian.tktnya cpt mati.jg bkn dikategorikan busi dingin spt Denso Iridium..lgan kelebihannya jg self cleaning artinya bisa bersihin kerak di elektroda busi dgn sendirinya.itu kt sponsornya..hrgx kl dtmptq 35.000,mkn ditempt lain bs lbh murah..maklum di daerah..tp emang setelah q cek emang elektroda busi ttp bersih setelah dipake..tp tmnq punya pengalaman m Jupie MX nya yg udah jd mtr Drag..ktnya klo pk TDR Ballistic hrs pk Pertamax, kl pk premium elektroda busi bs hancur..y mkn ada bnrya jg cz gejala knocking..kl m NGK VX Platinum mkn sama bgsnya tp dari segi harga lbh mrh NGK VX..

  83. owh gtu ya…
    iya jg seh,,sayang jg klo busi racing d pke hrian…
    bro bamz,,klo TDR Ballistic d bandingin ma busi std bwaan FU apa jauh..?
    performa yg d rasain bro bamz gmn..?

  84. horee motor kesayangan gw dah balik…

    @bamz
    bisa boss.. walau pun satria fu masih standard asalkan semua udah satu paket dari thailand alias built up dengan warna merah-hitam(soalnya punya gw yg ntu,jiakakaka….) thn 2004, bisa di ajak ngebut yah walaupun gw nyoba-nya ga satu atau dua kali doank untuk dapetin kecepatan segitu.

    nih gw ceritain riwayat hidup motor Satria FU kesayangan gw dengan nomer plat DA 3533 BV.

    awal mula gw telpon dari dealer suzuki sekitar jam 19.00 wita pada tanggal 5 januari 2005 dan transaksi di lepas dengan harga 19jt dengan harga yang udah di up 1,35jt(klo ga salah harga standar di RP. 17.650.000)cash dengan keadaan siap pakai tp bensin cuma dikasih 1 liter dan sudah terlihat ada pemakaian 0.8km kata salesnya itu dijalankan pada saat dari petikemas kehanggar beacukai untuk di data.. ,setelah keluar plat kurang lebih 2 minggu langsung gw pake tgl 19 januari 2005…

    emank tempat kerja gw rada jauh dan kerjaan gw emank dijalan,gw biasa bawa motor pada saat berangkat dan pulang selalu di atas 100kpj, dan itu belum termasuk klo di jalan ketemu sama musuh yg ga sengaja ngajakin balapan. biasa tembus 128kpj pada awalnya hingga tembus 152-153 kpj dari settingan dan perawatan anak2 suzuki rahmat motor bajarbaru dan martapura.
    gw kerja di telkom sebagai teknisi speedy di banjarmasin, rumah gw dr tempat kerja untuk pulang pergi aja udah 80 km/hari+kerumah pelanggan yg ada kerusakan pada speedy-nya dan itu memakan bensin 10 liter/hari (yah lumayanlah)..

    jadi jangan salah klo gw pernah nyobain satria dengan sebegitu ganasnya, karena di banjarmasin ga padet kaya dijakarta khususnya pondok gede bekasi(bekas gw tinggal dijakarta dulu,wkekeke…).hampir satu tahun gw udah harus ganti gear+rantai satu set, di tahun kedua gw di haruskan mengganti rantai kamrat kata orang banjar atau rantai keteng klo di jakarta sana.
    tp klo gw jelasin semua bisa ga abiz2, untuk gear satu set+ban gw dah ganti 4x, rantai keteng/kamrat 2x,spuyer 15,5mm menjadi 17,5mm jd 2x perubahan, spuler 1x karena pengapian sempat hilang, spuler dan magneto satu set 1x,piston dan ring seher 1x, aki 1x,busi sekitar 6x,kepala busi 1x,soal knalpot gw dah ganti sampe 5 kali tp ga ada yang cocok selain bawaan yg aslinya.

    yg pastinya pengalaman satria udah gw rasain semua,,,

    __________________________________________________________________
    kemaren satria gw mati karena selang dan karet vacum udah tua selain itu di settingan karbu jg udah ada yang harus di ubah dan akhirnya demi hidup-nya ntu motor untuk ISO tentang filter emisi gas beracun harus di tanggalkan karena filter untuk penyaring-nya(lupa namanya) harus ditutup..

  85. @ nights kid
    OOO gt..FU Thailand n msh baru y..? ya klo gt mkn bs jg..wah sehari 10L kl q bs bangkrut tuh..Fu q jg BU th 2004..gue dptnya th 2008 kmrn kondisi seken wkt dicoba d jl raya agak rame cm mentok 135km/jam z…tp mkn bs lbh y kl jalanan sepi ky disna..ngurut gasnya bs lbh halus lg..syukur deh kl FU nya skrg dah sehat..

  86. @Touru
    kl m busi std mah ya enakan TDR ballistic..perubahannya waktu dpk ngebut trs2an..kl busi std wkt putaran atasx mbrebet tp kl TDR msh bs trs..sbnrx pgn nyobai NGK VX bt FU tp disini gak ada yg jual…adanya bt bebek biasa..mtr supraq pk NGK VX n lbh enak drpd busi standar pabrik..mdgan bli busi yg aneh2 z biar gak dpt yg palsu…btw mtr bro dah dimodif y?

  87. @Bamz
    wah 6w baru denger tu NGK VX,,VX di atas pa d bawah platinum..??
    Bro bamz sndiri tw ga harganya NGK platinum..?
    ah en69a,,FU 6w masih STD koq,,
    palingan cm bru ganti knalpot, Footstep, pengapian ma ban aja…

  88. bro.. Kira2 Fu bisa ga dipasangi indikator suhu mesin selain melalui penutup oli?
    Kyk mtr ninja ato Cbr itu lho..
    Udh googling ga nemu2..
    Ada yg tau ga bro?
    Klo ada yg tau posting ke imelku ya.. geafry@gmail.com
    Ato lwt blog ini jg terimakasih klo ada yg mw bagi info..
    Btw Fu-ku thn 2009 yg kpala bsr.. Msh Standar cm ganti pj 17,5 + ban tubles dpn blkng.. Thanks y infonya bro..

