TIPS SATRIA FU-150

PAKAI PAIR ATAU BUKA

ketika awal-awal punya FU, pastinya banyak penggebut ini motor banyak mengeluh. salah satunya adalah suara knalpot yang nembak.. bletuk..bletuk..bletuk pastinya setelah gas dilepas. banyak yang mencoba untuk menghilangkan gejala tersebut termasuk dengan menutup saluran PAIR (Pulsed Secondary Air Injection System). selain itu dengan menutup lubang PAIR maka akan mendongkrak tenaga motor.

hasil dari penutupan lubang PAIR ini memang bisa menghilangkan gejala knalpot nembak. tetapi untuk meningkatkan power motor lihat dulu dalam artikel Motor plus berikut:

http://www.motorplus-online.com/articles.asp?id=12478

http://www.motorplus-online.com/articles.asp?id=12507

setelah dilakukan komparasi antara menutup lubang PAIR dan membiakan standar. hasilnya ternyata kedua cara tersebut memberikan hasil yang signifikan dalam mendongkrak tenaga motor.. bisa dikatakan baik menutup maupun membiarkan lubang PAIR standar sami mawon, alias sama saja tidak memberikan pengaruh yang terlalu signifikan. jadi yang mau mencoba untuk menutup silahkan juga buat yang mau membiarkan std nya silahkan.

38 thoughts on “TIPS SATRIA FU-150”

  1. @arie
    ya kalau cuma masang doank mah ga maksimal donk.. rugi gitu,. coba deh cari bengkel yg ngerti tntang FU, trus seting dah.. gw yakin bgt itu FU nyundul2 ๐Ÿ™‚

  2. Mas numpang nanya nekh, sbagai pengguna baru fu gw ngrasa neh motor emang yahud, tp ad keluhan yg gw rasain.. Knapa ya mesin fu cepet panas banget.. Panasnya ky yg ga normal, apalagi musim ujan kya skrg, klo kena air asap yg ditimbulkan berlebihan.. Apa itu normal? Ok dmhon jwbnya thanks..

    1. itu karna sistem pendinginan fu gk memadai…fu cuma pake oil cooler..coba klo pke radiator…whaha..gembira gw……tapi sayangnya egk…..

  3. @Donny
    boleh bro… smua boleh gabung ntuk bertukar info

    salam

    @Anonymous
    FU baru ya biasanya gtu,. coba jg geber dulu itu motor, trus nanti ganti oli nya dg yg kekentalan 10/40w,. itu bisa mengurangi overheat.. BTW bensinya premium or pertamax bro??

    salam

  4. gue punya satria fu tahun 2006 sampe sekarang belum pernah gue bongkar alias orisinal tapi akhir akhir ini motor ini sering bunyi tek tek klo lagi jalan tapi klo gak jalan biasa aja
    apa mungkin pengaruh dari kampas kopling ya…..
    mana gue kena sial,saking ngebut e…….h keserempet truck aduh ancur dah motor tapi untung yang kena cuma segita depan ama batok lampu yang pasti gue seneng dengan adanya blog ni thanks ya………

    1. @arif
      udah brapa kilomternya bro??? kalo liat kyk gitu ada komponen yg udah msti diganti tuh,. kayak kampas kopling m tensionernya udah kendor.

  5. Salam Para raider Fu smua, iktan gabung y… Mw nanya ni, kalo pake karbu PE28 msh bs pake filter udara g y? Trus saluran PAIR ny lbh baik di tutup apa dibiarin standar? Skrg udah pake karbu king, dan PAIR dibiarin stndar, Alhmdllh g da masalah.

