TIPS SATRIA FU-150

cimg0522.jpg ini tips yang dikumpulkan dari S2W dan SSFC juga sumber-sumber lain khusus bagi pemilik FU. mudah-mudahan tips ini dapat bermanfaat.

Suzuki Satria F-150, Slang Sobek Susah Langsam

ARTIKEL S2W

Article Date:
Source: Motor Plus Online

Pulse Secondary Air Injection System alias PAIR yang diaplikasi Suzuki Satria F-150 muncul masalah. Masalahnya di putaran bawah. Paling kentara pas mesin disetel langsam. Gejalanya seperti komposisi udara dan bahan bakar enggak ideal.

Jangan panik dulu dan marah. Marah bikin puasa batal lho! Sayang, kan kalau puasa cuma untuk menahan lapar dan haus. Mending baca terus nih tulisan supaya pahala enggak berkurang. “PAIR teknologi mengurangi emisi. Menyeimbangkan kompisi udara di ruang bakar,” beber Josep Antony Tan, 2W Service Instructur Section Head, PT Indomobil Suzuki International (ISI).

kabel.jpg

Sebenarnya sih bukan teknologi PAIR yang jadi biang keladi. Tapi, komponen pendukung yang enggak tahan. Terutama tahan panas mesin. Posisi slang melintang sampai silinder head kelewat panjang (gbr. 1). “Kelamaan getas, terus sobek. Jadinya ada udara luar ikut ke ruang bakar,” timpa Hasan Basri, mekanik Hasan Motor di Kelapa Dua Raya, Jakarta Barat.


kabel2.jpg


Biasanya sobek kejadian di bagian silinder head(gbr. 2). Tentunya enggak perlu ganti slang. Beli slang yang sejenis pun susah lantaran punya bahan dan ukuran khusus. Cara yang paling gampang sih tinggal digunting ujung yang sobek. Terus dipasang lagi.

Eces, kan!

123 thoughts on “TIPS SATRIA FU-150”

  1. @ bram
    memodifikasi motor adalah suatu seni. ini semua tergantung selera dan pandangan dari sang modifikator. ada yang senang dengan gaya standar, semi modif sampai yang modif extrem. yang paling penting adalah adanya perasaan nyaman sang biker akan tunggangannya juga rasa percaya diri yang timbul dalam diri pengendara. ada beberapa tips yang mungkin membantu bagi biker yang ingin modif tapi enak dilihat. pertama belilah variasi yang memang diperuntukan bagi motor, tersebut kalaupun diperuntukan bagi motor yang lain, hendaknya membuat penyesuaian agar tampak cocok. yang kedua yaitu gunakan perpaduan warna yang pas menurut selera, tapi alangkah baiknya tanya pendapat orang akan tampilan motor kita dan jangan merasa alergi sama kritikan yang ada, justru itu akan membuat kita sadar akan tampilan yang baik. jadi usahan tanyakan pada orang dan jangan memaksakan kehendak kita pribadi, siapa tau kita pede sendiri make motor tapi dicemooh orang… gak lucu kan. yang ketiga coba cari referensi modifan motor baik itu di majalah, koran ataupun internet dan bukan tidak mungkin dari teman-teman bikers yang ada. dan yang terakhir rawatlah motor kita layaknya pasangan hidup tapi jangan terlalu berlebihan. itu tips yang mungkin bermanfaat, tapi itu semua kembali bergantung pada diri bro sendiri…

  2. @4n4m
    fu cbu dan ckd beda-beda tipis (liat fu yg punya anton SAC ma yg temennya di halaman awal). kalo yg lama itu liat aja rangkanya berwarna metalik dan ga ada elektrik starternya, sedangkan yg baru warna rangkanya hitam dan ada elektrik starternya. selebihnya sih sama (beda stikernya juga). soal kelebihan dan kekurangnnya itu sih relatif, soalnya suzuki itu punya standarisasi yg baik dalm memproduksi motornya, apalagi fu yg memang sudah high performance bike. jadi itu kembali pd bikernya juga😀
    salam

  3. @ otim

    Selain perbedaan warna rangka dan striping beserta electric stater, silincer knalpot berbeda harga, hal itu membuktikan bahan kanlpot CKD dan CBU beda. Dan berdasarkan kasus yang terjadi pada FU CKD, membuktikan FU CKD berbeda dengan FU CBU, dari bahan rangka yang lebih tipis, mesin CKD berbunyi lebih cepat berisik daripada mesin CBU. Rangka CKD cepat berkarat, dll.