  89. @ Touru
    lo NGK VX kn Y NGK Platinum…apa mkn ada yg lain ta? soalnya dibungkusnya tulisannya NGK VX Platinum..elektrodanya lancip sm dgn Denso Iridium…ditempatku hrganya 22.500…sm ky FU punyaq cm ganti Knalpot Pengapian fotstep n Ban, pgnx lbh seh modifnya tp terbentur m regulasi..mdg modif yg gampang2 z jd klo pgn std lg g repot..btw bro dkota mana? kl q di banyuwangi..

    1. coba liat di artikel raider yoshimura edition, klo g salah ada komen yg ngasih link buat ngliat temp msin.. lupa lagi he..he..

  90. @ Bamz
    owh sama ya ternyata,,he..he..he..
    Qrain beda..
    wah tu bneran harga platinum 22.500..?
    brarti lbih murah dr ballistic donk..?
    iya neh pengennya seh d modif lg,,tp masih d pke harian seh,,jd d usahain hrz ttp nyaman klo jln jauh..
    slaen itu fktor dokatnya uy ga da..
    he..he..he 🙂
    6w tin69al di Bogor bro…

  91. belum dapet bro..

    pengen masang indikator suhu di satria jd tau berapa kisaran suhu mesin n tau kapan mesti istirahat di jln, coz gw sering nglayap jauh bro..

  92. haii bang..
    gw mau tnya nih..

    klo satria yg 2009..
    knalpotnya kan ada embel2 warna item gitu..
    klo itu di lepas bs gag ya…??
    trus ada pengaruh gag ya…???

    “thank you”

    1. Anjing lw Budz ngatain gw gak mampu beli !!! Lw tuw yang gak mampu beli ye ?!!! Lw baca donk coment-coment di bawahnya yang atas nama gw !!! Motor Gw tuw Satria F15O Tahun 2005 buatan Thailand asli dan hargannya tuw lwbih mahal daripada New Satria F150 yng kyak babi !!!! Ngerti lw TAI ?!!!!!!!!!!?!!!

    1. saya malah disemprot pake steam motor,. gpp.. tapi bt jaga2 mending jg sampai kena air deh brader ^_^ tau sendiri kan klo listrik kena air…

  93. bro, masi bumpet ni bkin dudukan saklar fan..
    ga mudeng nehh….

    oie, FU 2005 jadi susah di nyalain th knapa ya om???
    thnx mas bro smua

  94. mpe’ skrang q lowm ngerti ne gmna msang kpas na. . . .
    bsa di jelasin scra rinci dong. . . ??
    Pliz rep k email q z y. . .
    dah 4 bulan ne q cba. . .
    tpi g’bsa2. . .

  95. cuy mo tanya neh…

    1. motor fu gw k’lo da pnas swara mesin na rame amat, kira2 tuh suara dr mn ya..?

    2. gw dah pnya satria FU 3 thn an, dan ntu gw dah 5X ganti tensioner krna rusak, biar ngawetin tensioner gmn cr na ya..?

  96. cuy mo tanya neh…

    1. motor fu gw k’lo da pnas swara mesin na rame amat, kira2 tuh suara dr mn ya..?

    2. gw dah pnya satria FU 3 thn an, dan ntu gw dah 5X ganti tensioner krna rusak, biar ngawetin tensioner gmn cr na ya..?

    1. ya dari tensionernya yg kendor,. coba pake dlu oli yg agak encer lah…

      nah 3 th dh 5 x gnati tensioner banyak bner bro,.. saya aja dh 4 tahun masih std… kyknya ada yg g beres dg itu tensionernya. di cek lagi brader…

      1. bro …..
        mw tnya shockbreker buat fu yg bgus merek ap ……?
        and karburatornya yg bagus pe 28 /pwk 28…?
        klo pke koil blue thunder ama cdi dualband teneganya knp gug muncul ……..?

  97. Satria 2009 jelek banget, palannya kayak babi !!!! Bgusan FU yang lama ! Hidup FU150 1 Bukan FU babi !

    Ada yang tahu harga Busi Denso Iridium gak ?! Trz kl PJ FU gw diganti 17,5 kira-kira 1km hbz brp liter ?! Cz gw dh gnti pke PJ yg 15..
    Blez bos…

    1. bisa,. tapi ingat yg ke aki yg kabel warna merah aja,. warna hitam itu masa, jadi mesti ke baut bodi atau apa gitu.. (jg beradu dg rangka motor, karena ntar konslet) dan kabelnya musti agak panjang n musti pake switch lagi,. karena kalau langsung kan ntar nyala terus,.

      1. Bos, dah terima emailnya, thx ya.
        Ada yg ditanyain lagi nih, bedanya body ama rangka apa ya bos?
        Bukannya baut body itu masih nyambung juga ama rangka? Hehehe, gak mudeng saya

      2. body itu istilah lain bajunya,. nah kalo rangka itu tulangnya… kalo cuma ke baut meskipun nempel m rangka g masalah kok,. yang penting itu kabel jangan sampe kena langsung ke rangkanya.

  98. bos,,abis motor gw abiz dicuci kok lampu lednya jd gx nyala ya ??
    rada-rada redup gtu..

    trus klo lampu lednya gw ganti jd 1 warna gmn caranya,,klo gw kasi ntu lampu pake sakelar gmn ??

    thank’s..

    1. bisa aja ada air yg nyelonong masuk ke kabelnya,. sehingga membuat arus listrik terhambat, atau bisa jg itu aki sudah soak.. mending cek dulu deh brader..

      kalo soal lampu led, sy blm berani ngasih solusi, soalnya masih blum faham..

      1. bro,,,kipasnya gw coba ganti pake kipas bwt pendingin laptop anginnya tambah kenceng.
        pdahal yg kipas sblumnya 12v dc, yg skrg 5v dc.
        tu gmn bro ???

        ngaruh gx ??

        thanks brother….

