PERBANDINGAN KOMPRESI

sebuah artikel yg sangat bermanfaat dari http://bengkelsepedamotor.wordpress.com/ bagi smua pemakai FU. berikut artikelnya.

“Dari sejumlah data spesifikasi teknis yang terdapat dalam brosur sepedamotor (atau mobil), ternyata ada satu data teknis yang ternyata bukan keadaan sesungguhnya.

emu_1

Jika data panjang kendaraan, lebar kendaraan, diameter piston, langkah piston dan lain-lain merupakan hasil pengukuran dari wujud sesungguhnya, perbandingan kompresi yang dicantumkan oleh semua brosur ternyata bukan keadaan sesungguhnya.

Apakah brosur spesifikasi menipu ?

Kondisi yg dihitung untuk membuat spesifikasi:

Perbandingan volume saat posisi piston paling bawah TMB (volume silinder+volume ruang bakar), dibandingkan dengan volume saat posisi piston paling atas TMA (volume ruang bakar).

Rumus untuk menghitungnya:


rumus

b = bore – diameter piston

s = stroke – langkah piston

Vc = volume of the combustion chamber – termasuk gasket kepala silinder, ini adalah volume paling kecil dimana campuran bbm & udara dikompresi sebelum pengapian.

Karena bentuknya yg beragam maka lebih cenderung diukur menggunakan buret daripada dihitung walaupun dapat, menghitung rumit, toh diukur hasilnya juga sama.

Kenyataan pada mesin:

  • Katup masuk belum menutup (profil camshaft mempengaruhi) saat langkah kompresi dimulai, saat piston bergerak dari TMB menuju TMA, menyebabkan volume silinder menjadi lebih kecil, mestinya data spesifikasi perbandingan kompresi yang lebih rendah.comptest

Contoh:

Satria FU 150 perbandingan kompresi 10,2:1 tekanan kompresi 15,0 kgf/cm2

CBR 600 RR perbandingan kompresi 12,0:1 tekanan kompresi 12,5 kgf/cm2

Memang contohnya berbeda total kapasitas mesin, tetapi perbandingan kompresi dihitung, tekanan kompresi diukur per satuan silinder jadi kedua contoh diatas sama-sama memiliki kapasitas 150cc per silinder, walaupun CBR mempunyai data spesifikasi kompresi 12,0:1 tetapi saat diukur tekanan kompresi didapat 12,5 kgf/cm2 justru lebih rendah 2,5 kgf/cm2 dibandingkan Satria FU 150 yang perbandingan kompresi-nya lebih rendah.

Hal yang mirip juga terjadi pada mesin 2 langkah, pada mesin yang sama jika dilakukan modifikasi pada bibir saluran buang – diperbesar- maka silinder head harus dipapas, atau ganti gasket yang lebih tipis supaya kompresinya naik, apa iya ????? secara teori perhitungan memang naik, tetapi kenyataanya piston menjadi lebih lambat menutup saluran buang.

  • Putaran mesin tidak selalu sama, kecepatan aliran udara yg masuk dalam mesin (rpm tinggi akan lebih cepat), mestinya angka perbandingan kompresi dinyatakan bervariasi, semakin tinggi berdasarkan putaran mesin.
  • Bentuk saluran masuk “side draft” atau “down draft” , down draft akan mempunyai perbandingan kompresi yang lebih tinggi karena effisiensi aliran BBM & udara serta juga bantuan efek grafitasi.
  • Panjang connecting rod yang berbeda juga berpengaruh terhadap perbandingan kompresi, walaupun bore sama, stroke sama, cam profile sama.

Kesimpulan:

Walaupun PERBANDINGAN KOMPRESI bukan keadaan sesungguhnya di mesin tetapi itulah yang secara “ TEORI TEKNIK” kita sepakati, sehingga angka itulah yang kita lihat di brosur spesifikasi kendaraan, setidaknya memberikan gambaran secara kasar kira-kira kemampuan mesin tersebut.

Maaf WYSINWYG (what you see is not what you get).

“Berbahagialah orang yang percaya walaupun tidak melihat”

salam

bengkelsepedamotor

Sumber tulisan:

–          http://en.wikipedia.org/wiki/Compression_ratio

–          Pedoman Pemakaian dan Perawatan SUZUKI Satria FU 150 (99920-00044-01)

–          Service Manual HONDA CBR 600 RR model year 2003.”

nah setelah baca artikel ini…… BINGUNG GA TUH!! ha..ha..🙂 tapi smoga brmanfaat.

9 thoughts on “PERBANDINGAN KOMPRESI”

  1. – Ga mas cuma trauma aja liat rumus (maklum dr dulu g suka fisika m matematika he..he…)
    – Ya kalau banyak nanya minta bantuannya ya mas!!
    mas bengkel d best lah🙂

    salam

  2. gan maw tanya,.kalo seumpama kompresi 9,4 : 1 ama 10,5 : 1 dari segi bahan bahan bakar boros yang mana?terimakasih yah jawabannya

  3. It comes with Dual 5MP camera with HD video recording at 720p.
    Laptop can be maintained with less heat of using cool pad where many companies can be presented on the shops having with usb
    ports & Cooling system also, We have to clean fans or air
    vents of the laptop PC habitually that if the
    inflow & outflow of air vents could be blocked by any dust or particles,
    this arise because of putting notebook on leg & varied surroundings of which were not clean appropriately, by keeping laptops
    on lap raises health problems also to us; Avoid placing laptop PC
    under straight to sunshine, stove. Software provides all multimedia
    applications related to photos, music and
    videos.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s