  6. hello fu mania, gua pengen nanya klo gua pengen ganti cdi tuuh mesti ganti apa aja? sama cdi nya merek apa type nya apa? kira-kira bujet berapa? hehe
    oh iya mau nanya lagi niih kan fu gua udah pake, per kopling ,sama maen jet, pilot jet, sama knalpot, tapi tarikan nya kurang banget tapi nafas nya masih panjang, cuma ga ada tarikan aja.
    tolong doong tips nya. thanks all

  7. sAlAm Fu mAnIa..,,,gue mau gabung nich boleh qn..!!!!
    gw mau tanya nich..,,,klo gw mau pake piston scorpio di motor fu gw..,,apa bisa langsung pasang..?terus gw mesti pake liner apa.???apakah lobang di crankcase kudu di perbesar juga..???
    klo pake karbu king spuyer yg pas ukuran berapa ya..???
    mohon penjelasannya soalnya fu gw sdh saatnya gnti piston.,,

    1. sory mas otim ane jwab prtyaan na….
      dri pda ente gnti krbu mlik s scorpio mndingan ente gnti krbu king, soal na krbu scrpio msih brsistem vakum sma dg krbu standrt na fu…truk krbu mlik king jga bsa tnggal pnp trus box filter na msih bsa d psang..^_^
      lo ente msih da uang lbih mndingan minang in ja krbu pe 28 mlik nsr sp…tpi lo pke krbu ini box filter na susah d psang, msti butut, mksud na btuh prjuang an kras…(dh kyak veteran je..he)…trus mj n pj na msti d gnti krna t yg bwakn pe 28 trlalu gde..

  8. om saya pkek satria fu.. mesinnya sudah saya otak atik.. udah pakek seker tiger dan karbulator ninja original… dan cdinya sudah pkek sogun.. knalpot sudah tak ganti.. tpi knpa om larix ttp ja…?????? malah surax ngempet?? pa gara2 ketebalan simnya??

  9. for FU mania..gw punya mmasalah nih sm motor. putaran gas sering lambat naik seperti khabisan bensin padahal qw udh gnti pilot jet 15…apa gr2 karet vakumx?

  10. bung otim kalo lubang PAIR ditutup pake baut dgn lem besi apa pengaruhnya dan ada efek perubahan terhadap mesin gak ya misalnya umur pemakaian komponen akan berkurang,thanks

  11. Salam Fu Mania, Bro?? Gue mau nanya nih, gue punya Fu tahun 2005 akhir, trus baru aja gue ganti kampas koplingya, tp olinya msih make oli Supersyin, trus gue ganti ama Shell Advance… ga tau nya As kampas kopling goyang, kalau mesin hidup kampas koplingnya bunyi, apakah berpengaruh saat ganti oli lain??? apakah as kopling bisa kembali lagi saat gue balikin ke oli supersyin??? makasih bro…

  12. bang caranya buat fu w lari lebih kenceng gmn y?? Tanpa ngotak atik daleman mesin. Lw boleh saran, karbu yg pas buat fu? Cdi? Knalpot? Koil? Mohon jawaabanya!

    1. lo boleh pake karbu sp pe28 pny NSR,CDI yg pas BRT type rextor,kalo knalpot u bsa bikin d,tukang kenalpot & leher knalpotnya lo tebelin b’berapa mili,koil pke racing

  13. Salam fu mania,,,,numpang tnya,,,fu pnya ane klo di engkol/start bunyi krak sprti ada benturan.suara apa itu y,mhon pencerahanya….

