1 Bar = 84km???

satria4bTulisan ini g pernah niat buat dimasukin di blog, tapi buat sharing lumayan lah he..he..  buat yg percaya silahkan, dan yg g percayapun silahkan. karena saya sendiri pun g percaya.

Ceritanya gini,.setelah kurang lebih sebulan lembur terus menerus, hasrat buat solo touring udah g ke bendung dalam hati ini.. nah setelah kesempatan itu ada maka tanggal 14 kemaren yang katanya hari valentino rossi sy manfaatkan aja buat JJJ (jalan-jalan jauh he..he…).

Ok deh persiapan musti di lakukan (gerutu hati ini…) maka pas pulang kerja tepat Jumat jam 5 sore, aku cabut dari kantor… Week end I’m coming!!! teriak kenceng2 meski dalam hati. nyampe dirumah “c-boyot” didinginkan dlu sebelum diguyur pake air… istiraht ah bentar pikirku…

yup loncat jadi jam 7 malam… mulai tu motor di guyur pake air, dengan pnuh perasaan smua bagian kubersihkan biar besok jalan jauh makin pede karena motor kinlcong… tak lupa pula servis dikit2… mulai dari nyeting karbu, cek busi, melumasi smua bagian penting dengan mulitcare, stel kekencangan rantai dan tak lupa pula tekanan ban. terakhir karena masih banyak engine conditioner sy guyur ke lubang busi dan moncong karbu yg banyak. nah semaleman dah didiemin…

Kongkorongok….. (kalo orang sunda menggambarkan ayam jago berkokok pagi2). Hiat bangun tdur, solat subuh, olahraga pagi, mandi, sarapan telor ceplok, trus menghangatkan si boyot… pas dinyalain wuidih ada asap hitam kluar, (mungkin kmaren habis pake engine conditoner, jadi keraknya ke angkat)…  La lantas apa hubungannya m judul di atas, kok ceritanya panjang bener???

klo gitu kita lanjut biar nyambung m judul….

sebelum berangkat pergi dlu donk ke espebe-u buat bli pertamax.. aku isi pul teng si boyot.. sambil di cek KM di spido menunjukan angka 19259.5 (sudah 3 tahun tapi kok br segitu y he..he..) y udah berangkat cuy,… dengan mengucapkan basmallah (Bismillahirrohmaanirrohim) solo touring resmi dijalankan.. brum2 maka berangkatlah diriku seorang diri.  tujuanku pengin main ke pantai selatan.

dalam perjalanan, teknik urut gas, dan rpm kosntan tetep saya terapkan… rpm dipanteng di 5000 RPM dan kecepatan maksimal 60 kpj.. wajar lelet, kan niatnya jg menikmati situasi jalan yg berkelok-kelok mengikuti kontur tanah pegunungan.. disinilah cerita itu dimulai..

diawal kan sudah disebut Km di spido menunjukan angka 19259,5 km… setelah sekitar 1 jam si boyot berjalan dengan kecepatan konstan,. Bar penunjuk bensin masih aja penuh (5 strip), tanpa ada penurunan.. wah padahal sudah lumayan jauh nih speedo menunjkan angka 19301,4  berarti udah sekitar 41km lebih, biasanya baru 35 km jg udah habis 1 bar… heran pikirku… ah terus aja maju, karena perjalanan masih jauh…

akhirnya setelah 2 jam berjalan, sampe jg di pinggir pantai namun anehnya kok bar penunjuk BBM masih juga belum berkurang. y udah sambil coba-coba pikirku pake jalan2 bentar menyusuri jalan pinggir pantai sambil mata ini trus memperhatikan Km dan Bar BBm di speedo.. dan akhirnya fenomena itu muncul juga… 1 Bar hilang di angka 19343,3 KM.

