TANCHO = stempet

pancoBro smua yang umurnya udah diatas kepala 2 pasti masih ingat kan dengan nama Tancho,. yang jelas tancho itu bukan permainan adu otot kayak gambar dismping ha…ha… ^_^

tapi yang jelas tancho itu merek minyak rambut yang dulu sering dipake anak muda… baunya menyengat, warnanya hijau, tahan air dan membuat rambut diem semaunya gaya kita… itu sih promosi dulu yg jualan itu minyak rambut.. nah kalo sekarang pasti bnyak anak muda yg bilang “Hare Gene Pake Tancho,. C.P.D”.

Ya iyalah udah g jaman pake minyak kayak gitu,. tapi eits jangan salah,. ternyata itu minyak tancho ada manfaatnya juga lo. khususnya bagi yg lagi bebersih parts motor yg biasanya pake gemuk atau stempet…

Ah masa sih,.??? bener lo.. trik ini biasanya sering diterapkan para mekanik daerah yang sulit mendapatkan gemuk atau stempet untuk melumasi part motor kayak kaliper rem, kabel kopling, kabel gas dll.. merek bilang minyak tancho lebih tahan air.

tancho

Wah jadi bikin penasaran nih… makanya saya coba di c boyot untuk melumasi bagian dalam kaliper rem depan, skalian dah lama g dibersihkan.

OK deh,. pertama-tama beli dulu itu minyak tancho (harga beda2 y,. tapi bocoran saya beli itu tancho 4500perak saja). lanjut…. buka itu kaliper rem trus bersihkan dengan sabun detergen untuk menghilangkan minyak atau kotoran yg nempel (pake bensin atau  minyak tanah juga bisa).

nah setelah itu mulai lah untuk melumasi seluruh bagian dari kaliper, mulai dari bagian dalam sampai dengan piston penonjok remnya.

tancho in action

lumasi dengan tancho

setelah dilumasi smua bagian, mulailah untuk memasukan kembali ke tempat asalnya

bebersih kaliper rem

setelah beres, pasang lagi itu rem, isi minyaknya,  pompa anginnya terus rasakan…

empuk tenan, plus tahan lama !!!

^_^

6 thoughts on “TANCHO = stempet”

  1. Weeh kang otim kmana ja nieh..kang otim bikin artikel dunkz tntang sparepart kanibal bwat fu kan part fu mhal2 smua..tensioner bsa pke thunder misalny..

  2. @EgaRaditya

    waduh,.. ini kebetulan ada waktu luang di Rumah,. kmaren2 lagi ada kerjaan numpuk,. makanya mumpung ada kesempatan y update meskipun udah kelamaan he..he…

    kalo soal kanibal spare part FU,. ditunggu aja y,. kan musti tes dulu. g bisa langsung plek ngandelin feeling… kalo kampas kopling yg pake TS or RGR emang udah dicoba,.. kalo yg lain liat ntar y… kmaren jg ada yg ganti kampas rem depan milik Blitz R yg direview sama otomotif.net.

  3. bener bgt… tancho dr dulu emang dh di pake bwat pengganti stempet atau vaslin… malh kata kakak gw yg pernah buktiin di mobilnya, tancho klo dicampur dgn vaslin yang murah, kualitasnya jd kayak vaslin mahal…. sekedar info bro… he…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s