  14. Kalau menurut gue pribadi brow…. Ndk perlu lah ganti pj dan mj….maupun cdi, Fu gue brow th 2011 bln agustus ini,mesin standart total ndak ada yg di utak-atik mesin nya trmasuk kelistrikan nya bisa lari 144kpj demi tuhan bro, hanya saja yg saya lakukan pakai pelek jari2,ban dpn ukuran 225 ban belakang 250 serta gear belakang pakai 44 mata gear depan pakai 15 mata, hanya itu brow…mau lari dg kcpatan 130kpj hy hitungan detik dr akselarasi sampai meraih topspeednya 144 kpj sangat mudah di dapat brow, yg saya sampaikan apa adanya bro,sejak keluar plat nya dr dealer,itu motor saya geber habis2san brow….dalam kondisi ban serta pelek dan gear standar,fu ku itu larinya 138kpj..dan mau meraih topspeed itu agak sangat lama,alhamdulillah dg saya lakukan ini saya merasa sangat puas,tp sblm beli atau kredit itu motor,aq sdh browsing di google kesana kemari untuk mendapatkan ilmu ini…walaupun sedikit penjelasan saya ini,semoga bisa sedikit bermanfaat bagi teman2 semua,oh ia brow,aq pakai oli enduro racing 10-40 harga 49rb di prtamina,dan aq sejak awal selalu pakai pertamax sampai sekarang dan selanjut nya….salam kenal semuanya kawan,maaf apabila ada yg kurang tepat dan benar,saya sebatas menyampaikan pengalaman saya dr fakta dan motor fu saya sendiri,awalnya saya pakai vixion bro selama 1thn saya jual kemudian pakai fu karena kondisi jakarta yg macet…….salam

    1. kalo udah ganti gir, speedo udah ga presisi lg
      speedo Fu kan menganut dari sensor gir
      kalo udah ga standar lg, speedony jga ga pas

  15. mw nanya ni buat smuanya, sya pux fu brmsalah ni, klau di nyalain trdngar suara tik,tik,tik, itu apanya yg bermasalah yaa,, mhon jwabannya.

  16. Mau FU ente kenceng pak? seperti FU ane cuma ganti karbu pe28 TDR,CDI BRT Dualband,porting polish,leher knalpot ganti yg diameter lebih gede (silencer standar),bisa pesan di creampie or kmf,per klep TDR,kampas kopling suzuki rgr,gir belakang ganti ukuran 41,asal jettingnya pas di jamin larinya ngibrit,udah ane test di jalan lari bareng mega pro,mx,fu dan vixion bisa ninggal jauh sampai gak kelihatan di spion.

  17. Buat teman2 para penunggang FU
    Untuk kenyamanan FU anda. Gua punya tips bukannya menggurui cuman berbagi info doang
    Sfek motor gua. Packing atas gua lepas 2 yg terpake 1 doang ini untuk meningkatkan kompresi
    Trus gua pake CDI BRT dual band
    Karbu keihin PE 28 pj n mj, cuman pake 115 n 38 biar gak terlalu boros, krn boros blom tentu kenceng hee๐Ÿ™‚
    Cam pake merk kawahara
    Knalpot standart cuman lehernya doang pake tzukigi
    Trus pake oli SAE 10/40 merk Motul ester
    (Harga emang agak mahal dikit tp bisa pake ampe 3 bulan n aman2 aja)
    Klau masalah ngebut, hampir tiap hari)
    Trus kampas kopling pake punya RGR
    (Isinya ada 6 tp pake 5 aja kan FU cuman punya 5)๐Ÿ™‚
    Top speednya juga lumayan. Berboncengan dapet 156km/jam
    Klau sendiri mentok di 160 km/jam
    Krn spido FU cuman kebaca 160 aja
    Trus mesin uda tune up dikit cuman perbesar lubang pembuangan aja
    N FU gua uda 5 tahun n mesinnya aman2 doang

    Itu info tentang FU gua
    Semoga bermanfaat.:)

  18. selamat malam para suhu..
    ane mau gabung tanya nih, fu ane pake karbu standar kog knalpotnya nembak2 ya padahal semua cara kaya gnti pillot jet,nutup PAIR,bersihin karburator jg udah saya lakuin, emang sih fu saya dulu bekas porting polish n copot paking atas.. apa itu ngaruh? padahal klo saya pake karbu pwl28 nggak tuh.. tolong pencerahannya para suhu.
    apa saya harus ngcek kerapatan dr knalpot? terimakasih

Leave a Reply