  99. Bro Otim, aku mu tanya nih, sebelum pergi ke bengkel. Suzi New FU 150ku pada umumnya ga ada masalah top speed nya jg cukup mencengangkan mampu 140 km/jam lbh, tp kadang2 klo dalam pengoperan giginya dihentak abiz terkadang seperti yang ‘sliiip’ mengeluakan suara sperti rantai keteng yg menangis keras;) Selagi “Menangis” kemudian motor dilangsamkan lalu hilang suara itu dan kembali normal lg. Aneh, padahal kondisi mesinnya msh “perawan” (blum diapa2in)..Sob tolong beri alternatif jawaban dan solusi nya ya;)Thanks

    1. coba cek kampas koplingnya,. jangan2 sudah habis,. trus klo bisa perpindahan giginya lakukan dengan lembut, jangan terlalu menghentak.. kayaknya itu mis gear deh…

      1. Klo kampas kopling kynya engga deh coz motor msh anyar keluaran jan’09 masa udah abiz..atau apa krn cacat produksi? Apa setelan kopling dihandel tangan klo dikendori bs terjadi miss gear? Soalnya aku kendori biar bukaan kopling ga terlalu jauh..

    2. Satria f150 baru tuw kayak babi !!!! Bagusan FU yang lama !! Hidup Satria F150 bukan Satria F150 babi yang baru !!!!!!!

  100. om tulungin donk kmaren ane ru pasang krbu rx king tapi ko brebet yaa di rpm 5-6 ..pdhal mj udh pke 140 pj std king..oia busi pas di cek jg hitam banget ky kbnyakan bensin..smua keadaan mtor masi std…mksih

    1. itu bensin terlalu kaya,. tinggal seting agak kering lagi aja itu karbunya…
      kalaupun masih kyk gitu, coba MJ na ganti lebih kecil,. atau kembalikan lagi ke std..

  101. bos mau nanya nich…motor sy satria thn 2007
    motor pas d matiin ada bunyi klok,kira2apanya ya bos..thanks

  102. bos..mw nanya??
    motor saya satria fu 2008??
    motor saya tuch, klo udda panas suka ada bunyi klotrok di mesin kayak bunyi rantai gitu?? ittu knpa iia??? pha gak daa masalah tuh di mesinnya???
    thank”s

  103. bos mo nanya.
    fu gua tuch klo dipake ujan2an sering mogok. udah sering konsul ke beres tapi g ada hasilnya. kira2 apanya yah yang salah. ato perlu ganti sperpak kali ya….
    trims b4……..

    1. Saran gw mending Satria lw PJnya diganti pke PJ 17,5 trz MJnya ukuran 120 insya allah mtor lw gak bkalan mogok lagi trz abz lw ganti PJ m MJnya lw minta setting ulang tuw karbu stria lw m mkaniknya. Ok bro !!
      Hidup Satria F150 !!!! Bukan New Satria F150 yang kayak babi !!

  104. bro sekedar ngasi pendapat aja,, klo di oilcooler dikasi kipas gt hati-hati karena putaran kipas dalam kondisi motor jalan malah akan menghambat arus angin menuju oilcooler,, tapi klo dalam kondisi macet ato motor berhenti mungkin akan membantu mendinginkan oilcoolernya,
    kalau saya tidak berani masang karena masalah diatas itu,, yah itu sekedar pendapat saya aja,,
    tp setiap orang punya pandangan yang berbeda khan…

  105. ada yang jual fu 2008(batok lama) daerah bdg ga?
    kalo bisa tuker tambah ma scorpio 2003. badan ane kekecilan (165cm/48kg/0 pake scorpio nih , ,hehe.

  106. bro satria 150 FU gw sring rusak stelan keteng na….
    kt tmn gw yg mekanic slh satu bengkel, bagusasan pk stelan keteng punya smash or shogun kebo, biar awaet katana….
    coz kt dia stelan keteng smash n shogun pake per bukan baut kyk yg bawaan satria…
    jd stelan na gag bakalan brubah…

    gw mnta srn neh….

    yg bgs stelan keteng pake ap..???

  107. Sob..
    gua msi bingung soal nyambungin kabel fan comp itu…
    kabel merah kan disambung ke kabel lampu,nah yang gua bingung sambungin nya dmn…
    hehe…
    sorry gua msi terlalu awam soal motor ini…
    n_n

    Thanx

  108. Eh buat yg ngehina satria f 2009 jgn2 lu yg kaya babi!

    Eh bung kalo ente punya yg taun sebelum.a jgn ngehina yg baru donk

    Kasian yg punya fu 2009

    1. Lw tuw yang kayak babi !!!! Mana ada satria kepalanya aneh gitu kayak babi !!! Harusnya lw ngehormatin para bikers Satria yang lama yang udah lama dan tw seluk beluk tentang Satria !!!! Hidup Satria F150 !!! Bukan New Satria F Babi !!

      1. jaga omongan atuh ….
        FU lama ama yang baru tuh ga jauh beda…
        mesinnya ajah masih yang lama…
        cuma ganti kepalanya aja…
        mungkin anda yang BABI !!
        semua FU itu brother…
        ga ada yang salinhg ngejek FU lama maupun baru…
        ngerti !!!

        BFRC (BLUE_FU)

  109. mo jual satria f 150 warna biru putih
    kondisi masih seperti baru
    tahun 2007 bulan 12
    harga 13 juta.
    full orsinil
    jarang d pakai
    jika ada yg minat bisa hub sy di no tlp.081210642596 udin
    jakarta barat

  110. @r4k4
    Kalo saya c respect/hormat bgt ama rider fu yg baru ato yg lama (malahan sering nanya2 ama mereka)

    Temen saya aja yg punya fu 2007 g pernah ngehina kaya gt

    Nah kamu, tiba2 langsung ngehina kaya gt. Apa itu yg nama.a menghormati?

    Asal kamu tw aja, kemaren saya liat 3 cewe pake fu 2009 di daerah sekitar rumah saya.

    Cewe aja suka apalagi cowo!

