Solusi Jarum Indikator RPM Satria F150 Ngaco

solusi-rpmFU150-ngacoOTOMOTIFNET – Ahmad Dayan lagi asyik-asyiknya naik Suzuki Satria FU 150 di jalan. Eh, mendadak jarum indikator tunggangannya itu gak sinkron sama suara raungan mesin alias mati. Tapi dalam hitungan jari, tuh jarum normal lagi, terus ngaco lagi. “Wah, hidup segan mati tak mau, nih!” umpatnya.

Makanya, ia pun panik. “Bayangin, gak cuma jarumnya. Tapi semua penunjuk angka digital ikut mati!” seru Dayan warga Tanah Seratus, Tangerang. Pria bertubuh gempal itu pun buru-buru gaspol ke bengkel karibnya yang gak jauh dari rumahnya.

Kelar mengeluarkan uneg-uneg pada Abe, mekanik sekaligus pemilik bengkel Mitra Motor (MM) di kawasan Ciledug, Tangerang, didapat kesimpulan kalau gejala ini sering terjadi pada Suzuki Satria FU tahun pembuatan yang baru atau lama.

Apa CDI-nya rusak? Eh, nanti dulu, jangan jadikan peranti itu kambing hitam. “Sebaiknya kita cek dulu peranti-peranti yang terkait. Misal aki dan sistem kelistrikannya, termasuk soket CDI-nya,” bilang mekanik asli Palembang, Sumsel ini.

Tapi kalo bagian tadi tidak bermasalah, baru dilanjut ke lini lain. “Kita runut di bagian sambungan kabel atau soket di dalam batok lampu. Biasanya, kalo kotor atau kemasukan air, akan memicu indikator itu ngadat,” terangnya lagi.

Kok bisa? “Yah iyalaah.. karena FU beda sama bebek yang soket kabelnya ditutup penuh sama sayap, jadi lebih aman. Kalo di FU atau motor sport lain, posisi soket tak terlindungi. Selain itu, posisinya juga ada yang menghadap ke atas. Sehingga kotoran dan air bisa masuk dan tertampung lewat sela-sela sambungan kabel,” ujar Abe yang berkumis tipis ini sembari bilang, umumnya sih, yang terjadi seperti itu.

Terus? “Ya gampang aja. Caranya, cukup amankan peranti-peranti yang saya sebutin di atas tadi agar terhindar dari debu dan air,” anjurnya. Yakni dengan menutup konektor atau soket kabel dengan isolasi. Oke, kalau Anda pun mengalami problem sama, mari kita praktikkan saran Abe. Tapi sebelumnya siapkan peralatan yang dibutuhkan isolasi hitam, kunci ring 8, obeng plus. Setelah itu, parkir motor Anda pakai standar tengah di tempat aman. Lalu lepas baut pengait di batok lampu kiri-kanan (gbr.1).

Setelah itu kendurkan juga baut pengatur tinggi-rendah sorotan lampu di bawah batok pakai kunci ring 8. Terus, copot deh batok dari pegangannya. Di situ kita bisa lihat ada 8 soket yang terbuka (gbr.2).

Lepas satu per satu soketnya dan semprot pakai angin kompresor atau ditiup dengan mulut. Kemudian, semprotkan cairan penetran ke lubang-lubangnya konektor kabel. Jika bagian itu yakin sudah bersih, sambung lagi soketnya. Lantas, lilitkan isolasi hitam (gbr.3).

“Jangan ada celah sedikit pun, kalo perlu ditekan tangan agar lebih ngepres,” saran Abe (gbr.4). Lakukan pada ke-8 soket tadi. Beres? Oke, seperti biasa Anda tinggal merakit lagi peranti yang sudah dilepas tadi, dengan cara membalik langkah membukanya tadi.

source: otomotif.net

Penulis/Foto: Pidav

21 thoughts on “Solusi Jarum Indikator RPM Satria F150 Ngaco”

  1. @ Fathoer
    Nah itu dia, sudah bukan rahasia umum klo indikator bbm di satria FU g akurat.. tapi coba deh periksa dulu sensor yg di atas tankinya, bersihkan dulu kalau2 ada kotoran atau karat yg nempel. nah klo msh ngaco berarti permasalahannya dari pelampung didalam tanki bensin. Soalnya biarpun digital tapi tetep masih pake pelampung untuk mendeteksi itu bensin. ada kemungkinan pelampung tidak naik turun sesuai kapasitas bensin.

  2. Udah gw bersihin yang diatas na,tpi tetep ngaco,apa hrus di bku dlu tuh pelampung?n napa m0t0r fu gw law di bwa k0nstan,getar na terasa di fo0tstep dpn. . ?gak enak bngetz.

  3. wah pelampungnya kayaknya musti di buka dulu tuh, buka ke empat bautnya di tangki bensin, bersihkan itu pelampung. kayanya ada kotoran yg bikin itu pelampung g naik turun. coba dulu dah tips ini,. trus kalo footstep depan coba kencangkan bautnya siapa tau ada yg udah kendor..

  4. @ Fathoer
    wah kayaknya emang sudah brmasalah dengan kelistrikannya.. kalo soal elektronik waduh nyerah deh,. (klo saya dh nyerah mending bw ke beres yg gape ngoprek FU he..he..) tapi usahakan dulu aja cari2 solusi, jg sampe langsung ganti (sayang kan)

    Piss!

  5. Bro otim. . .kbEK choke yg menuju karbu yg seperti bAUt,tpi dari plastik,punya gw patah ge mana s0lusinya. ?apa ada yang jual?

  6. saya minta bantuannya dong.. saya punya motor satria f tapi ketika saya mandiin kok gk bisa idup.. awalnya pridiksi saya masik airi di knalpot atau di busi tapi uda saya ganti busi bari dan karburatornya saya bersiin di bengkel tapi masi mati juga. terkadang hidup bentar trus mati lagi. kalo uda mati saya buka tutup tangki minyak kemudian saya tutup lagi baru dia bisa hidup.. dan trus2 saya melakukan hal yg sama. saran bengkel tidak bisa masuk ingin ke tangki yang rusak tutup tangkinya tapi sudah saya ganti yang baru tetap juga bermasalah… minta bantunnya dong…

    1. kroslet gulunganx itu bost….. harus memang digulung ulang…. memang Satria FU Penyakitx dibagian itu

  7. minta tolong bro…kalo indikator FU saya sama sekali g akurat…masak habis diisi FULL tank tapi indikator g pernah full..trus baru dipake jalan beberapa kilo meter indikator bensin dah kedip-kedip lagi..ada masalahnya dimana y bro? makasih infonya…

    1. coba cek pelampung bensin di dalam tankinya,… naik turunnya lancar tidak…
      trus kabel konektor yg di atas tankinya coba di cek lagi… kalo ada karat bersihkan dulu..

      mudah2an membantu..

  8. Waktu rpm 9500 kec knstan gigi 5 kok tb2 new satria f gw tba2 mati + suara d silinder kya rantai lepas itu knapa z?

  9. bro,

    rpm’saya knp kok gak jalan yo???
    pdhl udh ak check smua alur kabel” rpm, msh bs fungsi sich …
    tp, rpm’ny knp ngga jaln iwk piyeee …
    aku bingung owk’heee

    gmn sarane coy ???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s