    Tetapi harus pandai2 memilih lah.. Bukan berarti CKD itu buruk, ada kok mesin CKD yang bagus juga.. Gimana hoKi kalo ambil dari dealer kayanya..😀

  4. @boris
    itu slang PAIR kan?? ya kalo ditutup ga akan apa-apa. maksudnya biar knalpot ga nembak tuh!! tapi konsekuesinya hasil pembakaran ga bersih dan ga ramah lingkungan. kan PAIR itu berguna untuk menghasilkan gas hasil buangan yang ramah lingkungan. tapi mending difungsikan itu PAIR, biar ngurangin global warming he..he..
    salam

  5. gw punya 2 FU yg BU n CKD,,,2-2 nya enak kok klo dipake,cma kl mnrt gw yg BU lbh enak dr CKD dari lariny smpe suarany…
    gw punya tips supaya FU lbh yang KMny dah buanyak,biar larinya ttp enak…(standart lhooo)…
    cukup bersihin aja ruang bakarnya
    ga usah pke bongkar msin sgala…
    1.lepas karbu,knalpot.busi
    2.semprotin pke carburator cleaner di 3 lobang stb…yang buanyaknya,,,pastiin sampe bersih,,,
    pasang lagi dech….smuanya….

  6. @Alphieanz
    Thx inpo nya… sering juga pake, tapi ga pake carbu cleaner cuma pake ahrs engine conditioner.. bener tuh tarikan makin enteng dan mesin awet.

    salam

  7. bos otim mo nanya nih kemarin gw dapat lungsuran pelek ride it yang tipe spokes tp binung juga euy kira2 tromol pake motor apa ya gw pgn nya tetap pake disc std fu kalo depan gw ada disc lebar ?

  8. @Andreaz
    -boros dikit wajar bro.. piss! la wong satria std kan udah boros (mesin 150 cc)

    @rio delphee
    kan skarang udah bnyak jualan teromol FU buat modif jari2. buat depan or belakang (itu udah termasuk cakramnya lo). liat aja di siam motoshop. tapi buat yg depan biasanya ganti teromol milik ninja.

    salam

  9. motorku satria fu th 05 udah ganti karbu tiger trus kata temen suruh balik plat yg di dalam pairs system tolong dong aku gak mudeng

  10. gimana Cara Tinggikan RPM meternya Satria ???
    ko cuma TeMbus 170 KM/H….

    Trs gmana cara ngakali rantainya biar ga bunyi klo terguncang ?

  11. Huuee….
    rangka FU ku mulai sedikit berkarat…
    help me…
    apesnya lagi dibagian sela-sela dekat dudukan footstep belakang, dudukan cover penutup CDI, dudukan, minyak rem belakang, dan itu semuanya dibagian yang sambungan las… Please help me… T_T

  12. Kayaknya FU CBU emang lebih maknyus..

    Rangkanya silver metalik gak mudah karatan lagee.. 16PS! kalo CKD cuman 11,7PS kok turun drastis banget.. pantesan beda top speed.

  13. iya 16HP mungkin yah ??
    kl yg ckd HP nya diukur dari belakng makanya turun
    kl yg CBU diukur langsung dari kruk as…

  14. qu pngen tnya ni gmna’a cra’a mtor fu bisa lari knceng tpi ga prlu d’korek msin’a..?
    trus apa aja yg prlu d’ganti..?
    thnx..

  15. bos satria gw yg CKD msinya bunyi tik-tik kayak msin jahit knp ya, suka cepet panas, suka mati sendiri, rantainya setelanya cepet brubah lagi. punya solusinya gak bos…

    gw kira satria yang dah ada staternya sama aj kualitasnty kayak yang FIRST EDITION.