  111. @ blue fu

    Makasi atas dukungan.a

    Btw jawab tuh p’tanyaan si dhani

    Saya g bisa ngebantuin dia (soal.a gw g t’lalu b’ilmu) hehe

    1. oke ….
      ngerti sesama FU ituh brother…
      ga beda mau FU dulu maw FU baru…
      semua sama…

      Fu’ers….
      itu sahabat….
      ga ada yang saling tarik urat kalo sama2 motor FU…

      Hidup FU…

  112. Lama, baru sama aja…..
    Berarti klo beda lo beda juga donk sama waktu lo muda!
    sama aja lo g hormati masa tua lo donk…
    hahahaha!….

    VIVA LA FU!!!!!!!!

  113. @ momotaro

    Saya bkan ngomongin hormat ga hormat motor.a

    Motor mah g tau apa2

    Tp lagi ngomongin kalo semua fu rider itu brother

    Jd pasti.a hrs slg menghormati

    Masa cma diliat mtr.a doang?

    Tp yg diliat itu rider.a

  114. mas,numpang tanya dnk….
    motor gw kan kmaren ganti piston sarang rumahnya….
    sejak ganti,jadi gak ada tarikan bro….
    begitu masuk rpm 4-5 ilang tenaganya….
    trus di ganti pilot z nya yang 12,5 diganti jadi 17,5
    apa ngak apa2 tuh????
    sejak di ganti jadi 17,5 tarikan ada tapi rpm 4 tetap agak tertahan….
    kenapa ya????
    tau ngak mas???
    thx b4…

  115. mw nanya ni, fu gw pake karbu 24 kotak. tpi semenjak ganti karbu knalpot kok berasep ya?? ktanya keborosan, apa bener?? trus efeknya apa ya??oya warna asepnya item.. mohon balasanya karna saya awam.
    thx..

  116. iya ok dhe.aku mw tanya satria kata’ny pakek premium g bisa tao gmna efek ny pada mesin kata’ny pake PERTAMAX.ksh komentar ny yha ok…

  117. ok dhe.kata’ny satria fu 150 new g bisa pakek PREMIUM??kata’ny arus pakeke PERTAMAX??N apa dampak ny kalo aku pakek premium ato pertamax ok tq bgt yha.

  118. ak pnya satria fu’08.. ak pengen larinya nambah,, tp dgn manfaatin brang2 standar,, gmana caranya yaa..? mhon bantuanya..
    skadar informasi ak cma ganti koil sma busi..
    trus klu fu di bka saringan hawanya bagus ga ya.. pengaruhnya ap..

    1. susah kalo mau naikin perform tpi cman ngndalin prk stndart, FU gw pke Rektor 1,5, karbu gw gnti pnya Rx king, pilotx jg gw gnti, cba aj…. emang ag’ bros lgi dri pda yg kmren, tpi gw jmin loe puas, Oiya, buat trikan pertma biar kontan, gw jg pke kitaco pxa, loe bkal puas klo ngikut cra gw ni, OK bro…

  119. om..,saya mau pesan cr krm y gmn ?
    trs mau tanya ring piston poring yoshimura ada jual egk
    kalau ada hbg di 085720567808 .atau di fb onays palbal

  120. bgus si…. tpi nd perlu, soalx tu cooler oli bkan radiator, kalo mau cpet dngin gnti aj karbon coolerx, park mesin FU gue jg dri karbon, jdi nd usah repot- dikipasin kaya gtu,

  121. hmmm….pnya aq ga pake kipas di oil cooler gpp tuh ga panas mesin..
    padahal aq dah ganti karbu pe28sp,knalpot standar di edit,cdi brt..
    gpp tuh..mesin tetap adem…

  122. fu q sering bngt cepet panas ,,,

    tuh knp y ???

    pokona fu q brmasalah ,,

    keren tuh kipas na ,pa lg klo mlm bsa nyala ….

    bli dmn tuh ??? ada yg jual g ???

    1. bro pake oli apa mangnya??
      masalahnya ap aj?ky gmna?
      d toko komputer jg banyak koq bro kipas begituan,tinggal pilih mau yg ky gmna

      1. Kira2 tu kupas Efektif nggak??? takutnya nanti bukannya ngurangin panas mesin, malah bikin Consleting lagii,.,.,

  123. bruther sekalian..
    gw bingung…
    motor FU gw abis ganti ring seher,stansioner keteng,..
    kok sekarang jadinya kalo nyala ada bunyi clek..clek..clek…
    kaya bunyi klep..kedengeran banget.. mungkin ga rante ketengnya dah harus ganti??? or ada masalah lain ya..???..mohon pentunjuknya
    BTW motor ane dah mo 5 taun

  124. posisi pasang fannya gmn,.
    posisi niup ke oil cooler ato posisi ngisap?

    trus klo kbel (+)(-) lgsung smbung ke aki gak jd mslh kan?

  125. salam kenal…
    om..tanya dong soal fan nya
    kalo pake saklar yg brp volt dan brp amper..??
    krn saya pke yg 220v n 3ampere klo posisi off dia panas trus mati…

    tolong pencerahannya…

    krim via email jg gpp om…

    makasih yua…..

  126. ide loe emang cemrlang bro….
    hbt bngt loe… bljr dmna???
    ntar goe coba di satria gwe….
    bnr2 hbt loe bro….

  127. slam knal bro,eh bro q mw tnx ktnx fu skrang thu larinya gag kencng kyax fu d bwh th 2008. .pa bner bro, . .thxs

  128. bos
    mw tanya ne
    biar makin ngacir
    tapi ubahanya g bikin kantong jebol,apa aja yg perlu d ganti
    tenkiu

  129. mas,, kalo buat FU baru yg batok gede kabel orangenya yg mana ya…???
    saya jadi bingung,,, soalnya ada beberapa kabel orange,,, ada juga kabel orange yg nyambung ke klaskon,,,
    mohon pencerahannya,,,

  130. lam kenal fu mania,..
    mas otim,.aq mau tau cara,dan peralatan apa aja tuk pemasangan kipas di oil cooler,..??
    aq udah beli kipasnya, tp kipas tuk hardisk,..nah tu gmna cara pasangnya,,.trus apalagi yg harus dtambahin alat2 nya???
    tolong ya mas otim,..