Waduh,. heran, aneh, seneng smuanya muncul di pikiranku… berhenti sejenak. dari motor trus coba itung2 klo 343,3 Km dikurangi 259,5 Km berarti 83,8 Km… Ah bener g sih ini speedo, atau ngaco.. sambil trus berfikir dengan sedikit ekspresi muka nyengir karena seneng, saya mengambil kesimpulan “biarpun g akurat ternyata cara riding konstan dg kecepatan maupun putaran mesin minimalnya bisa membuat konsumsi BBm lebih irit”

Pasti banyak faktor yg mempengaruhinya selain faktor2 diatas, bahkan faktor speedo ngaco pun bisa menjadi penyebabnya ha..ha..

tapi karena penasaran, akhirnya aku catat lagi buat perjalanan pulang, dan hasilnya 1 bar di speedo habis di sekitar 50 km. Ini membuktikan bahwa 1 bar di speedo buakan 1 liter sperti kebanyakan pendapat saat ini.

Dari solo touring itu lumayan nambah2 pengalaman untuk lebih mengenal motor kita sendiri.

Dan yang pasti ada pelajaran yg bisa saya ambil, diantaranya:

1. Sayangi motor, bukan cuma keluarga dan pacar saja. trus perlakukan dengan baik

2. Persiapan semaksimal mungkin sebelum melaksanakan sesuatu. (cek sedetailnya)

3. Feeling dengan motor jadi lebih baik, contohnya kita tahu kapan motor minta ganti persneling dll.

percaya g percaya… tulisan ini dari pengalaman sendiri, ditulis dengan jujur tanpa rekayasa, sayangnya knapa speedonya g saya foto y???malah foto narsis kayak gini ha..ha..

narsis

31 thoughts on “1 Bar = 84km???”

  1. Fantastis broo….???
    90% saya kira betul tuh….,saya pernah juga nyoba di FUku,satu bar pada indikator bbm, bisa untuk 70km tuh…..,dengan catatan putaran mesin saat penggantian gigi maximal 5000rpm,cepet-2 ganti gigi.

    thx,s!

  2. 3 tahun 19259.5 KM???
    di mio saya aja yg bulan depan umurnya 2 tahun, udah 22ribu KM lebih..hehehe….
    duh, jadi pengen jjj (jalan-jalan jauh) lagi nih..hehehe..dah lama soale..
    btw, tulisannya asik kang..

  3. itu mungkin karena diisi full tank deh, kalo di Satria gw (2 tak) diisi full tank jarumnya mentok, untuk beberapa saat ngga turun, walaupun FU udah digital tapi kan sistem pengukur tinggi bensin di tangki kayaknya sama aja, mungkin pakai pelampung gitu yg ada batas mentoknya, jadi kalo 84km itu mungkin 30km nya blum turun pengukurnya, baru sisa 54km kehitung di speedo, coba aja kalo hitung yg bar ke 2 atau 3, mungkin sekitar 50an km juga..

  4. wew.. bagus kang artikelnya heheh.
    eh kang otim, engine conditioner tu buat apaan?
    klo di bandung beli dmn ya? brapaan? hehehe

  5. wah,klo gw, tiap ngisi bahan bakar pasti fulltank
    nah,anggepan gw sejak dulu,berdasarkan pengalaman
    bensin yang dihabiskan untuk menghilangkan 1 bar paling atas di indikator
    itu setengah fulltank.
    jadi kesimpulannya, satu bar ga berarti 1/5 isi tangki bahan bakar
    punten kalo salah di koreksi😛

  6. Cadangan : mungkin ketika tinggal satu bar kelip2,tu bengsin masih 1,4ltr(soalnya gw buka tutup tangki masi separo kurang dikit).berdasarkan pengalaman gw si begitu bro😉

  7. oya bro dah nemu nie barusan tadi siang yg A**S…
    oya nyemprotnya cuman di lubang busi aja kan ??? wkwkwk takut malpraktik ane…

  8. satu lagi, tambahkan jg di karburator.. jadi buka dulu filternya trus pas mesin dinyalain semprot itu conditioner ke itu karbu yg banyak,. usahakan jangan sampe mati, tapi kalo disemprot sih pasti mati itu mesin.. he..he… yah tinggal di nyalain lagi beres kok.