    1. itu mesin bunyinya emang gitu brader,. kan motor cc gede rata2 gitu.. kalau udah berisik bgt coba tensioner kencenging dikit… ganti jg oli dengan yg viscositas 10/40 biar g cpet panas,. PJ (pilot jet) jg ganti ke ukuran 15 atau 17,5 biar g suka mati sendiri. kalo rante coba cek baut penahannya jangan2 krang kenceng n kendor.

      1. udah di stel tensionernya tapi masih bunyi tik..tik..bos…
        kira2 pa lgi yg bunyi tu??
        udah tipis kantong buat set ulang shim klep, roll temeng, bongkar stengah mesinnya, tpi kalo gasnya di tenangin kadang bunyi ndiri, solusi ngilanginnya di bawa kenceng smbil nkan gas yg kencng pas oper gi2, tp lma2 bunyi jg tik..tik..tik… pas temeng kendor (lepas gas), kl di gas g bunyi boz..
        pliz kasih solusi ya boz, kantong ku dah jbol buat bunyi itu doank…
        plz…..
        udah berapa bengkel berez dibawa tapi g da yg bisa boz…

  16. Bro, gw punya fu yg 2009,kalo pake premium mesin nya ngelitik keras kayak motor yg udah goyang stang seher nya pada rpm 3000-4000 sama pas mau jalan juga keras bgt,tapi kalo pake pertamax agak kurang tapi masi ada juga suara ngelitiknya pas mau jalan start sampe di 2000 rpm.
    Skarang pk pilot jet 15 trus kalo habis jalan atau kena lampu merah atau pas di tarik kopling kalo mau berhenti suka mati sendiri,rpm nya turun kadang sampe 800 harus di tahan gas kalo lampu merah apa yg salah bro.Tapi kalo pagi langsam nya stabil di 1200.
    Thanks bro.

      1. SGP punya smash,angin nya 1 putaran,sdh ke beres dia saranin pake yg std tapi jadi nembak2 kadang kayak suara api busi naik sampe ke karbu sama itu kalo baru di stater suka naik sendiri rpm langsam nya.
        Heran saya kalo pake pj smash mati2,balik ke std malah naik sndiri rpm langsam nya ke 2 rb.
        Tambahan inpo busi putih kyk baru,km mtr sy baru se 1000 km.

  17. bos,gw pngen tanya,tensioner apa yg sma buat fu.!soal’a tensioner pnya fu gw sring lari,jdi’a rntai ketang brisik bgt bunyi’a.!!
    bisa ga pke shogun 110..!!??
    thnx..

    1. pake punya shogun 110 bisa tp harus disambung las baja..soalnya punya shogun 110 kurang panjang.dijamin suara halus n ga bakal lompat tuh rantai keteng…punya gw ulu mpe lompat 3 mata gara2 tensioner na udah ga kuat lagi nahan.kuganti pake punya shogun 110 udah 2thn ga pernah masalah lagi..

      1. tuh bos… punya GW udah di ganti stansioner punya thunder alhamdulillah gak masah ampe sekarang… mudah2an gak ada masalah lagi….amin…

  18. Brow ko lampu..mtor gw ga terang..yupz!?da yg bs ksh tw ga biar trang??pdhl bla lmpux br gnti..da ga bla lmpu…yg lbh trang?thankz

  19. Bro motorQ knp ya pd saat engin break malah kedengaran seperti suara ngorok di mesin
    Mohon dijawb
    Tks

    1. bisa tinggal ganti songketnya aja pake shogun 110
      itu tergantung mesinnya pake piston apa??
      kalo masalah karbu jelas enak pake pe28 soalnya kalo pake pe28 kw2 stelan anginnya suka nagco

  20. aLo bro_aQ pgn bLi Satria F 2005 yg wrn merah, skrg hrg 2nd brp yaw_Butuh cpt aQ nich, klo da Info call aQ yaw bro_Trimz

    HP: 085 64 7171 440

    1. efeknya cm 1,ikut nyumbang global warming
      tp mtr jd g nembak2 & lebih enak
      tinggal pilih aj,sayang bumi atau sayang motor,heee…

  21. hallow bro…

    Ni aq mo tanya2 nih..
    Gue punya motor satri fu 150 taon 2009… N gue dan ganti cdi standar ke cdi rextor… katanya biar nambah kecepatan,,, tapi koq ngk ada ya nambah.. malah makin turun tuh kecepatanya… jadi agak kesel juga ni gue,,, coz na 500 rebo tuh wa rextor..