    salam

  131. bro, FU aku tahun 2006. tapi sekarang kilometernya udah mentok sampai angka 99999. nah, ternyata gak bisa otomatis balik ke 00000. aku servis di bengkel resmi juga dibilangnya gak bisa balikin. minta tipsnya dong bro…. coz merepotkan gak bisa liat jarak tempuh. terutama buat mengetahui waktunya ganti oli

  132. biar gak bermasalah sama kipas walau kena hujan atapun tuh motor dimandiin kipas harus dimodif, harus di cor pake sealent bagian elektroniknya, tapi jgn sampe kena bagian magnetnya.
    pemasangan menggunakan plat stainles ( anti karat )beri jarak sekitar 7mm antara kipas dan radiator bertujuan udara gak nembak kembali ke kipas karena terlampau deket. negatif ke bodi, positif ambil lsg dari kontak, biat kunci on can juga lsg idup
    nih ane dah pasang

    [IMG]http://img37.imageshack.us/img37/8886/sdc11185resize.jpg[/IMG]

    [IMG]http://img266.imageshack.us/img266/7792/sdc11194resize.jpg[/IMG]

    1. makanya bagian komponen elektroniknya di cor sealent yg buat lem akuarium biar gak bisa tembus air

  133. Bro…ane udah coba pasang fan-nya di fu ane. Tapi belum berhasil juga nih bro. Kipasnya gak nyala. Kirimin ane cara-caranya yang lebih detail lagi donk bro. ke email ane aja ya. Thanks bro…

    1. kipasnya rusak gak bro? listriknya 12 volt gak???
      masangnya simple. kan kabel kipas ada 2 hitam dan merah.

      yg hitam itu ke bodi motor yg penting besi, kalo ente tempel lsg ke radiatornya gak bakal nyala karena bukan media penghantar listrik. yg merah ke kunci kontak aja ambilnya begitu konci di on kipas lsg on juga.

      udah di cor sealent blom belakang konmponen elektronya biar kedap air biar kena ujan atau dicuci gak cepet rusak, trus jgn lupa beri jarak antara kipas dan radiatornya sekitar 5mm-10mm biar kipasnya gak nembak balik udara panasnya

      kalo ente gak ngerti juga lsg cod ketempat gw aja di teluk gong tar gw ajarin cara pasangnya or email gw aja di valentino_felix@yahoo.com or telp gw 93706071 soalnya jarang buka internet

  134. Bang tolongin dong bang. Mau nax ne. Bru2 aku ganti rante keteng ma penyetelx tp mtor ku klo udah pnas ms juga bnyi tik. .tik. .tik. .d bgian msin atas . .jga waktu nurunin gigix jga bnyi. .wakt mnurun tanjakan juga bunyi, untuk olix aku pke shel SVX, tlong dng saranx motor ku bru 9 bulan, . .buat sesama raider FU tlngx pliss 🙂

  135. bro mo ty nie ane kdng pke premium, coz pertamax d’kmpng ane jrng.. Mksd ane klo bt bersihin kerak pke engine cleaner tu di di lobang mesin dudukan busi apa mksd’y businya trs emg hrs nunggu smlm biar kerak tu pd rontok

  136. gan. . mw nanya. .
    kalau kipas nya dipasang di depan oil cooledd. .
    bakal bikin oil cooled nya kotor gak??
    mhon bantuannya. .

    1. ya arahnya nembak radiatornya, jgn dipasang keluar karena kalo lagi ngebut pasti anginnya ngadu, kalo mao pasang keluar sebaiknya posisi kipas di belakang radiator

  137. permisi mas…
    Mohon. Bantuannya nih..
    Ane udah pasang karbulator. NSR SP ( PE 28 )..Masalahnya kalo dalam keadaan netral mesinya di gas bertahap gak bermasalah begitu di gas sepontan cepat langsung mati mesinnya ane pake PJ 40 MJ 115
    Kalo pake karbulator ori FU gak seperti itu.apa memang begitu semua PE 28.
    Apanya ya ,mas kiranya yang bisa di rubah supaya tidak begitu lagi..mootor ane FU bang.,tahun 2009. Tu motor blum sampe 2 tahun..
    Appanya ya bang…mohon di bantu..
    Ane anak balikpapan.( kalimantan timur ).
    Salam kenall…bro..pice..
    Selalu di nanti..tanggapannya…
    Thx…yayy.

  138. bang… cara pasang kabelnya gimana tuwh…???
    ada yang tau gak niiiwh kenapa fu saya kadang kadang gak bertenaga gituu…
    kadang di gigi 1 gak kuat di pake tanjakan nagreg… masa motor fu kalah sama motor y**aha mio siih… itu kadang” sii… kalo ada yang mau jadi temen sharing all about FU.. add fb saya yaah… saya kasian ma FU saya,, dihinain mulu…
    i love u fu…
    e-mail:zal_izet@yahoo.com
    fb :zal zet de-es

    thks

    1. kalo ane nempelinnya pake plat stainless, beri jarak sekitar 1cm antara radiator dan kipasnya. untuk peggangannya bisa langsung ke baut radiator, kabel (-) kemasa atau keplat stainlessnya kalo (+) ambil langsung ke kontak kunci jadi begitu kunci on kipas juga lsg hidup

  139. bos mau nanya, gw beli satria f baru 2bulan lah tapi kok oper giginya keras banget knp yah?
    gas udah berat lagi apa emang setiap satria f gas selalu berat?

  140. gan,fu w baru turun 2 mngguan.tp fu w itu jarang bgt w pke.maklum w pulang k rmh sminggu dua kali.stiap w pulang baru mesin itu hidup.apa gk apa d masa reyen mesin jarang bgd hidup ? ada dampaknya gk buat mesin ?
    tolng bantuan gan smua
    .tq.

  141. gan knapa sf tu bila pagi atau kita ga make sekitar sejam,pas mao mehidupi selalu saja bunyi tik tik di mesinnya> tolong pencerahannya…tq gan..

  142. gini mas bro, saya mau nanya nii ..
    kan kalo kipas’a di taro di depan pasti kan sering kena air atau saat mengendarainnya tiba – tiba ujan .. gmana tuh solusinya mas bro ??