  9. bro pagi ini gua dah coba tu semprot sana sini, eh pas di lubang busi ada yg ngocor ke bawah , netes gitu tapi agak kenceng, nah lo … tu saluran pembuangan yg tembus ke leher knalpot atw bocor ya???

  10. yup itu lubang pembuangan dari lubang busi,. jadi klo bocor gitu berarti lubangnya g tersendat.. makanya klo mau nyempot ke lubang busi pake tambahan sedotan yang panjang. masukan dulu sedotan tepat ke lubang busi nah baru conditionernya di semprot di itu sedotan.

  11. @kepao
    g kok,. dh ganti karbu rx-king.. cdi AHC (spek std), knalpot R9 tipe motegi, busi iridium, liat businya merah bata. udah cuma gitu.. lumayan lah…

  12. wowwow,,,pake karbu rx king bukannya malah boros om??dlu gw pake karbu rx king abal bgt borosnya naujubilah,,,dlu d pasang d honda 800 hehe,,,om pake busi iriduim tipe/merek apah??gmana cara busi jd merah bata y om?? oh iy maap byk nanya yah,,,skalian deh hehe,,asesoris/part apa aja yg bisa memaksimalkan pengapian yah om???jd kan bisa irit bensin ,,,maap yah bang otim ganteng gw banyak nanya heheh,,

  13. maaf OOT
    tmn2, cara ngilangin warna kuning di leher knalpot (krom) gmn ya?
    ada yg blg pakai soda atau autosol, bener ga? caranya?
    autosol tu kaya’ apa? belinya dmn? harga brp?
    thx

  14. gw pake fu 2008. Bensin pake pertamax. Isi 3.5 ltr koq cuma bisa tembus 75 km doank. Booooorrrrrooooossssss buanget. Jln ga pernah ngebut. Ada yg tau ga solusinya. Capeeekkk tiap hari antri pom bensin.

    1. @benjol
      coba cek dulu warna businya… pastikan warnanya merah bata… kalau hitam berarti boros, kalau putih berarti kekeringan.. nah seting ulang lagi aja… soalnya FU sy pake karbu rx-king malah lebih irit (usahakan pembakaran sempurna)

  15. Beli r9 tipe motegi (pernah ditawarin yg mugelo, tapi sama aja beda di silencer doang) harganya lebih murah, 500rbu (perforam OK, las cacing, cuma silencer yg titan bukan gradasi kayak mugelo).
    CDI AHC blinya g sengaja di toko sparepart harga 150rbuan (spek std cuma limiter jadi g ada)

    kalo di bandung cari di:

    YANG JAYA MOTOR
    Jl. Kopo 596
    Telp. (022) 5405642 / 76227688

    DS MOTOR
    Jl. Pungkur 66
    Telp. (022) 5201419

    OS MOTORCYCLE
    Jl. Pungkur 98
    Telp. (022) 5230943

    REJEKI MOTOR
    Jl. Lengkong Besar 111E
    Telp. (022) 4210035 / 4239617

    R2 VARIASI
    Jl. Lengkong Besar 64E
    Telp. (022) 91890042

  16. CDI AHC ntuh kepanjangannya ap sih? emangnya apanya yang sama dengan CDi std? apa bedanya dgn CDi std? slama ni aq nyari CDi yang unlimiter/batas RPMnya tinggi tapi sistem pengapiannya standar?ap CDI AHC tuh sesuai dgn yg aq blg mas?aq kn domisili kalimantan?soale gak ada di sini, toko paan yg jual online ntu CDI??please repp

  17. bgusan mana untuk harian tapi batas RPMnya tinggi, BRT hyperband, BRT Neohyperband, XP 202, AHC ?

    kasi spek kitiran max RPMnya dnk?

    klo pke XP 202 atau AHC bagusan pke coil paan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s