    Apa2 aja seh yang mo di ganti biar dukung cdi rextor tu biar kecepatan ber+, truz gear di ganti gk ama knalpot…, koq di ganti gear n knalpot apa seh yang bagus tapi harga agak2 bisa terjagkaulah…

    truz.. kecepatan satri fu 150 yg standart sampai mecapai km/jam seh?

    tolong di respon na ya…

    salam
    Putra.

    1. salam fu , gw arief dari bandung . oke langsung aja kali ya gan . tu si FU biru dah di modifnya cuma di velg doang sma service rutin ala mekanik balap juara 2 jawabarat .. gua di stel sama mekanik itu mantab ! gua bisa tembus 150 Km/jam gua ga boong beneran lu cek aja service ke jalan asia afrika suzuki mekanik heru . gua cuma ganti velg jari2 TDR 140/17 dpan blakang . oli Pertamina ENDURO racing .. klo mao kohar ( korekan harian )pake ini aja
      – PE 28
      – Porting & Polish
      – Velg Jari2 biar ringan 140-17 ( depan ) 160 – 17 ( blakng )
      – R9 Monza Blue
      kyanya segitu juga dah nempel ninja standart gan . gua aja gitu napel sma ninja standar acung jempolll… sukses gan !

  22. hallow bro…

    Ni aq mo tanya2 nih..
    Gue punya motor satria fu 150 taon 2009… N gue dan ganti cdi standar ke cdi rextor… katanya biar nambah kecepatan,,, tapi koq ngk ada ya nambah.. malah makin turun tuh kecepatanya… jadi agak kesel juga ni gue,,, coz na 500 rebo tuh wa rextor..

    Apa2 aja seh yang mo di ganti biar dukung cdi rextor tu biar kecepatan ber+, truz gear di ganti gk ama knalpot…, koq di ganti gear n knalpot apa seh yang bagus tapi harga agak2 bisa terjagkaulah…

    truz.. kecepatan satria fu 150 yg standart sampai mecapai km/jam seh?

    tolong di respon na ya…

    salam
    Putra.

    1. hm.. alo cuma pasang cdi aja tanpa di imbangi piranti tertentu kadang kala belum mumpuni buat di ajak lari… coba deh pasang karbu pe 28 di ikuti penggantian knalpot dbs… tuh aja bikin fu mampuz mampuz dah larinya…. ^ ^

  23. motor fu thun2008, klw msukkan gigi menimbulkan bunyi berisik,seperti bunyi klahar…apnya ya yang bermsalh tu…dan pda wktu pengengkolan lambat hidupnya,ampe berulang-ulang x..ap tuch masalnya..dan pada saat pengengkolan sentakan kembalinya terlalu cepat..jdi ap masalnya,,tlomg ya..

  24. halo bro………….
    gw mw n’nya ne……
    knp yach mtor gw law trun gas nmbak2…?????
    apa ad mslh di krbu?????????
    please yach ksh solusinya……………
    thank’s…………

  25. satriaku untuk drag liar tepatnya di by pass krian…
    klw ada yg berminat kunjungi “BY PASS KRIAN – SIDOARJO”
    from : satria fu “PECEL TEMPE”

  26. Tentang satria ngadat2 gw punya tips nya
    pertama kita harus mengerti dulu spec dari mesin satria FU 150 baru kita dapat melakukan perawatan dan penggunaan dengan benar

    untuk perlakuan satria FU 150

    1. pergunakanlah bensin beroktan tinggi saran gw bensin merk shell yang super extra minimal pakai pertamax plus lah alasannya karena mesin satria mempunya kompresi tinggi yaitu 10,2 : 1.
    2. pergunakan oli mesin dengan viscositas 10w-40 karena fu tergolong mesin baru yang mempunyai clerance yang kecil dan menggunakan radiator oli sehingga kondisi oli harus encer untuk dapat melewati kisi2 radiator oli dengan lancar.