  143. anjing kamu semua ..
    Aku gak di kasi tanggapan.. Anjing SSFC asu.janco..
    Doboll.!

    FU kontol.
    So tau lu semua. Di bodokin kamu , apa lagi sama SSFC,
    itu c buat bagus naik peforma memang tapi gak tau ngerusak mesin pa gak. Mereka kan.bodoh gak ada pengalaman dan pengetahuan. Kalo ada apa apa sama FU qta gmna mereka berani ka jamin.

    Asu semuax. Ngentot sana kamu anggota SSFC anjing..
    Ase de kontol sama lo semu,ngentot2 sama lo semua.
    Apa marah.! Mati aja kamu sini datang ke sini kamu bawa . Angota mu banyak2 asu semua.. FU anjing suzuki.asuu.. Bangsat semua pengendara FU bajingan. Mamax lonte.

    Yamaha selalu di sepan ILOVE yamaha..

  144. pak.
    Satria 4T aku udh aku skur klepnya.
    Tp bagai mana cara menyetel kembali klepnya.
    Rasanya ,masi enakan yang sebelum di skur. Tapi sudah tidak ngasep putih setelah di skur.
    Yang kira2 di pake motr FU kebanyakan setingan klepnya kaya apa .. Pak.

    Tolong siapa aja yang liat di jawab.
    Moga pahalanya nambah . Amin

  145. pili lah aku jadi bispakmu. Yang pasti puas menemani mu jangan kau salah pilih yang lain yang lain belum tentu perawan jadi kentot lah aku.
    Ayo siapa yang mau ngentot sama aku ni. Lama gak dapat udh ni.pengent. Kalo mau hubungi aja no aq. Aq stanbay 24 jam untuk para. Lelaki .. Aq cinta penis. Aq mau isap.aq mau masukin ke .pantat dan pepek aq.. Qq tunggu ya muach

  146. hai FU lovers….mau tanya aku pake new satria FU,klo di pake ujan ujanan sering mati….knp ya…???tlong d jwb yaaaa….thanks b4…

  147. saya mau nanya ni soal mesin satria punya saya…
    knp mesin nya cpt panas padahal cuma beberapa menit, trs msh ada bunyi kaya klep renggang gitu, padahal klep nya udah baru,sim nya juga udah d ganti, rantai nya juga udah, tenseoner na juga udah trs piston ama ring nya juga udah d ganti,tp ada bunyi gtu. tolong d bantu yach…

  148. Wadoooohhh para bikers suzi mantap slaluuu. Fu kan keren gaul cocok bwat nongkrong slalu dilirik para kaum hawa dan pastinya body fu yg seksi slalu dilirik wanita yg seksi pula

  149. Kalo untuk fu tuh g usah kenceng” intinya tuh fu keren modis kinclong terwat pasti umurnya panjang n g gocek duit percuma fu gw th 2010 warna merah hitam mau ganti putih hitam ada yang bisa solusi warna??? Add saya di fb yudimoet@ymail.com salam kenal para lover,s fu mania di seluruh indonesia. Jngan saling ngejek. Liat tuh rekan viksion ma jupie MX mreka akur kan??? Nah knpa kita g akurrr??? Ayooo bulan puasa niii. Saling memaafkan. Donk. Coba kalian buat persatuan gabungan ,,, akur dunk kawan malu ma pesaing kita pasti diketawain tiger revolution. Viksion new. Jupiter mx new 5 speed mereka semua mengalami perubahan jadi wajar n sah aja kalo fu mengalami perubahan salam sejahtera hidup satria fu 150

  150. Bro mw tanya nii..
    fu ko klo abis d’steam sering mati ya..susah d’idupin..lama bnget ngidupinnya..tu knpa ya??solusi’a gmna??spya ga kya gtu..

      1. sama bro punya ana jg ky gto..yg jelas tu cangklong busi ya kebasahan air nya rembes ke dalam..untuk saat ini ana jg blm dapat solusi yg tepat,..ya untuk smntara di ushain klo di steam area busi jg di semprot…

  151. bos numpang naya y….
    sy bru sebulan ambil FU 2011…
    Kenapa msinnya ad suara berisik sperti suara mesin penggiling…..
    sy udh gnti destionernya dan bongkar mesinnya…..
    tp suaranya tetap berisik sperti yg sy blng d atas…..
    tolong saran n solusinya bos….
    thanks…….

  152. Bro…mo tanya, ane br pasang footstep underbone di Fu, tp Kick Staternya jd ga bisa dipake krn thalang ma pdal rem.kira2 msti gnti Kickstarter apa yg cocok …

  153. hay gan maw nanya nichh..

    aku baru dapet satria fu”2011 setelah 2bln aku coba tancap gas mentok kug cuma lari sampek 126kpj az kurang puas aku dengan angka yang nempeL di body motor,, maw nambah speed lagi tapi gak bongkar mesin harus ganti apa aj ya??buat harian?? thx.. satria riders..

    @[210884442303702:5]

  154. Bro…ane udh psg footstep underbone di Fu ane, cm knp baud di Master Remnya mesti di potong sdkt ya..?kt mekanik ane sih biar posisi pedal remnya pas.Tapi ternyata smpe skrg remnya msh trasa keras kyk nginjek PAPAN aj.Kira2 ada yg tau gimana solusinya biar remnya sm kayak pake footstep standard…Thanx y.

  155. berarti kalo mao nyalain atau idupin fannya itu pake tombol lampu yaa? kalo satria yg baru kan lampu selalu idup, gak ada saklarnya. nah berarti fannya idup terus donk?

  156. mungkin bagi yang takut kalo ujan fannya kenapa-kenapa ada masukan nih dari gue. pasang aja plat motor di depan fan di oil cooler buat nutupin fannya. thanks*

  157. Om, itu kipasnya ga kegedean yang di gambar? Kalo mau buat rumah dudukan kipasnyanya gimana dan dimana ya yang bagus dan rapih? Sama kalo pake kipas pendingin CPU bisa tahan berapa lama dengan pemakaian jarang kena air Thank’s 🙂

  158. Pingback: tips komputer
  159. Kalo Lampu depan di gabung sama kabel kipas, pengaruh nggak sama cahaya lampu depannya?? kurang terang misalnya,.,.

