SILENCER KNALPOT SATRIA F JADI FAVORIT

Hobby beli tabloid-tabloid tentang motor yang banyak modifikasinya, baik itu modifikasi motor bebek ataupun matik. ya sambil iseng sapa tau ada modifan satria f yang oke punya.. tapi sayangnya satria f modif itu jarang banget yang muncul.. alasannya “ga di modif pun itu motor FU udah keren banget, bener ga?? ” beda dengan motor-motor lain yang standar, pengennya dimodif aja.. ga puas ya dengan motor standarnya, dari batok lampu sampe knalpot diganti deh..

ngomong-ngomong tentang knalpot, silencer satria f patut bangga karena banyak diincar sama modifikator motor lain… seperti jupi mx (knapa banyak yg ganti silencer dengan fu ya,.) bahkan motor matik skalipun.

usut punya usut mereka bilang silencer fu itu lebih los tapi ga berisik, biar standar tapi membuat tarikan dari bawah sampe atas enak beda banget dengan silencer knalpot bawaan motor yang lain.. terlalu banyak sekat dan ukurannya yg terlalu gambot.. Oh gitu ya!! pantas banyak yg nyari.

Ada dua jenis silencer buat satria F,. yang pertama yang versi lokal (udah nempel di FU CKD keluaran th 2006 sampe sekarang. harganya sekitar 180 rbuan.. yang kedua silencer buatan thailand (nempel di motor CBU+ ada tulisan Thailand,. ya iya donk masa ya iya lah he..he..). harganya lumayan mahal sekitar 300 rbuan. tapi soal performa, silencer thailand lebih ngebass.. bass.. bass. beda dengan silencer lokalan.

yup jadi berbanggalah pemakai satria FU.!!

Advertisements

MENGACU PADA STANDARISASI

Karburator dapat diartikan sebuah jantung bagi sepeda motor. Karena, tanpa piranti penyuplai bahan bakar ini, mesin motor tak akan berfungsi. Untuk itulah perlu adanya perhatian khusus terhadap part ini. Adanya kendala yang menghambat aliran bahan bakar pada karburator, dapat membawa petaka pada tunggangan kesayangan anda.

Perawatan maupun setting karburator bisa dilakukan sendiri. Akan tetapi, karena adanya bagian- bagian penting yang ada di dalam karburator ini, disarankan oleh Sahid, Service Manager Suzuki Milenium, untuk mempercayakan kepada bengkel resmi Suzuki (BeReS). Dengan Rp. 12.500 saja, BeReS akan menangani semua masalah pada karburator.

“Langkah awal yang harus dilakukan sebelum menyetel karburator adalah dengan melihat spesi fikasi dari tipe motor. Karena setiap tipe, spek yang ada pada jeroan karbunya pasti berbeda”, jelas Sahid. Sebagai contoh, Satria F150 mempunyai Main Jet berukuran 112,5 mm, 12,5 mm untuk Pilot Jet dan 1 ¾ untuk putaran Pilot Air Screw-nya. Continue reading MENGACU PADA STANDARISASI

LIHAT KONDISI BUSI

Ada lagi nih info penting buat FU rider yang masih bingung kondisi busi,. infonya di sadur dari blog nya mas andryana di asulaeman.wordpress.com.

motor yang baik dapat dilihat dari kondisi busi nya, apakah boros, kekeringan, atau dalam pembakaran sempurna. nah biar ga bingung lagi liat aja itu kondisi busi langsung.

1. Busi Overheat
Busi yang overheat akan kehilangan berglasir atau keliatan berpasir putih halus. Overheat disebabkan antara lain oleh panas yang terlalu tinggi dibanding tingkat kompresinya, saluran pembuangan (knalpot, muffler/silencer) yang kurang lancar, waktu pengapian tidak tepat (terlalu cepat) atau pendinginan mesin kurang memadai. settingan terlampau kering bgt, Coba ganti mainjetnya yang lebih besar dari ukuran yg sebelumnya

Continue reading LIHAT KONDISI BUSI

ANTISIPASI SPEEDOMETER NGACO

Ada temen yang curhat tentang fu nya, dia bilang “waduh fu gw kecepatannya kok brubah-rubah gitu ya, nyampe 145 kpj!! padahal waktu itu geber nya ga gila-gilaan?” knapa ya?? dengan penuh rasa heran dia bertanya,. wah kalau beneran nyampe sgitu lumayan tuh, tapi awas itu takometer buat nunjukin kecepatannya ga bener.. bisa aja error akibat kotoran yang menumpuk di gir depan. la emang bisa???

akhirnya dijelasin deh masalahnya.

jadi kejadian seperti ini bisa terjadi, karena speedometer digital tempat penunjuk kecepatan motor di fu itu berasal di gir depan, sedangkan rpm meternya dari cdi, makanya knapa cdi sering ada limiter yang kliatan banget di rpm meter. beda dengan speedometer buat liat itu kecepatan motor.

nah buat nanggulangin masalah kecepatan ngaco ada cara mudahnya,. yaitu dengan membersihkan gir depan dan alat sensor kecepatan dengan cairan pembersih. langsung saja.

langkah pertama buka dulu sensor meter yang ada di gir depan dekat tuas pemindah gigi

lalu setelah itu mulai bersihkan dengan cairan pembersih (bisa engine conditioner, cairan wd, pembersih karat, pembersih carburator), tinggal semprotkan aja di bagian dalam dan di sensor speedometernya. Continue reading ANTISIPASI SPEEDOMETER NGACO