BAHAN BAKAR ETANOL BIKIN PREMIUM SETARA PERTAMAX

ini artikel yang dikutip dari motor plus edisi terbaru dan saya rasa cukup bermanfaat khusunya bagi pemilik satria fu di daerah yang sulit untuk mendapatkan pertamax. selain dengan kombinasi premium+kapur barus yang cukup membantu dalam menaikan oktan premium, kita juga bisa menggunakan etanol yang ternyata hampir menyamai angka oktan pertamax.

Ada cara mudah untuk membuat premium setara pertamax. cukup dicampur dengan etanol. kandungan alkoholnya mencapai 99,9%. campuran antara etanol dengan premium itu kalau di SPBU biasa disebut bio premium. untuk meramunya tidak perlu repot.

Premium yang memiliki angka oktan 88 cukup dicampur etanol yang memiliki angka oktan 118. dengan perbandingan 10% dan 90%. dengan begitu angka oktan menjadi (10% x 118)+(90% x 88)=91. angka itu mendekati pertamax plus yang memiliki oktan 95. untuk motor harian cukup campurkan 10% etanol dengan BBM yang dipakai. lebih dari itu oksigen dalam mesin akan berlebihan. Angka spuyer perlu dinaikan lagi karena busi akan terlalu kering.

(sebagai contoh) Jadi jika 3 liter premium harus dicampur dengan 300 ml etanol. jika 1 liter etanol seharga Rp. 19.000,- maka 300 ml etanol hanya Rp. 1.900,- murah kan? kalau mau cepat beli aja di toko kimia terdekat.

SETARA AVGAS

Di balap campuran bahan bakar ini sudah dicoba langsung. etanol dicampur pertamax untu menggantikan bensol atau avgas yang memiliki nilai oktan 99,5.

hitungannya pertamax plus yang punya oktan 95 sebanyak 85% dicampur etanol yang beroktan 118 sebanyak 15%. menjadi (85% x 95) + (15% x 118) = 98,45. untuk lebih mendekati oktan avgas, tinggal menabahkan kadari etanol.

tapi ingat, motor keluaran di bawah tahin 2000 mesti lebih berhati-hati. biasanya motor itu dirancang tidak untu diisi bensin tanpa timbel. sedang pertamax tidak ada timbal atau timah hitam, sehingga dikhawatirkan dudukan klep jadi cepat rusak.

timah hitam yang tidak ada di pertamax itu juga punya keunggulan, yang pasti bikin mesin lebih adem. jadi jika mesin lama pakai pertamax dikhawatirkan bakal mudah jebol meski dalam jangka waktu lama.

satu hal lagi yang mesti diperhatikan, karena etanol memiliki sifat melarutkan karet, sehingga bisa mengancam kekuatan sil klep.

untuk tes komparasi lebih jauh silahkan buka link berikut

http://www.motorplus-online.com/articles.asp?id=8989&no=2

artikel lengkap silahkan lihat link dibawah

http://www.motorplus-online.com/articles.asp?id=12476

16 thoughts on “BAHAN BAKAR ETANOL BIKIN PREMIUM SETARA PERTAMAX”

  1. @babad150f
    kalau motornya keluaran th 2000 ke bawah ya harus hati-hati juga sih… tapi fu kan keluaran th 2005 ke atas. yang penting keep safety aja bro :-p

  2. @oYi
    asal takarannya ga berubah, alias ga kebanyakan itu etanol saya kira ga akan knapa-napa. malah pembakarn jadi lebih bersih.. ingat lo skarang kan premium+etanol disebut biopremium yang sekarang sudah dijual oleh pertamina.
    salam

  3. pemakaian etanol memang menaikan oktan pertamax dan membersikan busi dan ruang engine tapi masih tetap boros pada penggunaan etanol jadi tidak efisien….

    1. dan tengki bensin bakalan terkuras habis dengan etanolnya itu sendiri…
      sehingga masa tengki FU bakal bocor kalo terus di kasi etanol…
      mendingan pake PERTAMAX Plus aja …
      biar rada mantep tenaga ma lebih dingin…
      biar harga mahal yang penting motor jadi awet kan ???
      hehe…
      pisss !!!🙂

  4. yang bener etanol pak? setau ane buat menaikkan oktan premium itu metanol bukan etanol,awas lho pak salah kasih info ntar berabe,coba aja cari di mbah google cara menaikkan oktan premium,pasti bahannya metanol bukan etanol.

  5. gan…
    apakah etanol bisa tercampur sempurna dengan bahan bakar bensin (premium, pertalite, pertamax, pertamax plus)…???
    soalnya saya pernah mencoba etanol tidak bisa tercampur dengan BB bensin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s