  160. pakai pilo jet yg std aja udah boros bahan bakar nya…

    gmn paek pilot jet yg lebih besar ukuran nya,,

    mau boros gmn lagi tuh,,,

    ampun lah,,,,,

  161. jaidi intinya mesti bikin saklar baru buat nyalain fannya ya? kalo gak dibikin saklar fannya bakal nyala terus selama motor idup gitu yaa?

  162. wowwwwwwwwwwwww,,,,
    kmaren gue coba pasang fan yang 2 warna,,tpi mke kbel panjang ,,lgsg k aki,,cz pake sakelar!!!oke sih kinclong!!!
    tpi lgsg gue lepas,,,cz terasa bget boros aki ny
    agak nyesal nih,,FU gue jd gk bisa stater tangan
    hadohhhhhhhhhhhhhhhhhh
    nyesal.com
    ad solusi?????

    1. Gak usah bingung brow, selama tu pake yg namanya mesin. Mesti kudu merhati’in tu pake oli dan bbm, kalo bisa beli oli yg sintetik n bbm pake pertamak plus. Gak usah ganti sono sini supaya topsped tinggi, semua tergantung joki. Kalo tu mesin digeber sampe rpm mentok n mesin sampe bilang ganti gigi!!!, ya topsped bisa tinggi. Apapun merk spedanya tergantung joki dan nyali, apalagi didukung duit banyak. Bah yg lain… Tinggal dibelakang!!!…
      Goo000!!!!, are you ready??!!.

  163. Boz Mw tanya nhe…motor satria F ane klo pagi” baru di nyalahin ada yg bunya gtu…kira” apanya yak..??? (kasih Masukan) thank’s…

  164. Boss…,
    Saya Barusan beli satria F hari ini, begitu nyampe rumah pas di liat jendela oli langsung kurang, nAHH langsung dahhh gw mau marah – marah, tapi untung aja delaernya udah tutup.
    perkiraan saya sihh oli gak di isi…? tapi apa memang oli nya boros ya boss…???? ada rekomendasi oli yang pas gak ?
    terus kipas yang di rekomendasikan di atas kan dari plastik tuh biasanya ? ada gak kipas yang dari tahan panas, takutnya meleleh …,
    Terus fungsi eco dan power itu apaan ?? fungsi mana yang lebih irit eco atau power yang lebih iritt ??

  165. wah gue malah mu pasang kipas angin aja ….yg naik tu kuda besi biar masuk angin tapi mesin adem dahhhh….

  166. klu dimodif pakai thermoswitch bisa gag ms bro, jd bila temperatur oli ud > 82 derajat C, baru kipas menyala jd lebih irit pemakaian listriknya….

  167. bang fu ana ada maslah di cangklong busi, tiap di mandiin atau ke ujanan pasti deh wapat…gmna ya solusinya ana udah nyoba ganti cangklong busi nya dri yg ori ampe lokal, tp tetep ja..

  168. untuk fan computer biasa nya AC sedangkan dimotor DC ada penambahan komponen gak??
    dan bila hujan atau terkena air akan konslet tidak????

  169. gan kirim cra pasang fan nya via email ya, masih agak bingung nih hehe + klo buat satria fu yang baru gimana bro kan gak ada saklarnya, apa harus buat saklar manual biar bsa di matiin ???

    blzz ya thx XD

  170. Udah ga sah pd brantem brader..Ne pengalaman ane..
    Fu ane yg special edition ru turun 2mgguan in reyen ane geber top speed gila ampe 170 ga ada yg ane gnti smua standart…Eull…Ane aje bingung plus kaget kok bisa…Hnya gnti oli aja yg sae 15-40.,trims slam fu lover ,hidup fu

  171. Udah ga sah pd brantem brader..Ne pengalaman ane..
    Fu ane yg special edition ru turun 2mgguan in reyen ane geber top speed gila ampe 170kpj ga ada yg ane gnti smua standart…Eull…Ane aje bingung plus kaget kok bisa…Hnya gnti oli aja yg sae 15-40.,trims slam fu lover ,hidup fu

  172. emang gk ada cara laen tah, kan anak mda jman skrang suka yg simpel bahkan tmpa kipas, lawong mtor ya

    ada radiatorx aja d’lepas

  173. gan, klo misalkan si kipasnya kena air ujang atau kena cipratan air saat di cuci .kipas nya masih nyala gk ? Atau langsung mati ?

    Tolong di bls .

  174. KALAU ANDA MAU ANGKA PREDIKSI TOGEL SGP/HKG ATAU 2D,3D,4D,HASIL RITUAL HARI INI SILAHKAN HUBUNGI AKY PANDAWA ARYA DI NOMOR;0852 1697 7745 DI JAMIN TEMBUS AKURAT.

    KALAU ANDA MAU ANGKA PREDIKSI TOGEL SGP/HKG ATAU 2D,3D,4D,HASIL RITUAL HARI INI SILAHKAN HUBUNGI AKY PANDAWA ARYA DI NOMOR;0852 1697 7745 DI JAMIN TEMBUS AKURAT.

    KALAU ANDA MAU ANGKA PREDIKSI TOGEL SGP/HKG ATAU 2D,3D,4D,HASIL RITUAL HARI INI SILAHKAN HUBUNGI AKY PANDAWA ARYA DI NOMOR;0852 1697 7745 DI JAMIN TEMBUS AKURAT.

    KALAU ANDA MAU ANGKA PREDIKSI TOGEL SGP/HKG ATAU 2D,3D,4D,HASIL RITUAL HARI INI SILAHKAN HUBUNGI AKY PANDAWA ARYA DI NOMOR;0852 1697 7745 DI JAMIN TEMBUS AKURAT.

    KALAU ANDA MAU ANGKA PREDIKSI TOGEL SGP/HKG ATAU 2D,3D,4D,HASIL RITUAL HARI INI SILAHKAN HUBUNGI AKY PANDAWA ARYA DI NOMOR;0852 1697 7745 DI JAMIN TEMBUS AKURAT.