    Terus untuk masalah rpm besar sendiri dan tiba2 rpm turun itu berpenaruh dari :

    1. Kondisi karburator apabila sudah melakukan pergantian PJ atau MJ mungkin tidak beli yang original, atau ukurannya ga pas
    karburator kit sudah banyak yang aus karena pemakaian bensin yang kotor atau kurang berkualita (udah tau kan rumornya mobil
    pada mogok karena bensin kurang berkualitas) saran gw beli karburator kit yang asli untuk satria FU 150 dan ganti dech.
    2. Kondisi filter udara yang sudah jelek atau kotor sekali jadi udara masuknya kurang lancar.
    3. setelan angin kurang tepat. balikin aja ke setelan standar pabriknya (ingat setelan angin dikembalikan std pasti larinya juga
    kembali seperti std).
    permasalahan ini hanya untuk solusi pada kondisi piston, dan dalam head pada kondisi ok. klu ada permasalahan pada head atau piston anda jelas solusi ini ga ada gunanya. betulkan dulu permasalah pada head baru kaji lagi dengan menggunakan metode diatas

    Satria FU 150 CBU dng FU 150 CKD ada beberapa part number yang berbeda saya sebutkan hanya beberapa yang saya tau mungkin ada yang beda lagi diluar yang saya sebutkan.
    1. silinder blok beda part number
    2. cdi beda part number
    3. magnet beda part number
    4. spull pengapian beda part number.

    hasil tes yang pernah saya tau adalah FU 150 CBU topspeed std masuk 147 km/h klu FU 150 CKD std top speed masuk 130 km/h udah engap2an
    catatan kondisi mesin sehat dan bensin dengan shell super extra

  27. Selain perbedaan warna rangka dan striping beserta electric stater, silincer knalpot berbeda harga, hal itu membuktikan bahan kanlpot CKD dan

  28. kok motor gw ab ganti CDI rada gak enak yah kaya mau mogok/?????bisa kasih solusi gak,,,,,trus kaya gasnya kurang jadi rada enak??bagaimana setingan gas yg pas buat satria??/motor ane dah racing

  29. mo nax neh,, yg sring brisik dri bag. mesin saat dingin i2 apa seh??? yg bunyi klep atw fuel pump………….??/ dan bgaimna cra ngatasinya// harap msuknX

  30. aqu punya satria fu edisi terakhir kepala kecil, kendalanya cuma di bunyi tik tik tik rante keteng…. tensioner motor suzuki apa yg cocok trus lebih kenceng nekennya? ada saran nich…. satria pake kampas kopling RGR lebih mantep…. trus kabel koplingnya pake ninja RR… lebih empuk and kuat bro…..

  31. Ingin tanya nih suhu….magnet di satria fu150 apakah sudah mendukung kelistrikan 3 fase, contohnya seperti magnet di vixion, thunder 250,125. Rencana pingin ganti spull fu150 pake spull punya fxr150. Kalau ganti spull fxr150 apa magnet harus diganti pula?? cdi perlu diganti punya fxr atau tetap??

    Tolong dong suhu…diberi pencerahannya…

  32. tolong dibantu dong…saya punya satria fu 2007 saya mengalami masalah pada rumah seher sudah baret, saya bawa ke bengkel resmi, kemudian sama bengkel dibawa ke bengkel bubut untuk ditambah daging biar seher tidak molos, setelah selesai belum ada sebulan dipakai setiap mau dipakai selalu bunyi tek,tek…pada mesin tapi ketika mesin sudah panas tidak bunyi lagi, saya ga tahu bengkel mana yang bisa benerin motor saya, saya tinggal dikarawaci tangerang…

  33. kalo di potong gtu apa nga jdi pendek nanti nya gan.,.,klo misalnya selang nya di ganti gmn,.,.!! ada efeknya nga

  34. @otim mau tanya nih gan..
    Gimana caranya ngakalin bagian tutup busi..
    selama ini klo kena “ceret” bekas hujan… bagian tptp busi kena cipratan air dr ban depan, trus basah dah tuh tutup busi – konslet – kejet2 – mati mesin..
    Gw uda coba beli karet tutup busi ORI yg baru, tapi ttp aja karet tdk “nyepot’ dan air ttp masuk.. ada saran ?

