Category Archives: motor

all about bikes

PERBANDINGAN KOMPRESI

sebuah artikel yg sangat bermanfaat dari http://bengkelsepedamotor.wordpress.com/ bagi smua pemakai FU. berikut artikelnya.

“Dari sejumlah data spesifikasi teknis yang terdapat dalam brosur sepedamotor (atau mobil), ternyata ada satu data teknis yang ternyata bukan keadaan sesungguhnya.

emu_1

Jika data panjang kendaraan, lebar kendaraan, diameter piston, langkah piston dan lain-lain merupakan hasil pengukuran dari wujud sesungguhnya, perbandingan kompresi yang dicantumkan oleh semua brosur ternyata bukan keadaan sesungguhnya.

Apakah brosur spesifikasi menipu ?

Kondisi yg dihitung untuk membuat spesifikasi:

Perbandingan volume saat posisi piston paling bawah TMB (volume silinder+volume ruang bakar), dibandingkan dengan volume saat posisi piston paling atas TMA (volume ruang bakar).

Rumus untuk menghitungnya:

Continue reading PERBANDINGAN KOMPRESI

Advertisements

SILENCER KNALPOT SATRIA F JADI FAVORIT

Hobby beli tabloid-tabloid tentang motor yang banyak modifikasinya, baik itu modifikasi motor bebek ataupun matik. ya sambil iseng sapa tau ada modifan satria f yang oke punya.. tapi sayangnya satria f modif itu jarang banget yang muncul.. alasannya “ga di modif pun itu motor FU udah keren banget, bener ga?? ” beda dengan motor-motor lain yang standar, pengennya dimodif aja.. ga puas ya dengan motor standarnya, dari batok lampu sampe knalpot diganti deh..

ngomong-ngomong tentang knalpot, silencer satria f patut bangga karena banyak diincar sama modifikator motor lain… seperti jupi mx (knapa banyak yg ganti silencer dengan fu ya,.) bahkan motor matik skalipun.

usut punya usut mereka bilang silencer fu itu lebih los tapi ga berisik, biar standar tapi membuat tarikan dari bawah sampe atas enak beda banget dengan silencer knalpot bawaan motor yang lain.. terlalu banyak sekat dan ukurannya yg terlalu gambot.. Oh gitu ya!! pantas banyak yg nyari.

Ada dua jenis silencer buat satria F,. yang pertama yang versi lokal (udah nempel di FU CKD keluaran th 2006 sampe sekarang. harganya sekitar 180 rbuan.. yang kedua silencer buatan thailand (nempel di motor CBU+ ada tulisan Thailand,. ya iya donk masa ya iya lah he..he..). harganya lumayan mahal sekitar 300 rbuan. tapi soal performa, silencer thailand lebih ngebass.. bass.. bass. beda dengan silencer lokalan.

yup jadi berbanggalah pemakai satria FU.!!

PATAH KLEP AKIBAT CDI RACING

source : motor-plus No. 485/IX. pics:leonhartblog

Jangan asal caplok CDI racing untuk pembesut satria FU-150 standar. Apalagi jika masih mengkonsumsi premium. Resikonya bukan hanya mesin nglitik tapi juga bisa bikin patah klep. Bukan nakutin tapi ini terbukti klep putus dan bikin berantakan ruang bakar.

Kejadian mengenaskan itu dialami dua konsumen Hasan Motor di Jl. Kelapa Dua Raya No. 7 Jakarta Barat. Awalnya memang tidak percaya dan dikira mengada-ada. Namun jika dianalisis asal-usul dan spek satria FU-150, gejala patah klep bisa terjadi.

Continue reading PATAH KLEP AKIBAT CDI RACING

OLI ASPAL

Tulisan ini dibuat sebagai pemberitahuan bagi pemilik kendaraan bermotor yang selalu memakai oli keluaran pertamina. khususnya oli pertamina enduro 4T dan enduro 4T racing. hati-hati bagi bro yang sering membeli oli tersebut di toko-toko seperti biasa, karena saat ini banyak sekali oli aspal (asli tapi palsu) yang beredar. temen aq yang bekerja di pertamina mengatakan kalau lebih baik membeli oli-oli tersebut di SPBU-SPBU, karena dia mengatakan kalau oli yang dijual di SPBU pertamina adalah oli asli yang langsung didistribusi oleh pertamina. Continue reading OLI ASPAL

BUKU MANUAL FU

nih buat yang masih ingin membaca buku manual fu, silahkan lihat, download juga boleh…

manual_fu150.pdf

kalau mau lebih detail seluruh jeroan motor berikut harga-harga komponennya, silahkan lihat link berikut

http://eparts.suzuki.co.id/ezpartsweb/Default2.aspx

nanti setelah masuk tinggal lihat di bagian two wheels, domestic, trus satria 150. tinggal lihat deh bagian-bagian komponennya…. motor lain juga ada.

slamat mencoba, semoga bermanfaat.

FU-150 BISA PAKE PREMIUM

blak-jack.jpgBuat semua bro yang nyemplak si hyperunderbone fu-150 jangan takut untuk tidak memakai pertamak. khususnya bagi bro yang emang hidupnya ga di kota-kota besar yang notabene banyak spbu yang jualan pertamak. di daerah sulit banget untuk mencari bensin pertamak karena belum meratanya penyebaran pertamak oleh pertamina. coba kalao pertamina ga memonopoli peredaran bbm pasti banyak pengusaha luar yang investasi di minyak. bagi kita yang tinggal di daerah pasti sulit memenuhi kebutuhan pertamak bagi fu, maklum kompresi 10: Continue reading FU-150 BISA PAKE PREMIUM