  175. ini tae amat .. itu kipas fan’a aja dri plastik udh pasti meleleh .. ad jga apa ngaruh’a ga da efek’a ,, kecuali lu siram liquid nitrogen. lu ngeboong yg bnr donk ..

  176. wah kern th gan,fan nya konslet ga th kira2,soalnya,putarn mc mkin tnggi,pasti arus ny jg mkin tnggi.

  177. mas , mau tanya nih , shock suspensi blakang fu saya kok lunak banget ya ? kalo jalan gelombang gt krasa bnget lunaknya loh ?
    ap musti di ganti tuh suspensi ??

  178. maaf ni ikud nimbrung plus mau tanya..

    kalau maw lebih awet fan nya dari air, di kasih lem di dalam gulungan spoolnya dan di sela pcb ,tp pakai lem yang transparan dan bening supaya blink2 nya gak blepotan ( di alfamart ada warnanya kuning merk UHU)
    jangan pakai lem setan atau power glue..bisa bisa meleleh tuh ,trus bkin ngrusak lilitan spool.

    caranya copot dulu tu baling2 nya-
    dengan cara klupas sticker di blakang fan, trus kan tengah ada kaya besi buat poros baling2 tu,dan menempel ring plastik berfungsi sbg pengunci…dng obeng mini atau jam congkel tuh ring,ntar ada sisi persambungannya pasti..dorong dan congkel,ati2 jangan ampek patah jd 2.. kalau dah lepas baru tarik baling2 fannya tinggal lem deh..tp ati2 jangn kena magnet di baling2 ..ntar jd macet muternya..atau seret..harus rapi

  179. buat anonymous..
    makane mas maen kebengkel mobil,motor,pesawat..wkwkwkw jangn bengkel onthel…
    kalau meleleh avanza,yaris,inova,new vixion,jup mx gag pakai fan dari plastik mas…
    tp pakai besi kaya baling-baling pesawat..

  180. intinya motor ac mau di pakein dim langsung dari aki,bukan spool..

    mas mw tanya nih..kan saya maw ngoprek tambah fitur dim..hehehe
    kan lampu hi dapet arus ac dari spool,nyalanya naik turun tuh kan ya,g stabil..kalau buat dim kan gag cocok mas kurang terang,
    lha kalau saya suntikan Arus dc dari aki saat switch dimmer ditekan
    secara teori kan ntar nyala lampu jd stabil bin terang tuh..

    lha kalau saya suntikan arus dc dari aki itu ke kabel sesudah sakelar low hi,kan saat switch dimer ditkan dc dari aki ngaliri lampu,,lha kalu saat sakelar low hi aktif dan menghantarkan arus ac dari spool dan saat bersamaan saya menekan switch dimer yang menghantarkan arus dc dari aki..ntar ada tabrakan ac dari spool dan dc dari aki dalam 1 kabel menuju lampu..itu ntar jadi fase balik g mas dan merusak spool magnet..kan motor ac di spoolnya ada gulungan yang untuk pengisian aki dan yang untk lampu..
    .
    mohon pencerahanya mas..

    1. tolong om… jelaskam lebih terperinci cara pemasangan ny…… bila perlu di foto step by step cara pemasangan ny… thnks

  181. Mas mw tanya………..
    Kalo speedomater tiba2 mati saat di tarik gas. Knapa ya ?……
    “Kirim ke email ya mas……:-)”

  182. Om ni sya udh ada kipas bekas CPU.tpi kabel yg dari kipas ada 3.kuning item ,hijau.
    Mau tnya yg mana yg buat apai yg mana yg buat masa

  183. mas mau tanya monoshock satria f pengen agak pendek pake apa ya ?? apa ada variasinya ato bisa pke monoshock motor lain ??

  184. kacau,.. itu kipas dari PC system nya DC mas bro.. anti air BUKAN kedap air, jadi yaa ga boleh kena air. kalo yg bebas kena air itu kedap air harganya sekitar 250rb an !
    kalo mau pasang kipas itu disitu, motor jgn ampek kena ujan ato jgn di cusi.. kalo mo pasang kopas gituan mendingan di bawah jok, buat niup uap panas dari mesin.. karna area bawah jok tempatnya rapet ga ada lubang udara jadi kalo duduk kondisi jalanan macet.. telor bisa jadi setengah mateng.

  185. boleh tu gan.tpi ane nyoba gak kuat trus ke bakar,klo ane minat ama gambar pertama bikinan sndiri keren boleh dooong pesen saru,,,hehehehe

  186. First of all I would like to say awesome blog! I had a quick question that I’d like to ask if you
    don’t mind. I was interested to find out how you center yourself and clear your thoughts before
    writing. I’ve had a tough time clearing my mind in getting my ideas out.
    I do take pleasure in writing but it just seems like the first 10 to 15 minutes
    tend to be wasted just trying to figure out how to begin.
    Any ideas or tips? Many thanks!

  187. I’ve been exploring for a bit for any high quality articles or blog posts in this kind of space .

    Exploring in Yahoo I finally stumbled upon this site. Studying this information
    So i am satisfied to convey that I’ve an incredibly good uncanny feeling I
    came upon exactly what I needed. I so much indubitably will make certain to do not
    omit this site and provides it a glance on a continuing basis.

  188. Pagi suhu , suhu itu nyambungin kabelnya gimana ya suhu ?
    oh iya suhu kalo kena air apakah konslet suhu ?
    sory masih easy 😉

    Salam Satu Aspal

  189. Pagi suhu,suhu itu masang nyambungin kabelnya gimana suhu ?
    ohiya kalo kena air apakah konslet suhu ?
    makasih suhu sory masih easy

    salam satu aspal.

  190. Motorku jupiter mx, fannya ku buat manual, dan itu sangat membantu, cuman yang jadi pertannyaan kipasnya ngembuas apa njedot ya?

  191. I do believe all the ideas you have offered to your post.
    They are very convincing and can certainly work. Still, the posts are
    too quick for newbies. May you please prolong them a little from subsequent time?

    Thanks for the post.

Leave a reply to koplo Cancel reply