  35. salam……
    brother aq mau tanya nich…kenapa satria aq ga bisa lari diatas 60km/jam kalau lewat dari itu dia langsung brebet & ngeDROP.

    tolong dund solusinya…thanks so much.

  36. salam knal maz bozz……
    SF ku.. udah q serviz.. tp pasz q pake jarak jauh,, larinya cuma bisa 110tok. itu wae wes.. mentok….
    gmn cranya yar lumayan banter lah,, czle pnbya temanku aku coba sampe 133 mz brow…
    suon……..

    1. beda thun byasanya beda kecepatan, thn lma lbih kencang. pngaruh perawatan juga.bisa klau mau porting aja gdein lobang in out pling 60rb kluar uang…sama ganti sim siman klep…

  37. maz saya punya satria f thn 07 kalau mesin dingin swara mesin alus bngt tapi kalau sudah panas langsung swara mesin ngilitik kenceng,apa masalah di piston oblak ya atau boz klep da yg longgar??? engine tetep bisa top speed 175 gak berkurang cuma emang tinggal msalah dswra mesinnya aja

    1. yg kulit ma kulit ja klo gesekan suaranya plakplakplak….. apalagi mesin, yg besi ma besi,,, hehehehe juskid brow….

      tu biasany stelan klepnya, shimny mnta d stel ulang…..

  38. booss,,,tlgin ane,,fu ane pke karbu king, trs mslhnya kalau putaran bawah merepet tp kalau putaran atas enak,,,,gmn solusinya biar ga merepet lg,alnya lw merepet minyak jd boros banget???

  39. Gan aku mau nanya nih,.aku punya satria fu thun 2011 nah mtr itu udah pernah dibuat.,tapi skarang aku balikin std semua gan.,deksel ama isi ny full baru semua tapi knapa tu motor susah hidup dan bunyi ngelitik ny masih kenceng? makasih gan ditunggu jwbnny

  40. bro….mau tanya, aq punya satria FU koq kalo di buat jalan pas hari hujan pasti mogok, tau-tau motor brebet dan akhirnya mogok…..aq dah ganti busi, kabel businya pun dah tak ganti masih juga seperti itu….

  41. mau tanya nii para suhu,satria fu ane cepat bgt panas mesinya itu kenapa yh?dan apa air radiator fu bisa diganti?pliss di jawab thanks all maklum newbie

  42. Salem Kenal gan saya may Tanya dong,saya punya satria udah pake cdi brt dual band trus gear blkng pake 38 mj/pj udah d ganti tp pas saya gas sampe mentok OK cuuma lari 90 doang yah?

  43. Abang” ane m
    Abang” ane mau nanya nih masalah satria fu tahun 2013 , punya ane klo mesin udah panas pasti ngempos udah kaya mau mati terus juga kadang” ngendet” an . . . Minta solusinya dong . Thanks

  44. Permisi Om…
    Minta pencerahannya nih…
    Satria fu ane kok tersendat”/mbrebet ketika ditanjakan…dgn bukaan gas 1/2-3/4 putaran.
    Tpi Di jln rata no problem.topspeed jg msh nembus 135km/jam.walau akselerasi agk berat.
    Dan klo posisi netral,ditarik gas bukaan penuh juga mbrebet tpi hanya diatas 13000 rpm.
    Fu ane thn 2007,msn standar,pke cdi brt dualband,busi NGK G power,karbu ori pj/mj 17,5/110.
    Mohon petunjuknya Om Master…
    Mksh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s